"Dul, walaupun hari ini Adul udah boleh pulang, tapi kata dokter, Adul belum boleh lepas penyangga lehernya. Adul juga kagak boleh sekolah dulu, kalo udah sembuh baru dah, Adul sekolah lagi." Salma telah mengepak beberapa pakaian kotor milik Adul ke dalam tas besar yang di bawanya.
"Iye, Mak. Ntar kalo di rumah makan nya ayam gak, mak? Di rumah sakit makanan nya enak-enak. Ntar di rumah makannya sayur daun singkong lagi." Celetuk anak bertubuh tambun itu, ucapan yang di lontarkan Adul berhasil membuat Salma mendelik kesal ke arah anak semata wayangnya.
"Lo lagi sakit masih aja mancing-mancing emosi emak lo." Jawab Salma.
"Makannya lo doain, biar Baba rezeki nya lancar, jadi kan lo bisa makan enak terus." Sahut Rony sambil mengusap lembut kepala Adul.
"Emang kalo Adul doain, Allah bakal kabulin, Ba?"
"Iya, lah. Allah mah tergantung prasangka hamba-Nya aja. Udah, lo jangan banyak ngomong dulu dah. Sal, Abang kedepan duluan, ya. Ntar Abang kesini lagi."
Salma hanya mengangguk lalu membiarkan Rony pergi.
***
"Waah, masakan mamih harum banget." Cicit Putri, gadis kecil itu mendatangi sumber aroma yang berasal dari dapur, Nabila tengah memasak menu makan siang hari ini.
Putri juga belum diizinkan masuk sekolah oleh Nabila, setidaknya sampai kondisi Putri benar-benar pulih.
"Harum, ya? Putri mau ayam kecap nya?"
"Mau, mamih. Tapi tunggu dingin dulu."
"Siapin juga sayur bayam nya, mih." Titah Paul pada Nabila.
"Iya, pih. Ini juga udah mamih masukin rantang, kok."
"Mamih sama papih mau ke rumah sakit lagi?" Tanya Putri.
"Enggak sayang, kan hari ini Adul pulang. Jadi kita nunggu dia di rumah aja, ya."
Putri hanya tersenyum lalu mengangguk paham.
***
"Adul duduk di depan ama Baba, biar Emak duduk di belakang." Rony, Salma dan Adul sudah berada di kantung parkir rumah sakit, Rony tengah memasukan tas berisi pakaian kotor ke dalam angkot miliknya. Sedangkan Salma dengan sigap membukakan pintu depan untuk anaknya.
"Adul lama-lama kaya robot dah, Mak, Ba. Susah nengok."
"Kagak ada robot yang segede gaban kayak lo, Dul." Ucap Salma setelah ketiganya berada di dalam angkot, mereka telah siap kembali ke rumah.
"Emang robot kagak ada yang gede, Ba?"
"Mana Baba tau, Dul. Baba kan bukan tukang robot." Kata Rony sembari fokus menyetir.
"Mak, Adul laper dah. Pengen makan."
"Astaghfirullah," kata Salma sambil mengelus dadanya, Adul memang pandai membuat Salma selalu memohon ampun pada Allah karena kelakuannya.
"Di mari mah kagak ada makanan, Dul. Ntar dah ya di rumah." Sahut Rony dengan santai.
"Lo jangan ngadi-ngadi, bang. Duit gue aja sisa sebelas rebu." Sungut Salma.
"Masih mending lo sisa sebelas rebu, nah gue sisa dua rebu. Tapi lo mesti yakin ama rejeki yang nggak di sangka-sangka dari Allah, Sal."
"Rezeki si rezeki, bang. Tapi duit tiga belas rebu buat apaan? Beli nasi padang aja kagak dapet. Udah dah, Dul. Lo tenang aja, ntar Emak ngutang dulu di warung nya Mpok Lela. Adul mau makan apa? Ayam?" Tanya Salma pada Adul.
"Iye, Mak. Adul pengen banget makan ayam." Jawab Adul tanpa menoleh ke arah Salma.
"Jangan, Dul. Ayamnya kudu di olah dulu, lo kagak bisa kalo langsung makan ayam gitu aja. Emangnya lo titisan nye Sumanto?" Sahut Rony.
KAMU SEDANG MEMBACA
Kampung Senggol X PANAROMA
FanfictionWARNING!! KHUSUS CERITA INI, DILARANG MENG-COPAST!