Bab 1106. Aku Mengatur Agar Kamu Menjadi Pejabat
Tan Xingjian terkejut: “Ketua, apakah Anda mengenalnya?”
Pria paruh baya lemah di depannya, dengan lumpur di wajah dan pakaiannya, tidak lain adalah Sarjana Qi. Pada awalnya, Xia Bao’er membiarkannya pergi dengan tangannya sendiri.
Begitu Sarjana Qi melihat Xia Bao’er, dia segera berlutut di hadapannya. Air mata mengalir di matanya, dan dia melambaikan tangannya untuk memohon belas kasihan. “Tuan Putri, tolong lepaskan rakyat jelata ini. Saya bukan bandit yang kejam. Saya bahkan tidak pernah membunuh seekor ayam pun!”
Setelah orang-orang Tan Xingjian menangkapnya, mereka langsung menutup kepalanya dengan karung. Kemudian menguncinya dan memberinya sedikit makanan untuk dimakan! Sarjana Qi sangat ketakutan.
Xia Bao’er tidak bisa tertawa atau menangis: “Lepaskan dia. Sarjana Qi, datanglah dan duduk di sini. Sepertinya ini adalah kesalahpahaman.”
Setelah dia mengatakannya, dua orang dari Shen Lou yang menahan Sarjana Qi itu melepaskan tangannya dan pergi. Sarjana Qi mengangkat pantatnya dengan gemetar dan ingin duduk di bangku di sebelah Xia Bao’er. Tanpa diduga, Tan Xingjian mengerutkan kening dan berkata dengan nada yang tidak ramah: “Duduklah di sini!”
Sarjana Qi dengan cepat pindah lagi. Xia Bao’er menuangkan secangkir teh untuknya, dan Sarjana Qi merasa tersanjung. “Terima kasih Tuan Putri.”
“Bukankah aku memintamu pergi? Kenapa kamu masih ditangkap oleh mereka?”
Sarjana Qi berkata dengan malu-malu: “Tuan Putri menyuruh saya untuk bersembunyi di semak-semak, dan saya menyaksikan di malam hari ketika Wu Laoguai dan kelompok banditnya ditangkap satu per satu oleh penjaga istana. Kelompok pencuri jahat ini, mereka akhirnya dihukum. Namun saya tidak punya waktu untuk bergembira dan ditangkap oleh Tuan ini.”
Dia menyeka keringat dingin dan berkata: “Tidak peduli bagaimana saya menjelaskannya, Tuan itu tidak mau mendengarkan dan berpikir bahwa saya dan Wu Laoguai berada dalam kelompok yang sama. Meskipun saya tidak punya pilihan selain bergabung dengan bandit, saya tidak pernah melakukan hal buruk apa pun.”
Xia Bao’er mengangguk dan memandang Tan Xingjian: “Biarkan dia pergi. Ketika aku menemukannya, dia baru saja dipukuli oleh Wu Laoguai serta kelompoknya dan sedang sekarat.”
Tan Xingjian melirik Sarjana Qi. Xia Bao’er sudah berbicara, jadi tentu saja dia mau tidak mau akan setuju. Nada suaranya dingin: “Pantas saja, ketika aku menginterogasinya dan menanyakan siapa yang membantunya melarikan diri, dia tidak membuka suaranya sampai mati. Ternyata dia ingat kebaikan Ketua dan tidak takut mati. Dia sebenarnya adalah orang yang setia.”
Sarjana Qi menganggap ini bukan sesuatu yang istimewa. Dia berkata dengan gugup: “Tuan Putri telah menyelamatkan saya dan saya tidak tahu Tuan ini berasal dari kelompok mana, jadi tentu saja saya tidak berani memberitahunya. Jika tidak, saya akan menjadi orang seperti apa.”
Tan Xingjian tersenyum dan mengulurkan tangan untuk menepuk bahu Sarjana Qi: “Bagus sekali.”
Xia Bao’er mengerucutkan bibirnya, mata gelapnya bersinar terang. “Sarjana Qi, apa yang akan kamu lakukan setelah berhenti menjadi bandit? Ibukota ini jauh dari Kabupaten Linhai. Apakah kamu punya uang?”
Sarjana Qi menggelengkan kepalanya. “Setelah pengalaman ini, saya juga menyadari bahwa sebagai orang dewasa yang memiliki tangan dan kaki, lebih baik menyalin dan menulis untuk orang lain daripada menjadi bandit. Saya berencana menulis surat untuk orang lain, atau menyalin buku, untuk mengumpulkan sedikit uang, dan melihat apakah saya bisa mengikuti ujian kekaisaran tahun ini.”
KAMU SEDANG MEMBACA
Putri Kecil Kesayangan Ayah Tiran (Bagian 2)
RomanceLanjutan Putri Kecil Kesayangan Ayah Tiran