Bab 1301. Qingshi, Kamu Baik Sekali
Xia Pianpian duduk di ruang Zen, minum secangkir teh, dan menunggu dengan sabar. Tidak lama kemudian, Qingshi sudah bersiap-siap. Dia mengundang Xia Pianpian ke aula persembahan lentera.
Di sana terdapat patung Buddha yang tinggi. Lentera yang terus menyala yang tak terhitung jumlahnya ditempatkan di depan dan di sisi kiri dan kanan Buddha.
Lentera yang disiapkan oleh Qingshi untuk Xia Pianpian diletakkan di atas dudukan merah di depan Sang Buddha. Dia menyerahkan selembar kertas merah kepada Xia Pianpian: “Dermawan, tolong tulis tanggal ulang tahun adik Anda dan horoskop di atasnya.”
Xia Pianpian mengambil pena dan menulis dengan lincah. Qingshi melihatnya tanpa ekspresi. Mereka mengatakan bahwa tulisan mencerminkan seseorang. Bahkan tulisan tangan Putri Kelima pun sangat tegas.
Setelah menyelesaikan penulisan tanggal lahir Xia Bao’er. Qingshi memegang lentera yang telah disiapkan untuk Xia Pianpian. Setelah beberapa persiapan, Qingshi melantunkan sutra dan membakar dupa di depan Sang Buddha. Dia menyerahkan lentera itu kepada Xia Pianpian.
“Dermawan mengambilnya dan menyalakannya di depan lentera teratai di depan Sang Buddha.”
Xia Pianpian melakukannya. Saat dia mengambil lentera itu, ujung jarinya yang ramping tanpa sengaja menyentuh punggung tangan Qingshi. Qingshi tiba-tiba menarik tangannya. Xia Pianpian tidak menyadari sesuatu yang aneh, tapi Qingshi sendiri merasa pipinya tiba-tiba memanas.
Dosa. Sungguh tidak baik mengacaukan pikiran duniawimu di hadapan Sang Buddha.
Xia Pianpian memegang lentera dan menyalakannya di bunga teratai di depan Sang Buddha. Nyala api itu entah bagaimana tertiup oleh angin yang tiba-tiba. Jari-jari Xia Pianpian sedikit terbakar. Dia berkata “aduh” karena kesakitan.
Qingshi sadar dan buru-buru bertanya: “Ada apa?”
Xia Pianpian melihat ujung jarinya dan bergumam, “Itu terbakar.”
Pada saat ini, biksu pemula kecil yang bertanggung jawab menyapu aula melebarkan matanya. “Dermawan ini, saya telah mendengar dari guru dan ayah saya bahwa jika lentera yang dipersembahkan di hadapan Sang Buddha dan membakar seseorang, berarti akan terjadi sesuatu pada orang yang mempersembahkan lentera tersebut!”
Xia Pianpian merasa ngeri: “Aku mempersembahkan lentera ini untuk adikku. Itu tidak mungkin dia mendapat masalah!”
Qingshi segera menyela biksu pemula kecil itu. Sikapnya serius dan nadanya dingin dan tegas: “Itu tidak masuk akal. Bagaimana bisa seorang biksu berbohong? Kamu dihukum pergi ke Paviliun Jingxin untuk menyalin kitab suci. Kamu tidak diperbolehkan makan dan harus puasa malam hari ini.”
Biksu pemula kecil itu tahu bahwa dia telah mengatakan hal yang salah, dan wajahnya dipenuhi penyesalan. Tapi Qingshi memiliki status yang baik di kuil, jadi dia tidak berani menyinggung perasaannya. Dia hanya bisa menganggukkan kepalanya: “Baik.” Lalu dia berbalik dan pergi sendirian.
Melihat ini, Xia Pianpian berkata: “Dia mengatakan yang sebenarnya, mengapa kamu harus menghukumnya.”
Qingshi memiliki sikap yang keras: “Tidak boleh berbicara omong kosong di depan Sang Buddha. Aku membantunya kembali ke jalan yang benar.”
Xia Pianpian menggigit bibirnya, dengan kekhawatiran yang mendalam di matanya. “Kalau begitu katakan padaku, apakah yang dia katakan itu benar? Apakah ada pernyataan seperti itu?”
Qingshi terdiam sejenak. Xia Pianpian buru-buru berkata: “Kamu tidak bisa berbohong, Buddha sedang mengawasi di sini!”
Qingshi hanya bisa menghela nafas: “Meskipun ada, kamu tidak bisa mempercayai semuanya. Nasib ada di tangan manusia.”
KAMU SEDANG MEMBACA
Putri Kecil Kesayangan Ayah Tiran (Bagian 2)
RomansaLanjutan Putri Kecil Kesayangan Ayah Tiran