37

1.6K 274 26
                                    

Matahari nyengat banget, rasanya kayak ngebakar ubun ubun. Jungkook ngelap keringatnya bentar, habis itu tangannya balik lagi megang pancingan yang daritadi belum kemakan umpannya. Jungkook ngehela napas. Dia udah capek. Pengen minum tapi puasa. Pengen pulang, di sebelahnya ada bokap Yeri juga lagi mancing. Yakali dia ninggalin?

"Panas ya," Papanya Yeri kipas kipas pake robekan kardus yang dibawa ke tempat pemancingan ini. Jungkook ngangguk ngangguk. Jam segini matahari beneran ada di atas kepala. Meskipun ada atap dari seng yang ngelindungin mereka dan pengunjung lain tetep aja panasnya nyengat. "Ngapain sih kita kesini?"

Jungkook ngeliat Papanya Yeri dengan muka heran. Dia belom lupa tadi pagi tiba tiba orang tua itu ngajakin dia ke tempat pemancingan ini setelah ngejemput Jeno yang rumahnya beneran cuma 5 langkah. Jungkook nurut aja, kebetulan ceweknya juga lagi sibuk ngerjain tugas UAS. Daripada gabut mending dia join Papanya Yeri. Gak taunya pas nyampe sini, cuma Jeno yang bahagia. Sementara dia dan Papanya Yeri akhirnya nyadar kalo mereka gak punya bakat mancing.

"STRIIIKEEE!!" Jeno teriak lagi. Entah udah berapa kali hari ini. Orang orang di sekitar dia ikutan rame dan pada tepuk tangan. Sementara Jungkook cuma ngeliat ember kosongnya dengan muka sedih. Akhirnya dia milih buat nyamperin Jeno.

"Ikannya pilih kasih nih,"

Jeno cuma ketawa denger omongan Jungkook yang tiba tiba aja udah ada di sampingnya. Sementara tangannya sibuk ngelepasin ikan yang barusan dia tangkep dari kail pancingnya. Habis itu ikannya dia masukkin lagi ke dalam kolam.

"Kok gak lo taroh di ember?"

"Penuh, Bang." Jeno mamerin embernya yang emang beneran penuh sama ikan ikan yang udah dia tangkap dari tadi pagi. "Yang barusan masih kecil, gue ngambil yang besar besar aja, nyokapnya. Biar anak anaknya bisa berkembang dan belajar menghindari umpan."

"Gue gak tau mau bilang lo baik atau jahat." Jeno lagi lagi cuma ketawa. Jungkook duduk di samping Jeno sambil ngeliatin sekeliling kolam yang udah mulai sepi. Karna panas banget, mungkin pengunjung yang lain nyerah dan pengen pulang. "Btw, kok lo gak ngerjain UAS kayak si Yeri?"

"Beda dosen, Bang. UAS aslinya kan masih habis lebaran."

"Akhirnya lo misah juga sama dia?"

"Soalnya buat sekarang dia belom butuh gue," Jungkook diem denger jawaban Jeno. Dia jadi inget omongan Jeno kemaren pas mereka pulang dari masjid. Jungkook salah gak sih, kalo nangkapnya Jeno itu sayang sama Yeri lebih dari sayang ke sahabat?

"Lo suka sama Yeri, Jen?" Kurang frontal, Jek! Orang orang kayak Jungkook emang gabisa dibikin kepikiran sih, pasti langsung pengen cari jawabannya.

"Gue masih sayang mantan, Bang." Dan orang orang kayak Jeno juga bukan tipe orang yang suka bikin orang lain penasaran dengan ngasih jawaban ambigu.

Jungkook kaget. Gak kepikiran kalo Jeno bakalan jawab gitu. Sekarang dia bingung mau ngerespon gimana. Suasananya jadi rada canggung. Jungkook tiba tiba nyesal nanya barusan sampe akhirnya Jeno ngomong lagi, "gausah takut, Bang. Yeri udah kayak saudara gue sendiri. Makanya gue gak pernah mau dia kenapa kenapa."

Hhhh. Emang dasar ya, yang namanya Lee Jeno udah paling peka deh. Pantes banget masuk pendidikan konseling, kayak cuma dengan ngeliat aja dia bisa tau apa yang ada di pikiran orang itu.

Jungkook diem lagi. Masih bingung mau ngerespon gimana. Dalam hati bersyukur, sih, denger sendiri dari Jeno kalo cowok itu sama sekali gak ada niat buat nikung dia. Tapi kalo ngeliat gimana Jeno ke Yeri tuh, rasanya susah percaya kalo Jeno gak ada perasaan. Jungkook masih ragu.

"Lo gak mau pulang, Bang?" Jungkook sadar dari lamunannya pas Jeno nanya.

"Ah, gak tau, nih, bokapnya Yeri, kayaknya masih betah disi—"

"Maksud gue pulang ke rumah lo." Jeno ngelempar kailnya ke air. Terus ngomong lagi, "bukan maksudnya ngusir, tapi mau sampe kapan lo di rumah Yeri, Bang? Mubazir bulan puasa kayak gini kalo lo gak bareng bareng keluarga. Bentar lagi lebaran, lo gak mau bikin kenangan apa gitu sama ortu lo?"

"Lo kan gak tau apa apa, Jen." Jungkook rada tersinggung sama omongan Jeno. Tapi dia juga gak bisa ngebantah kalo apa yang Jeno bilang itu ada benernya.

"Ya, maybe gitu. Tapi ortu lo masih hidup kan dua duanya? Bersyukur, Bang. Banyak banget anak anak yang pengen puasa, lebaran sama ortunya tapi gak bisa. Manusia hidup cuma sebentar, Bang. Kenapa gak lo manfaatin buat bikin kenangan baik?"

"Gue juga pengen gitu, tapi gak semuanya berjalan sesuai rencana kita." Jungkook ngelempar kerikil yang dari tadi dia kumpulin ke kolam ikan di depannya. Iya, dia juga pengennya puasa, lebaran, ketawa ketawa bareng ortunya kayak yang selalu keluarga Yeri lakuin. Dia berusaha bikin itu terjadi dengan ngasih waktu ke Ayah Ibunya buat baikan. Tapi kayaknya dia keasyikan sama keluarga Yeri sampe lupa diri.

"Kalo plan A gagal, selalu ada plan B. Kalo jalan satu ditutup, coba aja lewat jalan lain. Meskipun harus muter jauh, mungkin lo bakalan nemuin jawabannya." Wuidih, Jeno Teguh Golden Ways bukan nih?

Jungkook akhirnya ketawa. Dia nyadar apa maksud Jeno. Dia juga nyadar kalo daritadi dia dinasehatin sama orang yang lebih muda dari dia. Ternyata emang bener kalo gak selamanya pelajaran itu di dapat dari yang lebih senior. Kayak selama ini dia ngambil pelajaran dari Yeri yang jelas lebih muda dari dia. Dan sekarang dari Jeno yang juga adek tingkatnya. "Thanks ya, Jen."

"Santuy, Bang."






❤❤❤






Sesuai saran Jeno, Jungkook akhirnya pulang hari ini. Bayangin, setelah setengah bulan, nyuekin telpon atau sms dari ortunya, akhirnya Jungkook balik lagi ke rumahnya. Yeri sempet nawarin buat nemenin tadi, tapi Jungkook sadar kalo ini masalah dia. Dia gak bisa terus terusan bergantung sama Yeri buat nyelesain masalah keluarganya. Dia harus berjuang sendiri. Ah, bukan, dia, Ayahnya sama Ibunya harus berusaha sendiri buat nyelesain masalah mereka.

Jungkook turun dari mobil ngebayangin bakalan betapa lebar senyum ortunya ngeliat dia pulang. Baru aja dia mau buka pintu pas dia denger percakapan ortunya dari luar.

"Kalo gini terus Jungkook gak akan kembali ke rumah ini." Ini suara Ayahnya.

"Dari awal kamu yang bikin susah semuanya kan,"

"Karna aku tau niatmu dari awal bukan untuk damai sama aku, bukan juga untuk Jungkook. Uang kan yang kamu mau? Kamu udah cerai jadi kamu butuh uang buat kelangsungan hidupmu sama Jina kan?"

Kedengaran suara Ibu Jungkook ketawa. "Ternyata kamu masih pengertian."

"Dasar lintah betina."

"Terserah kamu mau bilang apa. Aku gak akan pergi sebelum kamu kasih apa yang aku butuh."

"Oke. Demi Jungkook. Aku akan belikan kamu rumah, aku akan kasih kamu modal untuk usaha. Tapi kamu harus janji, jangan pernah temui aku atau Jungkook lagi. Kamu harusnya malu ketemu sama Jungkook."

"Setuju."
.
.
.
.
.

Belum kok belum badainya. Masih angin angin doang ini :)

Jangan lupa vomment yaaa

[2] No More (glasses & smoke)✔Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang