Salma terus berkomat-kamit sambil mempercepat langkahnya menuju rumah warisan suaminya.
"Gue punya tetangga pada songong-songong amat dah. Duluan si Nabila, giliran si Nabila udah tobat, sekarang ada lagi bae. Nah kan, bener. Si Rony ama si Adul ada di mari." Omel Salma sambil meraih gagang pintu rumah sederhana milik Rony. Matanya mendelik ke arah dua pasang sandal milik suami dan anaknya yang tergeletak di depan pintu.
"BANG! ABANG! ADUULL!" Teriak Salma, mencari keberadaan Adul dan Rony.
"Hm, bener-bener anak ama Baba keterlaluan banget. Udah ninggalin gue dewekan di rumahnya si Nabila. Sekarang dia bedua malah lagi enak-enak ngorok." Salma mengomel di ambang pintu kamarnya yang terbuka, ia melihat Rony dan Adul tengah tertidur di atas ranjang.
"WOY! BANG! MADIKIPE LO BEDUA NINGGALIN GUE DI RUMAHNYA SI NABILA DEWEKAN!" Pekik Salma sambil mengguncang tubuh Rony. Rony hanya menggeliat, mata nya masih terpejam, ia hanya cengengesan sambil mengelap air liur yang telah menyentuh dagunya dengan sarung yang membalut tubuhnya.
"Tadi Baba ngajakin Adul sholat subuh di mushola, Mak. Tapi kata Baba, Adul masih kaya robot. Jadi baba ngajak Adul ke rumah ini. Kirain Baba mau sholat di Mushola, gak tau nya sholat di rumah." Celetuk Adul menjawab ucapan Salma dengan setengah sadar.
"Hm, kebangetan lo ya, Bang."
"Abang udah bangunin lo dari subuh, Sal. Lo kira gue kagak tau, malem-malem lo ninggalin gue di kamar dewekan. Lo malah enak-enakan ngorok di ruang tamu." Kata Rony membela diri. Seketika, air wajahnya Salma berubah, ia meraih posisi duduk di tepi kasur, persis di samping Rony.
"Bang, kita batalin aja dah ya, tinggal di rumah si Nabila nya. Kagak ngapa-ngapa dah gue tinggal di rumah butut ama banyak nyamuk nya juga, daripada saban ari gue kudu kedinginan."
"Sekate-kate lo ngatain rumah Babeh gue butut. Tapi iya juga si, emang butut." Kata Rony menjawab ucapan istrinya.
"Iya, Sal. Abang juga kagak mau dah tinggal di sono. Masa tiap ari abang kudu kaya lontong, di bungkus mulu ama selimut."
"Yah, Mak, Ba. Kok balik lagi ke rumah ini, Sih? Di sono enak Mak, Ba, adeem. Di mari mah panas." Adul kembali menyuarakan pendapatnya.
"Lo kagak ngerasain dingin karena kulit lo tebel, ketutupan ama lemak. Nah Emak ama Baba lo badan nya kecil, Dul. Kagak bisa kalo saban ari kena AC mulu, bisa-bisa kering kulit Emak ama Baba lo." Ucap Salma, Rony hanya mengangguk setuju.
"Kan tinggal di basahin ama air, Mak. Jadi kagak kering lagi." Jawab Adul, anak itu memang selalu berhasil membuat Salma dan Rony menggelengkan kepalanya.
"Gih dah, Adul aja yang tinggal di rumah nya Ncing Nabila, Baba ama Emak tinggal dimari. Enak meren, Sal." Rony beralih menatap jahil ke arah Salma sambil menaik-turunkan alisnya.
"Enak apaan lo, Bang? Kagak usah ngadi-ngadi lo ye." Ucap Salma seolah mengetahui arti dari ucapan suaminya. Belum selesai sampai disitu, Salma kembali berujar, "Udah dah, makin puyeng gue lama-lama ngobrol ama lo bedua." Salma pun meninggalkan Rony dan Adul di dalam kamar, ia beralih menuju kamar mandi untuk melanjutkan aktivitas mandi paginya.
____________________
KAMU SEDANG MEMBACA
Kampung Senggol X PANAROMA
FanfictionWARNING!! KHUSUS CERITA INI, DILARANG MENG-COPAST!