Bab 27

1K 98 9
                                    

"Bang, lo gak narik?" Salma telah selesai denga ritual mandinya, ia meraih posisi duduk di samping Rony. Suaminya tengah bersantai sambil menikmati secangkir kopi buatan nya sendiri.

"Ntar sore abang ada janji ama temen abang, dia mau nyarter angkot kita, katanya."

"Ooh, si Adul mana?" Salma hanya ber-Oh ria, lalu beralih bertanya mengenai anaknya pada Rony.

"MAAAK! BAA! SENDAL ADUL DI BAWA KABUR!"

Mendengar teriakan Adul dari arah luar rumahnya, membuat Salma dan Rony kalang kabut lalu segera menghampiri anak bertubuh tambun tersebut.

"Buset dah! Lo ngapa, tong?" Tanya Rony sambil meneliti tubuh anaknya.

"Aduh, Baba! Jangan pegang kepala Adul. Adul masih jadi robot ini, Ba!" Sungut Adul mengenyahkan tangan Rony dari wajah nya.

"Bang! Pelan-pelan ngapa!"

"Eh iya, Dul. Baba lupa kalo Adul masih jadi robot."

"Lo ngapa si teriak-teriak?" Kini giliran Salma yang bertanya pada anaknya.

"Itu, Mak." Adul langsung menunjuk ke arah gadis kecil yang tengah memegang sepasang sendal di tangannya. Suami-istri itu dengan sigap menelusuri arah telunjuk anaknya.

"Buset, bang! Anak nya siapa itu?"

"Hm, Dul. Kagak tertolong udah!"

Rony bahkan sudah pesimis mengenai nasib sandal anaknya. Gadis kecil itu seakan menantang maut dengan tangan yang sudah siap untuk melepas sandal Adul ke arah parit yang berada persis di depan rumah Nabila.

"WOY! NENG! JAA-"

Pluung!

"Kan, Sal. Apa gue bilang. Bau-bau dah Dul sendal lo."

Benar saja, gadis kecil itu berhasil mendaratkan sandal milik Adul ke dalam parit dengan sempurna. Setelah melakukan aksi kejahatannya, gadis kecil itu berlari ke arah rumah..

"WADUH! BANG! ANAK NYA SI GONDES JANGAN-JANGAN!" Ucap Salma dengan penuh keyakinan.

"Bukan lagi Sal. Sebelas-dua belas songong nya ama si gondes ama bini nya."

"Mak! Sendal Adul masuk ke comberan." Adul sudah merengek, ia bersedih lantaran tidak berhasil menyelamatkan sendalnya.

"Lah udah, tong! Mau pegimane lagi."

"Ambilin, Baa." Adul malah menangis, meminta Rony mengambilkan sendalnya.

"Idih! Ngapa jadi Baba. Ntar yang ada tangan Baba bau, tong."

"Ya ilah, Bang! Ambilin ngapa! Lo kan Baba nya." Salma sudah bersungut-sungut sambil berkacak pinggang di depan Rony.

"Lu ge dah, Sal. Bau tangan Abang."

"Ambilin, gak. Ntar malem kagak usah ngusel-ngusel lo ya."

"Dih, lo kok ngancem Abang si, Sal." Kata Rony, belum sempat Salma menjawab, lelaki yang masih mengenakan sarung itu kembali berujar, "Iya dah Abang ambilin. Tapi ntar malem kasih Abang ya."

"Iya. Lo ambil aja dulu." Titah Salma.

"Kasih apaan, Ba?"

"Kasih duit." Celetuk Rony.

"Adul mau, Ba."

"Mau-mau! Kudu nya ge Adul yang ngupahin Baba. Baba udah bela-belain nih ngambil sendal Adul di comberan, demi Adul tau kagak."

"Hilih, demi Adul, lo mau juga kan karena ada imbalannya."

Rony hanya cengengesan mendengar jawaban istrinya.

Selanjutnya, Rony berjalan mendekat ke arah rumah Nabila. Ia membawa galah pendek untuk menggambil sandal anaknya. Bahkan Rony terus merutuki kenakalan anak dari tetangga barunya itu.

"Madikipe emang tuh bocah, berani-beraninya dia nyeburin sendal anak gue ke comberan." Rony terus mengomel sambil berusaha mengambil sendal anaknya.

"Bang? Abang ngapain disitu?" Tanya Nabila yang baru saja keluar dari rumahnya.

"Ini, Nab. Sendalnya si Adul di ceburin ama anaknya si gondes."

"Gondes siapa, Bang?" Nabila kembali bertanya pada Rony. Pasalnya, setahu Nabila tidak ada yang bernama Gondes di kampung Senggol.

"Itu, gondrong desa. Tetangga sebelah rumah lo."

"Astaghfirullah, emang kebangetan bener ye, kagak emak nya, kagak babeh nya, kagak anak nya. Semua nya sama. Sama-sama biang kerok!" Kini giliran Nabila yang mengomel.

"Eh, Put mau kemana?" Nabila beralih pada Putri yang baru saja keluar dari gerbang rumahnya.

"Mau ke rumah Adul, mamih." Ucap Putri menahan langkahnya.

"Tungguin mamih, sayang. Mamih juga mau ke rumah nya Adul. Bang, Mpok gue ada di rumah kagak? Gue mau ngajakin dia belanja."

"Ada, lo samperin aja dah sonoh. Gue mau ngambil sendalnya si Adul dulu. Tinggal sebelah lagi nih." Jawab Rony, setelah berhasil mengambil sendal bagian kanan anaknya.

"Iya dah. Gue duluan ya Bang."

"Iya."
_______________________

Kampung Senggol X PANAROMATempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang