Pt. 8 Vakansi

910 8 0
                                    

Jadi Genta, apa kamu pernah meminta untuk bisa melihat apa yang sebenarnya orang lain tidak bisa lihat? Ane bukan orang penasaran yang akan melakukan segala sesuatunya demi bisa melihat apa yang sebenarnya orang normal lihat, dan tidak pernah sekalipun ane tertarik sama hal-hal berbau supranatural. Tapi memang seperti yang sudah kita ketahui, dimana ane & temen-temen ane dulu pernah bekerja memang menyuguhkan pertunjukan mistis yang akan terus berlanjut entah sampai kapan. Mulai dari gangguan sekecil sampai sedashyat apapun itu, itu sudah menjadi bagian dari kami semua yang harus kami terima keadaannya. Jika kami disini tinggal bersama sebagai sebuah persaudaraan dalam bekerja, ternyata tanpa kami sadari di dalam bangunan ini juga tinggal sebuah keluarga yang mendiaminya jauh-jauh hari sebelum kita tinggal disini. Yang pada awalnya kita semua tidak akan pernah mengira kalau kita selama ini hanya bertamu di kediaman mereka.

Kalo ada yang nanya apa kegundahan ente waktu kerja disana, plus setiap hari ngeliat begituan? Jawabannya adalah rute perjalanan pulang ketika ane harus pulang tengah malem sendirian (kebetulan waktu itu ane ngontrak rumah di daerah Pandega Karya). Ga ada pilihan jalan yang keliatannya enakan dikit buat pulang karena emang semuanya beresiko. Pilihan pertama adalah lewat ringroad (kondisi fly-over sedang dibangun) jadi untuk bisa muter balik cepet ke arah jakal ane harus puter balik lewat kolong jembatan gelap dulu. Antara dibegal, meninggal, terus dibuang kali kalo lewat sana.. atau dikasih liat penampakan wanita yang katanya sudah menjadi urban legend disana, jadi ane ga pernah ambil rute ini kecuali lagi bareng-bareng. Pilihan kedua, lewat selokan mataram.. juga bukan alternatif yang ane ambil karena terlalu jauh kecuali kalo udah saking takutnya. Jadi ane biasanya ambil rute jalan tembus yang sebenernya super ngeri ini, tapi seenggaknya ga ada begal disitu hehe. Rutenya lumayan mencekam, apalagi setelah mendengar cerita-cerita tentang daerah tersebut jadi pasti agak parno kalo lagi naik motor sendirian.

Kejadian bener akhirnya, ketika ane memang baru bisa ngelarin kerjaan pas tengah malem. Ane harus balik karena ada temen kontrakan yang ulang tahun waktu itu (sebelumnya TS sudah sering lewat rute ini, tapi TS ceritain aja yang pas ada hal anehnya aja). Keluar tuh ane sama satu temen ane (lupa pastinya, sama si monggo kalo ga salah) ke parkiran setelah beberes barang, sambil pake sepatu di teras depan. Tidak lupa ane pasang headset biar ga denger suara aneh-aneh nantinya di rute suram. Pokoknya sebisa mungkin ane berusaha memalingkan semua pemikiran horor di kepala ane. Waktu ane lagi ngeluarin motor, ga sengaja ane ngeliat ada 1 patung biksu di taman. Diawalnya ane ga pernah mencoba nyari-nyari keberadaan patung ini karena emang ga interest. Dan kita baru ngeh ternyata patung biksu yang selama ini diomongin bentuknya kaya gini toh. Sekedar menggumam aja kita ga ada pikiran aneh-aneh sama tuh patung karena dari awal udah dapet warning kalo nemu nih patung ga boleh dipindah-pindahin. Sambil cuek ngeloyor ngeluarin motor, ane ngerasa liat pemandangan yang sedikit menggangu di depan mata ane. Jadi ada kaya semacam ventilasi gitu di tembok yang nembus ke rumah sebelah kantor ane. Keliatan samar-samar emang kalo dibalik tembok ada semacam ruangan buat laundry gitu. Sekilas ane memandang ke dalam, ada semacam orang jalan mondar-mandir dibalik tembok itu. Pikir ane alah mungkin emang penghuni sebelah, gamau terlalu kepo ntar dikiranya ngintipin ato gimana gitu malah bubar digebukin massa haha. Ga lupa ane tanya si monggo buat mastiin juga dia liat ato engga, soalnya ga bakalan lucu kalo ane sendiri yang liat. Dan monggo pun juga ngeliat, jadi fix itu emang orang beneran. Tapi karena emang dasarnya ane orangnya kepo abis, berharap ada pemandangan BB17+ di balik tembok itu.. Akhirnya ane standarin motor ane buat ngintip tuh lobang (si orang didalem masih jalan-jalan). Ketika ane udah dapet pandangan sama objek di dalem tadi, samar-samar ane ngeliat ada cewe yang mondar-mandir kebingugan gitu. Bolak-balik menggerutu sendiri, kaya lagi nyari sesuatu. Sekilas ane palingin pandangan ane dari lobang ventilasi itu buat manggil si monggo, “Nggo.. coba kesini liat deh” dengan nada pelan. Si monggo nyamperin ane & ikutan ngintip juga (akibat over kepo), tapi waktu kita lihat ke dalem apa yang ane liat barusan udah ga ada di ruangan tadi. Si monggo nanya ke ane. “Kenapa? Ngeliat sesuatu terus ilang? Udahlah ga usah buat persepsi yang aneh-aneh, ayo pulang aja besok kuliah pagi malah ga bangun ntar”. Jujur waktu itu ane sempet kepikiran parno juga, kalo orang tadi bakalan nongol tiba-tiba di depan muka ane sambil melototin matanya ala susana. Tapi untung aja ga kejadian beneran, kalo beneran kejadian fix ane langsung pingsan di tempat haha.

MisthorpathTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang