Kedua lansia itu begitu menikmati jalan nya pertandingan catur kali ini. Haji Toing yang begitu mahir memainkan pion yang berada di depannya berhasil membuat Aki Ucan kalah telak selama dua kali berturut-turut.
"Sialan! Kalah lagi gue." Umpatan itu lolos begitu saja dari mulut ketua RT Kampung Senggol.
"Pasang lagi bestie, baru segini doang masa lo nyerah."
"Kata siapa gue nyerah? Pasang!"
Keduanya pun segera membereskan pion tak beraturan itu kembali pada tempatnya.
"Lo tau kagak? Kalo anak nya si Sabeni abis kemalingan?" Haji Toing kembali membuka obrolan dengan sebuah pertanyaan mengenai gosip yang tengah beredar di Kampung Senggol.
"Anak nya si Sabeni yang mana nih? Apan ada dua." Tanya Aki Ucan, ia begitu fokus menatap pion di depan nya.
"Dua-dua nya."
"Emang iya? Kok kagak ada laporan?"
"Lo keseringan ngerem di rumah sih."
"Ck, enak aja lo kalo ngomong, ya udah, kalo gitu gue bakal ajak warga buat ikut ronda ntar malem. Jangan sampe warga gue kemalingan lagi. Bisa jelek reputasi gue kalo warga gue kemalingan mulu."
"Sekalian lo ajak tuh si Sukirman, udah dua bulan gue kagak pernah lihat batang hidung nya di pos ronda."
Setelah menyelesaikan ucapannya, Haji Toing dan Aki Ucan pun kembali tenggelam dalam permainan catur mereka.
***
Malam semakin meninggi, melalui pelantang suara musholla Kampung Senggol, Aki Ucan memerintahkan warga nya untuk melaksanakan ronda malam. Lelaki itu tidak akan membiarkan para maling dapat dengan bebas menjarah harta milik warga nya.
"Abis sholat taraweh bukan nya ikut ngeronda malah rebahan bae lo. Buruan kumpul sama bapak-bapak yang lain. Kampung Senggol lagi sering kemalingan lo tau kagak." Aki Ucan sudah siap dengan sarung yang terlilit di pinggang nya. Ia begitu sigap menjalankan kewajibannya sebagai ketua RT dengan mengikuti kegiatan ronda bersama warga kampung yang lain.
"Ngesuk bae lah, Ki. Ngantuk banget koh." (Besok aja lah, Ki. Ngantuk banget nih)
Tentu saja Jerome lebih memilih kasur sebagai pelabuhan terakhirnya daripada harus berkumpul bersama bapak-bapak lain di pos ronda.
"Besak-besok, besak-besok, buruan ikut ronda, kalo kagak, lo balik lagi aja ke Kebumen!"
Lelaki berdarah jawa itu hanya berdecak kesal, mau tidak mau, ia harus ikut berkumpul bersama warga lain untuk melaksanakan ronda.
"Iya, tak ganti baju dulu."
Dengan langkah berat, Jerome berjalan menuju lemari pakaiannya, ia meraih sarung lalu bergegas menuju pos ronda bersama Kakek nya.
***
Sementara itu, Rony tengah bersantai ria di kursi kayu ruang tamu rumahnya sambil menyantap kolak pisang buatan Salma.
"Ya Allah Baang, baang. Lo kagak ada sarung lain apa? Udah bener-bener sarung yang tadi gue kasih, malah pengen nya sarung yang banyak tato nya begini." Salma yang baru saja keluar dari kamarnya langsung menyerahkan sarung buluk ke arah suaminya.
"Biar begini juga sarung kesayangan gue nih."
"Sarung bau iler aja lo sayang-sayang." Cibir Salma.
"Assalamu'alaikum, Mang?"
Keduanya pun lantas menoleh ke sumber suara.
"Si gondes tuh."
"Ya udah dah, sonoh. Lo jagain kampung kita, supaya mejikom gue gak kemalingan lagi."
KAMU SEDANG MEMBACA
Kampung Senggol X PANAROMA
FanfictionWARNING!! KHUSUS CERITA INI, DILARANG MENG-COPAST!