Bodohnya, gue gak curiga sama sekali ketika Jingga minta ketemu langsung di mall, bukan gue jemput. Padahal gue tau dia gak hapal kota ini. Pembalaan tipis gue buat ini karena gue pikir doi berangkat sama Anya. Tetapi itu memang hanya sebuah pembelaan bodoh, buktinya kenyataannya gue gak nanya Jingga berangkat sama siapa, atau kalo perlu nanya Anya apa dia ikut jalan juga. Intinya gue salah, titik.
Gue baru tau Jingga berangkat pake jasa Go-Jek ketika dia nyampe sendirian. Dasar cewek nekat! Untung Go-Jek Samarinda baik-baik, kota lain juga sih.
Gak, gue gak marah sama Jingga. Gue marah pada diri sendiri yang malah sempet ngerasa senang gitu liat dia datang sendiri dan ngebayangin betapa indahnya hari ini, dapat kesempatan langka jalan berdua. Walo akhirnya nyesel ketika sadar ini memang sebuah kesalahan. Gue ngerasa tiap ngelangkah bersama Jingga, dosa gue makin nambah, dosa pada Anya. Gue gak bisa bayangin gimana perasaan Anya kalo tau ini...
Jingga ngajak nonton, gue tolak. Seperti yang gue sempat bilang dulu, gue gak mau nonton bareng cewek lain selain Anya. Gue milik Anya, seutuhnya, setidaknya untuk saat ini sesuai status sebagai pacar. Dan gue tau ini harus di akhiri. Bukan, bukan pacarannya yang di akhiri, tetapi kelakuan atau kesalahan gue ini. Baiklah, kalo ini jalan bareng Jingga yang pertama sekaligus terakhir, boleh kan? Yang penting kan gak berlanjut ke arah penghianatan pada Anya.
Ajakan nonton sudah gue tolak, namun Jingga santai. Dia tetap mau jalan sama gue walo cuma ngiterin mall. Masuk satu toko ke toko lainnya, masuk aja, gak beli. Kita juga gak gitu banyak ngobrol, pasalnya di kepala gue mikirin Anya terus, dan kesalahan besar ini. Sampai akhirnya Jingga kecapean dan perjalanan keliling mall berakhir ditempat makan.
"Say, kamu bawa kertas ama spidol gak? Eh, sama lem juga." tanya Jingga begitu hidangan sudah tersaji.
"Buat?"
"Buat nulis 'cowok ter-gak asik hari ini' dan di tempel di jidat kamu!"
"Hahahahaha, ada-ada aja..."
"Aku gak bercanda Say! Kamu beneran gak asik. Masih mikirin kejadian kemaren?"
"Yang mana...?"
"Anya Say... Anya... apa kamu lupa punya pacar namanya Anya yang kemaren ngambek aneh?" Jingga nyeruput minumannya, haus banget kayaknya, atau capek ngomong mungkin?Gue ikut nyeruput minuman, bukan karena haus, tapi bingung mau jawab apa. Apa lagi Jingga natap gue tajam banget, sampai gue terpaksa melempar pandang ke arah lain, gak berani beradu tatap. Gue liat sepasang muda-mudi, kalo gak mau dikatakan sepasang kekasih, sedang nikmatin makanan sambil sesekali tertawa. Buat orang lain yang liat, pasti mikirnya mereka sepasang kekasih. Padahal belum tentu, sapa tau cuma sahabatan, atau gebetan, atau kakak-adek'an mungkin? Trus kalo orang lain yang liat gue dan Jingga, lebih terlihat seperti apa ya?
"Say, belum kelar emang masalahnya?"
"Hah?" gue terkesiap, "kalo kelar gue pasti gak sediam ini kan..."
"Haiya, ya gak tau... kita aja baru kenal, mana tau kebiasaan kamu gimana kalo lagi banyak pikiran. Sapa tau malah biasanya nungging, atau ketawa gak jelas sambil curhat sama tembok."
"Iya-iya... jadi gimana kabar Anya?" gue mulai asik lagi terikut irama Jingga yang menanggapi masalah gue sambil bercanda.
"Kenapa gak kamu tanya sendiri? Kan kamu pacarnya..."
"Kan kamu sepupunya..." balas gue cepat sembari senyum kecil.
"Mau yang jujur, bohong, atau bercanda?" Jingga nyuap makanannya.
Gue garuk jidat, "Jingga, dimana-mana otomatis orang mau yang jujur..."
"Emm... Anya baik-baik aja kok, cuman kusaranin kamu buat minta maaf ke dia."
"Untuk?"
"Untuk kesalahan-kesalahan kamu."
"Yang?"
"Salah satunya, jalan sama aku ini apa kamu gak merasa bersalah?" Jingga natap gue dengan tatapan menuduh. Gue berbalik salut kepada cewek satu ini. Dia mampu membaca perasaan bersalah yang gue pendam. Tapi yang ngajak jalan kan dia? Apa ini salah satu jebakan Jingga lagi demi nguji kesetiaan dan keseriusan cinta gue ke Anya?"Ya ngerasa... tapi gak sepenuhnya salah aku kan? Toh yang ngajak jalan..."
"Gak mau tau," potong Jingga. "Pokoknya kamu harus minta maaf, ngerti?" kali ini malah tatapan mengancam yang gue liat, yang bikin mulut gue terpaksa bilang "Baiklah..." lantaran gak mau memperpanjang masalah. Gue sudah hapal kalo gini gimana ujung-ujungnya, gue lah yang tetap disalahin.Fiuh... gue masih bingung sama sifat Jingga. Disatu sisi, dia terlihat baik kayak dukung hubungan gue Dan Anya supaya lanjut terus. Disini lainnya, gue merasa dipermainkannya. Gue bener-bener gak tau Jingga aslinya gimana. Bukan hitam atau putih, bukan pula jingga. Jingga masih abu-abu...
KAMU SEDANG MEMBACA
Aku dan Anya [TAMAT]
HumorRank #64 [09-09-2017] [Comedy - Slice of Life - Psycological - Romance]. Cerita tentang Saya, dan pacar saya yang entah error entah gimana ya, hehe. Disini nanti ada juga mantan pacarnya yang sombong dan gak bisa menghargai orang lain. Ada juga kep...