Bab 36

2.4K 106 15
                                    

"Sal. Salma." Rony yang telah berpakaian rapi memanggil Istrinya dari arah luar.

"Iya, Ron?" Salma bergegas menghampiri Rony dengan tangan yang masih di penuhi oleh sabun. Maklum saja, hari ini akan menjadi hari tersibuk bagi Salma.

"Buset dah, itu sabun di tangan lo bersihin dulu napa." Titah Rony, Salma dengan sigap mengelap busa di tangannya dengan daster lusuh yang di kenakannya.

"Nih, tiga ratus buat lo beli ayam di pasar. Kalo gak lo beli di si Paul aja, biar bisa lo tawar. Abang mau nganterin langganan Abang ke toko plastik dulu--" Salma hanya menyimak ucapan Rony dengan seksama, "ntar sorean baru kita ke makam nyak sama babeh kita. Sekalian sama si Nabila dah."

Wanita yang hobi mengenakan daster itupun mengangguk paham atas perintah suaminya. "Alhamdulillah, jadi juga kita makan enak buat ntar sahur pertama, Bang." Salma sudah membayangkan betapa nikmatnya masakan yang akan dia sajikan sebagai menu utama saat sahur nanti.

"Iya, Sal. Apan kan kita mah makan enaknya juga pas puasa pertama ama puasa terakhir doang. Selebihnya mah lo suguhin gue ama si Adul mie instan pake telor, kalo gak sayur daun singkong mulu. Ya, seenak jidat lo aja dah."

"Yee, Ron. Kalo lo ada duit kayak gini mah gue juga gak bakal ngolah daun singkong mulu, apalagi mie instan, gak baik buat usus. Ngeri keriting doang usus kita kalo saban hari makan mie mulu."

"Nah kan, omongan Lo udah tinggi bener tuh," kata Tony sambil menggelengkan kepalanya, "Kalo gitu abang berangkat dulu dah ya, takut kesiangan." Daripada terus menerus mendengar celotehan istrinya, lebih baik Rony segera berangkat kerja. Ia pun mengulurkan tangannya ke arah Salma. Sementara istrinya menerima uluran tangan suaminya dengan sigap.

"Assalamu'alaikum." Kata Rony setelah Salma mencium punggung tangannya.

"Wa'alaikumussalam. Hati-hati ya, Ron."

Rony pun meninggalkan Salma yang masih berdiri mematung di area dapur rumahnya.

"Asiiiik, abis nyuci gue beli ayam dah. Apa beli daging ya? Ah, tapi mahal amat gue ngeluarin duit 120ribu cuma buat makan sehari. Ujung-ujungnya juga jadi e'e tuh daging." Sambil cengengesan, Salma pun kembali meneruskan pekerjaan mencuci pakaiannya.

***

Sementara itu, Nabila sibuk memakai perhiasan imitasi nya, ia mengalungkan kalung mutiara KW nya di luar hijab yang di kenakannya.
Sementara lima buah gelang emas palsu melingkar di kedua lengan wanita beranak satu itu. Tidak lupa cincin sebagai pelengkap kesempurnaan aksi berbuat riya' nya hari ini.

"Naah, apan kalo begini mah gue tambah ca'em. Malah emas-emas gue ini ya Allah, mentereng banget dah. Makin cakep gue pake beginian." Celoteh Nabila dari balik meja rias di kamarnya.

"Astagfirullah, Mih. Mamih ngapain pake perhiasan segitu banyak nya? Mau kemana?" Paul yang baru saja keluar dari kamar mandi di kamarnya langsung di buat kaget dengan penampilan Istrinya, Nabila lebih pantas jika disebut sebagai toko emas berjalan.

"Pih, hari ini kan Munggahan. Ini mamih mau puas-puasin dulu pamer harta sama Ibu-ibu kampung Senggol. Besok pan puasa, jadi Mamih kudu puasa pamer juga selama sebulan."

"Ya Allah mamih, ada-ada aja si." Kata Paul menggelengkan kepala, sambil membetulkan lilitan handuk di pinggangnya.

"Daripada papih geleng-geleng kepala mulu, mendingan mamih minta uang belanja deh. Mamih mau beli ayam, daging, ikan, apalagi ya? Hmm--"

"Kalo masalah itu mah gampang," Paul pun meraih dompet tebal miliknya yang ia letakan di atas nakas tempat tidurnya. Lalu menyerahkan uang berwarna merah sebanyak sepuluh lembar, dan menyerahkannya pada Nabila.

Kampung Senggol X PANAROMATempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang