Brak!!!
Gerakan tangan Chaesa yang lagi nyapu lantai kelasnya mendadak berhenti pas tong sampah yang terisi penuh malah ditumpahin di depan matanya dan tong sampah itu langsung dibanting ke lantai gitu aja. Pas Chaesa mendongak, dia refleks mendengus begitu ngeliat Kim Hyunjin udah berdiri dengan bersedekap dada di hadapannya.
Mata Chaesa natap Kim lurus-lurus dengan pandangan yang sukar diartikan, sedangkan Kim natap Chaesa dengan pandangan kesal sekaligus merendahkan.
Chaesa jadi heran, segabut itukah seorang Kim Hyunjin sampai ngegangguin hidupnya terus?
"Maksud lo apa?" Tanya Chaesa dengan tampang datar.
Kim malah narik sebelah sudut bibirnya sarkas, "apa? Gue cuman ngebantu temen gue yang lagi ada jadwal piket ini. Kelas ga kotor sama sekali jadi gue bantu ngotorin." Katanya dengan senyuman manis di akhir.
Rahang Chaesa mengeras seketika dengan tangannya yang udah mengepal erat. Tapi dia tau kalo dia ga bisa ngapa-ngapain sekarang.
"Kenapa? Mau ngelawan? Ayo lawan aja. Tapi lo harusnya sadar diri dulu lo siapa di sekolah ini." Kata Kim dengan nada rendah dan badannya bergerak mendekat ke Chaesa, "lo tau ga? Gue muak setiap kali ngeliat lo. Kalo lo keluar aja dari sekolah ini gimana? Lagian sekolah ini ga cocok buat orang miskin kayak lo." Sekali lagi, senyuman sarkas terbit di bibir Kim. Cewek itu keliatan puas banget karena ngeliat Chaesa yang ga bisa berkutik.
Chaesa emang lebih milih diam, natap Kim dengan pandangan tenangnya.
"Dari awal udah gue bilang kan kalo gue ga suka lo sama Jaemin? Pas lo masih jadi pacar dia emang gue ga bisa ngapa-ngapain lo, tapi sekarang lo udah dibuang sama dia jadi gue bisa dong tambah ngebejek-bejek atau nginjak-nginjak sampah yang udah Jaemin buang?" Kata Kim dengan senyuman manis di bibirnya yang justru keliatan nyebelin banget di mata Chaesa.
"Sampah bakalan tetep jadi sampah, Jo Chaesa. Jangan berharap lebih deh. Lo cuman satu dari sekian banyak mainannya Jaemin." Katanya terus ngejauhin badannya dari Chaesa. Ada senyuman puas yang terbit di bibirnya, "ah... lo mendadak bisu juga ya kayak mama lo?"
Rahang Chaesa makin mengeras dengan kepalan tangannya yang mengerat. Tapi dia tau kalo dia berani ngapa-ngapain cewek di hadapannya ini, beasiswanya bakalan langsung dicabut.
Senyuman manis terbit di bibir Kim sekarang, "selamat bekerja." Katanya terus nendang tumpukan sampah kertas di dekat kakinya dan melenggang keluar gitu aja.
Dengusan kasar langsung keluar dari hidung Chaesa pas sosok Kim udah benar-benar keluar dari kelas. Rahangnya keliatan makin keras karena nahan emosi yang rasanya udah meluap-luap sekarang.
Chaesa ngambil nafas banyak-banyak, natap sampah yang berserakan di hadapannya dengan tatapan yang sukar diartikan.
Orang kecil kayak dia emang bisa apa ngelawan orang kaya dan berkuasa kayak Kim?
"Astaga."
Kepala Chaesa mendongak seketika, matanya berpendar bingung pas ngeliat Chani yang balik lagi ke kelas. Seingat Chaesa, cowok Kang itu udah pulang bersamaan sama yang lain pas bel pulang bunyi.
Chani yang baru aja masuk ke kelas langsung jalan buru-buru nyamperin Chaesa, matanya melebar pas ngeliat sampah yang berserakan di lantai. Ga lama tatapannya tertuju ke Chaesa yang udah natap dia duluan dengan binar bingung yang masih kentara.
"Ini... ulah Kim Hyunjin?"
Chaesa cuman ngehela nafas dan milih buat ga jawab apa-apa, dia langsung narik tong sampah yang dilempar Kim tadi buat mendekat dan milih buat mungutin sampah-sampah kertas itu.
Chani buru-buru ngelepas ransel di punggungnya dan ditaro asal ke atas meja terdekat, cowok itu juga langsung berjongkok dan ngebantuin Chaesa ngemungutin sampah-sampah yang berserakan.
"Kenapa balik lagi?" Tanya Chaesa tanpa nengok ke arah Chani, sedangkan Chani udah mendongak buat natap Chaesa yang keliatan biasa aja.
Chani yakin Kim ga cuman nuangin sampah-sampah ini, cewek itu pasti juga nyinyirin Chaesa dengan segala kata pedasnya. Tapi yang Chani liat justru Chaesa yang bersikap seolah ga abis terjadi apa-apa.
"Buku tugas biologi gue ketinggalan." Sahut Chani dengan tangannya yang udah sibuk mungutin sampah lagi, "lo harusnya langsung pulang juga kan?"
Chaesa menggumam panjang terus ngegeleng, sekarang gerakan tangannya berhenti dan matanya natap Chani lurus-lurus, "ini jadwal gue piket."
Gerakan tangan Chani juga langsung berhenti gitu aja, "sendiri?"
"Biasanya juga gitu." Sahut cewek itu ringan, seolah hal itu adalah hal yang biasa buat dia.
Chani ngehela nafas pelan, milih buat ga jawab apa-apa lagi dan lanjut ngebantuin Chaesa. Toh apapun yang keluar dari bibir Chani ga bakalan ngebuat Chaesa ngerasa lebih baik, kan?
🌼
"Esa."
Langkah Chaesa tiba-tiba berhenti pas Jaemin dengan ga terduganya malah muncul di belokan koridor dan nyegat jalannya.
Chani natap Chaesa dan juga Jaemin secara bergantian, ga lama tatapannya tertuju ke Chaesa lagi, "Sa gue duluan ya?" Pamit Chani dengan senyuman simpul yang terukir di bibirnya.
Chaesa ngangguk, ngebalas senyuman Chani dengan senyuman yang penuh rasa terimakasih. Senyuman di bibir Chani keliatan makin jelas sebelum cowok Kang itu ngelanjutin langkahnya.
"Kenapa?" Tanya Chaesa dengan kepalanya yang tertoleh ke arah Jaemin sekarang.
"Aku mau ngomong." Katanya sambil berdeham pelan dan buang muka.
"Ngomong apa?"
Helaan nafas ga lama keluar dari bibir Jaemin sebelum perhatiannya tertuju ke Chaesa, dia masih ngerasa ga terima karena Chaesa udah ngejatuhin harga dirinya dengan ngirim balik semua barang pemberiannya dan justru langsung menjauh kayak gini.
Jaemin ga pernah digituin cewek, makanya hati dan pikirannya penuh sama rasa ga terima sekarang.
"Kenapa semua barang-barang yang aku kasih dibalikin lagi?" Tanyanya langsung dengan pandangan menuntut mengarah lurus ke Chaesa.
"Karena itu emang punya kamu. Dari awal kita pacaran aku ga pernah sekalipun nuntut kamu buat beli semuanya. Ah... aku juga ga pernah make barang-barang itu jadi terserah mau kamu jual balik atau kamu kasih ke gebetan kamu." Kata Chaesa dengan ringannya sebelum ngelanjutin langkahnya yang sempat tertunda.
Tapi Jaemin dengan gesit ngegenggam pergelangan tangannya ngebuat langkah Chaesa mau gamau berhenti lagi. Mata bulat cewek itu natap Jaemin dengan binar bingung sekaligus heran yang kentara.
"Apa lagi, Na Jaemin?" Tanyanya dengan jidat yang berkerut samar.
Jaemin makin ngerasa ga terima. Cewek di hadapannya ini seolah benar-benar ngejatuhin harga diri Jaemin sebagai cowok secara sadar ga sadar sama tindakan dan segala kata-katanya itu.
Dan anehnya, Jaemin justru ngerasa tertantang ngebuat Chaesa luluh lagi dan benar-benar tunduk di bawah pesonanya. Karena selama ini dia ga pernah diginiin cewek dan ini adalah kali pertamanya.
"Kalo gaada urusan lagi, aku pergi." Kata cewek Jo itu sambil ngehempasin tangan Jaemin yang masih bertengger di pergelangan tangannya dan melangkah pergi gitu aja.
KAMU SEDANG MEMBACA
Ex: The Daisy || Na Jaemin
Hayran KurguPoin penting dalam hidup adalah menghargai sesuatu yang telah kamu punya. Tapi sayangnya, Jaemin terlambat menyadarinya.