"Jadi yang ngembat semur daging bini gue cucu nya si RT Ucan, madikipe, kagak nyangka gue, bang." Paul terus mengomel sepulangnya ia dari rumah RT Ucan.
"Iya, Ul. Kalo si Salma sampe tau mejikom nya di embat si Jerome, bisa abis dia di lempar pake sendal keramat nya bini gue." Ucap Rony tak mau kalah.
"Dia ngebalikin semur daging bini gue cuma sisa berapa biji, bang. Berasa di injek-injek gue." Seusai menyelesaikan ucapannya, sontak saja Rony menghentikan langkah nya. Lantas meneliti wajah suami dari Nabila tersebut.
"Kagak bonyok, Ul."
"Apaan, si? Harga diri gue bang yang di injek-injek."
"Ooh, gue kirain muka lo di injek-injek."
"Bodo amat, ah."
Lantas kedua nya pun jatuh ke dalam obrolan mereka sewaktu perjalanan pulang ke rumah mereka masing-masing.
Sementara itu, Jerome tengah melikut di balik pohon bambu yang tidak jauh dari Musholla Kampung Senggol. Ia takut setengah mati jika aksi keji nya kemarin terendus oleh Salma dan Nabila.
"Kepriwe kiyeh, bisa di gorok gulu ne nyong nek Biyunge Salma karo Bojone juragan pitik weruh nek nyong sing ngambil mejikom karo semur daginge mereka." (Gimana nih, bisa di gorok leher gue kalo misalkan Salma sama Istrinya juragan ayam tau kalo gue yang ngambil mejikom sama semur dagingnya mereka) Jerome bahkan sudah mengeluarkan keringat dingin.
***
Wanita berdaster itu tengah berjibaku di dapur sederhana miliknya, ia sibuk menyiapkan menu santap sahur di hari kedua puasa ini. Rony sendiri belum menceritakan apapun pada Salma, istrinya. Ia hanya melantas masuk ke dalam kamar dan kembali tertidur setelah pulang dari tugas meronda malam ini.
"Stok sayur sama daging bisa buat tiga harian lagi nih, cabe-cabean di kebon juga banyak. Jatah belanja bisa lah buat beli daster baru." Ucap Salma sambil menaruh piring berisi rendang daging buatannya ke atas meja makan. Lantas ia kembali menyeret kakinya menuju kamar untuk membangunkan suaminya.
"Bang, bangun. Sahur." Kata Salma, ia sudah mengguncang tubuh suaminya. Sementara Rony sibuk mengelap iler yang sudah bercucuran di pipi nya.
"Kurang asem lo, berani nya lo ngembat mejikom bini gue. Gue tinju lo." Ucap Rony setengah sadar. Mata nya masih terpejam, namun pikirannya sudah melantur kemana-mana.
"Lo tau bang, siapa yang udah ngambil mejikom gue?"
"Si Jerome."
Seusai menyelesaikan ucapannya, Rony bangun sebangun-bangunnya. Ia meraih posisi duduk dengan mata yang nyaris keluar dari rongga nya.
"Wah, wah, wah. Jadi lo tau bang siapa yang ngambil mejikom gue."
"Kagak, Sal." Rony buru-buru menggelengkan kepalanya sembari mengelap iler yang masih tersisa di pipi nya.
"Itu lo bilang si Jawir."
"Itu gue ngigo."
"Ceritain, kalo gak, abis taraweh gak gue kasih jatah indehoyan."
"Yah ilah," sepertinya, rencana Rony untuk menutupi siapa dalang di balik hilangnya mejikom Salma hanya akan berakhir sia-sia.
"Iya, iya, gue ceritain. Tapi bener ya, abis isya kita indehoyan."
"Ck, lo ceritain aja dulu."
"Jadi sebenernya yang ngambil mejikom lo itu si Jawir, Sal. Eh, tapi udah lo maafin aja dah. Ini kan lagi bulan puasa. Kagak baik kita ribu-ribut sama tetangga."
Wajah Salma berubah merah padam, ia menahan amarah pada cucu dari Ketua RT Kampung Senggol tersebut. Bahkan statusnya sebagai Cucu dari ketua RT pun tidak menggentarkan niat Salma untuk membalas dendam pada lelaki berdarah jawa tersebut.
"Kurang asem, ternyata si Jawir biang kerok nya. Dia belom ngerasain sendal keramat gue roman nya."
"Sal, lo jangan bales dendam gitu dah. Bulan puasa ini caem, udah maafin aja. Kasian si Jawir kalo sampe kena timpuk sendal keramat lo."
"Lo gak usah ikut campur bang, tapi lo tenang aja. Gue gak bakal bikin si Jawir masuk rumah sakit kok."
"Terus?"
"Palingan pulang-pulang langsung di urut ke rumah nya Cang Bokir."
"Astagfirullah, Sal. Nyebut,"
"Buut, buuutt, udah dah daripada lo ceramahin gue, mending makan dah sonoh, gue mau bangunin si Adul dulu." Salma pun bergegas menuju kamar Adul dan meninggalkan Rony sendiri di kamar.
________
KAMU SEDANG MEMBACA
Kampung Senggol X PANAROMA
FanfictionWARNING!! KHUSUS CERITA INI, DILARANG MENG-COPAST!