Bab 1066. Lihat Apakah Para Dewa Dan Buddha Peduli Tentang Ini!
Nyonya Song tidak bisa mendengarkan lagi. Mengabaikan halangan dari pelayan dan penjaga, dia tiba-tiba membuka pintu dan berjalan keluar. “Apakah kamu tidak menghormati hukum kerajaan lagi?”
Wu Laoguai berbalik ketika dia mendengar omelan marah wanita itu. Ia menemukan bahwa di ruang Zen, beberapa peziarah bersembunyi di depan pintu dan gemetar, serta tidak berani keluar untuk menghentikan mereka. Hanya wanita berpakaian bagus ini yang berdiri dengan mata tak kenal takut.
“Hei, di dunia macam apa seorang wanita berani melontarkan pernyataan yang tidak bertanggung jawab?” Wu Laoguai mengarahkan ujung pedangnya ke Nyonya Song.
Para pelayan buru-buru berdiri di depannya. Meski mereka semua gemetar, tidak ada yang bergeming. Pada saat ini, seorang pengikut di sebelah Wu Laoguai menyipitkan mata sejenak. “Bos! Sepertinya ini istri Gubernur Song kita! Musim dingin lalu, Gubernur membuka tenda untuk memberikan bubur, dan wanita ini masih bersamanya. Aku ingat dia!”
Wu Laoguai segera mengangguk, matanya bersinar penuh dengan keserakahan. “Kebetulan sekali? Gubernur Song? Itu adalah kenalan lamaku.”
Nyonya Song mengerutkan kening dengan jijik: “Hal yang tidak tahu malu, tidak ada hubungan apa pun dengan suamiku. Kamu adalah udang busuk di air berlumpur, tinggal menunggu petugas dan tentara datang lalu menangkap kalian semua dan memenjarakan kalian!”
Ketika Wu Laoguai mendengarnya memarahinya secara blak-blakan, dia langsung menjadi tidak senang. Dia mengertakkan gigi: “Aku baru saja mencuri sesuatu di Kabupaten Linhai. Kebetulan Gubernur lewat dengan seseorang untuk berpatroli di kota, jadi dia menangkapku dan memukuliku dua puluh kali! Setiap kali hujan, kaki kakek ini masih sakit! Mengapa, aku tidak bisa terlibat dengannya?”
Wu Laoguai melihat perut Nyonya Song yang membuncit dan merasakan pikiran jahat. “Tangkap dia! Apa pun yang dilakukan Gubernur Song padaku, aku akan mengembalikan pada istri dan anak-anaknya!”
Ketika para bandit mendengar ini, mereka semua bergegas mendekat. Kepala biara segera berdiri di depan Nyonya Song, dan akhirnya dia menasihati: “Tuan, sekarang masih belum terlambat untuk berhenti. Ketika para petugas dan tentara datang, kamu tidak dapat melarikan diri.”
“Petugas dan tentara? Aku sudah bertanya sejak lama. Butuh setengah jam untuk mengirim seseorang dari Yamen terdekat! Saat itu, kalian sudah pasti mati!”
Mata Wu Laoguai perlahan menjadi menyeramkan. “Aku berani mengambil keputusan untuk merampok kalian, apakah menurut kalian itu hanya lelucon? Lakukan! Jika orang tua ini berusaha menghentikannya dengan segala cara, maka kita akan membakar patung-patung di aula utamanya untuk melihat apakah para dewa dan Buddha miliknya peduli akan hal ini!”
Ini adalah pertama kalinya para bandit merampok di kuil, dan mereka semua merasa bersemangat. Setelah Wu Laoguai berbicara, dua orang berbalik dan mengambil minyak tanah yang telah mereka siapkan sejak lama dan berlari menuju aula utama. Kedua biksu di samping kepala biara buru-buru mengejarnya, tetapi ditawan oleh bandit yang tersisa dan tidak bisa bergerak!
Saat itu baru saja memasuki malam, dan warna merah senja telah memudar karena kobaran api. Hanya ada sedikit asap biru yang tersisa setelah terbakar. Seluruh langit malam dipengaruhi oleh beberapa bintang, biru tua, dan bulan misterius seperti kail.
Saat kebakaran terjadi di kuil utama, malam seolah terbakar habis. Ketika biksu yang terdesak ke tanah melihat ini, dia berteriak histeris: “Kalian pencuri! Cepat atau lambat kalian akan dihukum!”
Wu Laoguai tertawa dan bercanda, seolah dia suka menindas orang-orang lemah ini dan kemudian melihat mereka melawan tanpa daya. “Di mana pembalasannya? Ayolah, kenapa aku tidak bisa melihatnya?”
KAMU SEDANG MEMBACA
Putri Kecil Kesayangan Ayah Tiran (Bagian 2)
RomanceLanjutan Putri Kecil Kesayangan Ayah Tiran