"kak, menurut kakak tentang nikah muda tu apa sih?" Kali ini Hana sedang berada di dalam kamarnya bersama sang kakak. Melepas rindu padahal mereka juga belum lama tak bertemu. Sedangkan sodara kembar dan kakak iparnya itu entah sedang ada di mana sekarang ia sendiri pun tak tau. Mereka baru kenal tapi terlihat sangat akrab sekali. Yah, tak heran sih. Mas Agra itu memang orangnya baik. Jadi mudah akrab dengan semua orang.
"Menurut kk biasa aja sih. Maksudnya tuh ya, biasa aja gitu. Toh sekarang udah banyak kok yang nikah muda. Gini ya na, nikah itu bukan nya bisa menghambat karir kita gak sih? Nikah kan gak harus punya anak dulu. Tinggal bicarakan aja sama suami. Kalo emang nikah itu tujuannya untuk menyempurnakan separuh agama kita, kenapa enggak coba? Yang penting sesama pasangan itu bisa komitmen, bisa saling ngertiin. Itu yang harus kita jaga dan kita bina dari awal.
"Tapi menurut kk aku siap gak sih untuk nikah muda? Gini gak kak gatau kenapa aku tuh belum siap gitu kalau harus berkomitmen sedini ini. Umur aku itu baru menginjak 20 tahun. Dan aku rasa terlalu cepet aja gitu. Kk sih enak emang udah waktunya trus calonnya pilihan sendiri lagi." Hana berkata seolah-olah dialah yang paling tersakiti di sini.
"Eh kk udah pernah cerita kan gimana kk dulu? Seharusnya kamu gak boleh ngomong gitu. Toh Abi gak maksa kok. Yah walaupun perkataan Abi suka nyakitin sih kadang-kadang. Kalo emang itu pilihan kamu, harusnya kamu fokus dan tahan banting deh pokoknya."
Iya sih bener, aku juga gak pernah ngerasain kan gimana jadi kak Dhila dulu. Bisa aja sebenernya perjuangan dia tuh lebih sulit dari aku. Ah dasar, aku terlalu lemah untuk menghadapi ini semua. "O iya kak, menurut kk, tanggapan kk sama mualaf itu apa sih ?"
"Kenapa kamu nanya nya gitu?"
"Ya gak ada, cuman nanya ada."
"Tergantung mualaf nya kaya gimana sih. Tergantung tujuan dia itu kaya gimana. Kalo emang dia beneran masuk Islam karena kemampuannya yah mungkin itu dia yang udah diberikan hidayah oleh Allah SWT. Na, terkadang mualaf itu bisa lebih baik dari kita yang emang dari sananya emang udah Islam. Karena mereka itu mencari sendiri sedangkan orang yang seperti kita ini masih di tuntun."
"Gitu ya kak?"
"Emang kenapa sih na?"
Sebelum aku menjawab, panggilan Hanan mampu menyelamatkan ku dari pertanyaan menjebak itu.
"Kak, ditungguin mas Agra di bawah tuh. Katanya harus pulang soalnya besok dia ada kerjaan mendadak. Dan malem ini harus di selesaikan."
"Loh gak nginep kak?"
"Gatau tu mas Agra, katanya kerjaan dadakan. Ya mungkin next time aja lah nginapnya. Lagian kita udah cerita banyak juga kan?"
"Hmmm, aku pikir bisa lebih lama lagi cerita sama kakak."
"Kamu tuh ya na, kak Dhila itu udah punya suami, Inget tuh."
"Paan sih, suka-suka aku dong. Sibuk amat sih sama urusan orang lain."
"Yaudah ih gausah berisik, yuk temenin kk turun."
Sambil turun ke bawah, kak Dhila bilang "makanya next time kamu yang kerumah kk. Kamu kan belum pernah main. Nanti kita kakak bakalan denger semua cerita kamu."
"Yah bisa aja sih kak aku main ke rumah kk. Tapi kan kk nya sibuk terus, orang kadang lagi weekend aja masih kerja kan?"
"Na, jadi dokter itu gak mudah loh. Maksudnya tuh gini, itu bukan semata-mata profesi aja. Tapi sebagai ladang amal, sejauh mana kita bisa nolongin orang dengan ikhlas."
Hmm, kalo kak Dhila sudah bilang begini aku bisa apa? Iya, itu memang gak salah. Mungkin aku yang salah selama cuman mau nya di ngertiin tanpa mau ngertiin orang lain. Aku hanya ngerasa kehidupan nyata itu sama seperti yang aku tulis. Aku bisa mengendalikan semua karakter dalam tulisan aku, tapi di dunia nyata. Mengendalikan satu orang aja tuh butuh tenaga yang extra banget.
Via WhatsApp
GROUP cafe DKIKano: Eh gimana ni guys, gue males banget ngerjain tugas Bu Silva. Tapi besok di kumpulin. Gimana dong?
Send
Danu: sebenarnya gue juga males tapi ya mau gimana lagi. Cafe aja yuk. Kerjain bareng sambil nongkrong?
Send
Kano: lo gak Inget terakhir kali kita ngerjain tugas di cafe itu ada kejadian apa?
Send
Danu: ya anggep aja itu hari apes kita lah. Lagian boring juga nih, pen jalan-jalan. Gue langsung otw
Send
Danu: Kebiasaan ni anak main langsung-langsung aja. Ngomongnya otw padahal disana masih siap-siap satu jam sendiri. Eh Hans, kalo Lo udah baca ni semua Dateng cafe ya. Gak pake lama
Send
Dan tak menunggu waktu lama pun Hans sudah membaca pesan itu. Sebuah kebetulan pula bahwa Hans saat ini memang sudah berada di cafe. Tapi ia tentunya tak mengadu nasib seperti temannya. Karena tugas yang diributkan oleh kedua temannya itu sudah diselesaikan nya beberapa jam yang lalu. Yah tak jauh beda sih sebenarnya. Tapi setidaknya sekarang ia sudah bisa bersantai ria.
Mereka itu sebenarnya pintar. Tapi kelemahannya hanya satu, yaitu mereka sangat malas sekali jika disuruh mengerjakan tugas.
Tak lama kami datang ke cafe dan langsung menuju dimana mereka selalu duduk. Tapi tak ia sangka ketika sudah ada sosok Hans yang duduk di sana.
"Woi bos, udah Dateng aja. Ngebut banget sih?"
"Gue emang udah di sini dari tadi kali. Ngomong-ngomong masalah tugas, gue udah selesai kali sebelum kalian semua pada ribut."
"Lah kok lo tega sih?"
"Hah apaan? Tega apaan?" Danu yang baru datang langsung menyambar ucapan kano barusan.
"Elu datang-datang Nyamber aja. Katanya mau tadi otw. Mana? Buktinya datengnya juga duluan aku kesini."
"Yah sabar dong, aku kan harus memperhatikan penampilan juga. Kalo aku tampil jelek ntar apa kata gebetan-gebetan aku nanti. Eh btw tadi apa yang tega itu apaan?"
"Eh iya sampe lupa kan. Ini nih si Hans tega banget dia. Udah selesai tugasnya tapi gak ngajak-ngajak. Sekarang kan tinggal kita yang kewalahan tugas belum kesentuh sedikit pun gini."
"Yaudah lah mau ngomel terus apa mau ngerjain? Mau ntar di hukum Bu Silva lagi?"
"Tuh bener kata Danu, mendingan kalian kerjain gih. Ntar beneran gak kelar baru tau rasa lo pada."
"Iya-iya kerjain, gue mah apa. Ayo kerjain." Kano yang akhirnya kalah dalam perdebatan itu pun mengalah. Mereka langsung mengerjakan tugas itu dan sekali-kali tetap melakukan kegilaan mereka itu. Mana mungkin mereka bisa melakukan segala sesuatu itu dalam diam. Mustahil sekali tentunya bagi mereka. Dan untuk aku, aku kembali terjebak dalam lamunan masa depan yang entah sampai kapan selalu mengganggu pikiranku seperti ini.
Ada sepercik perasaan yang harusnya aku tinggalkan. Dan ada yang harus aku perjuangkan. Tapi masih ada keraguan yang entah seperti apa...
..
Hello
Follow Ig author ya. 👇
Nurhidayah202
KAMU SEDANG MEMBACA
Kutunggu Hijrah Subuhmu (TERBIT)✅
Spiritual"cerita masih lengkap* Spiritual Romance... Penuh inspirasi... Mode hijrah on... . Kewajiban laki-laki untuk sholat di masjid itu sama dengan kewajiban perempuan untuk menutup aurat. . * Saya ingin menjadi seperti Aisyah, meski tak ada lagi lelaki s...