Bab 1091 - 1095

60 9 0
                                    

Bab 1091. Bibi Kedua Sedang Hamil

Xia Bao’er menghiburnya dan berkata, “Paman kedua, kamu tidak perlu bersikap begitu asing terhadapku. Paman telah merawatku dan ibuku selama berhari-hari di Desa Qingnan. Tentu saja, aku menganggapmu sebagai keluargaku sendiri, dan aku juga merindukan bibi kedua.”

Setelah memikirkannya, dia bertanya: “Apakah bibi kedua dalam keadaan sehat sekarang? Apakah ada acara bahagia yang akan segera hadir?”

Pada titik ini, ada sedikit senyuman di wajah pendiam Li Lian. “Bibi keduamu sudah hamil tiga bulan. Seharusnya ada kabar baik pada musim semi tahun depan.”

Xia Bao’er tersenyum, matanya bersinar seperti bintang. Mirip dengan perhitungannya, dilihat dari penampilan Gui Qin, begitu Li Lian mulai berkarir sebagai pejabat, dia juga akan mengikuti jalannya. Apalagi jika barang jahat yang dikuburkan Li Yulian di rumah Li teratasi, maka rejeki keluarga akan lebih baik.

“Paman kedua, izinkan aku memberi selamat kepadamu lebih awal!”

Senyuman Li Lian semakin dalam: “Terima kasih Bao’er. Sebenarnya, pada akhirnya, aku tetap menginginkan kata-kata baikmu.”

Xia Bao’er mengatupkan bibirnya dan berkata, “Ini adalah takdir paman sendiri dengan anak itu, paman kedua tidak perlu berterima kasih padaku.”

Dia mengalihkan pandangannya dan sepertinya memikirkan sesuatu: “Paman kedua akan segera menjadi seorang ayah. Di masa depan untuk menghidupi keluarga, paman tidak boleh samar-samar seperti sebelumnya. Paman akan mengikuti ujian kekaisaran. Jika paman membuka mulutmu, ayahku pasti akan...”

Tidak menunggu Xia Bao’er selesai mengatakannya, Li Lian buru-buru menyela: “Kamu tidak bisa melakukannya! Bao’er, kamu tidak bisa melakukannya! Hal terpenting dalam ujian kekaisaran adalah keadilan. Semua orang belajar keras dan bekerja keras dengan cara yang sama. Bagaimana bisa aku mengabaikan keadilan hanya karena keinginan egoisku sendiri! Selain itu, aku sudah membaca buku-buku orang suci dan orang bijak, jadi aku harus mengandalkan bakat dan kerja kerasku sendiri untuk berkarir di dunia pejabat! Aku tidak memberi tahumu waktu spesifik perjalananku ke ibukota kali ini, karena aku khawatir Bao’er akan lebih memperhatikan kami, suami dan istri. Aku seorang sarjana, dan aku tidak ingin dunia luar berpikir bahwa aku mengandalkan Yang Mulia Fei dan Sang Putri untuk menjadi pejabat. Bao’er, aku menghargai kebaikanmu dan kebaikan Kaisar.”

Xia Bao’er sudah menduganya. Sepertinya ayah akan kalah taruhan kali ini! Dia tersenyum: “Paman kedua dapat memiliki ambisi seperti itu, aku juga ikut berbahagia untukmu. Maka aku berharap paman akan sukses dan masuk dalam daftar emas!”

• Daftar Emas adalah daftar peserta ujian yang lulus ujian kekaisaran.

Li Lian menangkupkan tangannya dan mengucapkan terima kasih berulang kali. Akhirnya, Xia Bao’er mengawasinya naik kereta sebelum kembali ke ruang belajar kekaisaran.

Xia Hongmo meletakkan berkas laporan itu dan buru-buru bertanya: “Bagaimana hasilnya? Apakah Li Lian menyetujui atau tidak?”

Luzi membungkuk dan berkata sambil tersenyum: “Yang Mulia, Tuan Li seperti yang dikatakan Tuan Putri, dia adalah orang yang lurus dan jujur. Sebelum Tuan Putri dapat mengatakan apa pun, dia menolak.”

Xia Hongmo tertegun sejenak, lalu tertawa: “Li Lian ini memang jujur.”

Orang seperti ini, bisa menolak kekayaan dan kemasyhuran yang ditawarkan kepadanya. Orang yang mampu menahan godaan besar harus memiliki kesabaran dan keteguhan hati yang tidak dimiliki orang biasa. Dia adalah kandidat pejabat baik yang bisa dibina.

Xia Bao’er berjalan dengan gembira menuju Xia Hongmo. “Ayah harus mengakui kekalahannya. Sekarang ayah harus berhenti mempromosikan paman kedua secara berlebihan dan biarkan dia melakukannya selangkah demi selangkah dengan usahanya sendiri.”

Putri Kecil Kesayangan Ayah Tiran (Bagian 2)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang