awal seiman?

456 57 1
                                    

"gimana? Gimana maksudnya? Na, coba jelasin ke Umi ini maksudnya gimana?"

"Jadi gini mi, Hans ini agamanya katolik. Gatau apa alasannya, tapi dia udah lama belajar Islam. Dari sebelum kita kenal pun dia udah belajar Islam. Dan referensi dia itu udah banyak banget, Minggu lalu juga aku sempet nemenin dia beli buku-buku juga. Selama ini dia masih ragu, walaupun aku gak tau sih apa yang dia raguin. Karena dia bilang gitu, aku pikir ya masih lama. Eh gak taunya bisa secepat ini."

"Jadi gini Tante, udah lama banget aku belajar tentang Agama Islam. Mungkin dari aku SMP kali ya, waktu itu awal mami memperkerjakan bi Inah di rumah. Dan aku sering ngeliatin bi Inah sholat. Aku juga seneng dengerin bi Inah ngaji. Hatiku jadi adem gitu, apalagi denger suara adzan. Berasa kaya ada yang manggil. Dari situ aku mulai belajar, banyak hal tentang Islam. Tapi aku masih belum yakin, masih banyak banget keraguan di hati aku. Dulu aku pernah juga ikut pesantren kilat, sebenarnya ngikutin temen aku sih pas bulan puasa. Sampe sekarang bahkan, aku seneng banget nonton hafidz Indonesia setiap bulan puasa. Sebenarnya banyak hal yang udah aku lalui, tapi gatau kenapa sih baru saat ini aku bener-bener yakin."

"Masha Allah, hebat kamu. Tapi kalo boleh tau, apa yang masih bikin kamu ragu setelah ngelewatin waktu sepanjang itu?"

"Keluarga mami semuanya ahli agama. Aku cuman masih bingung gimana harus hadapin mereka nantinya. Dulu papi Islam, dan.."

"Innalilahi, jadi papi kamu murtad?"

"Iya tan."

"Terus apa yang sekarang bikin kamu yakin?" Umi nya Hana terus bertanya. Takut-takut alasannya gara-gara cinta. Dan tentu saja itu sangat tidak dibenarkan.

"Aku beraniin ngomong sama mami. Dan mami gak marah, mami cuman minta aku tanggung jawab sama yang nanti bakalan aku pilih."

"Masha Allah, mami kamu tau apa yang terbaik untuk anaknya. Kamu beruntung Hans."

Hans bahagia, bisa diterima di keluarga ini. Dalam artian, keluarga ini lekat agamanya, tapi sama sekali tak menolak dia yang hadir tanpa permisi sebagai orang asing yang masuk dalam kehidupan mereka. Kehangatan, keharmonisan keluarga ini membuat aku begitu nyaman.

"Kalo kamu udah yakin, mendingan sekarang kamu pulang."

"Maksudnya Tan?"

"Sekarang kamu pulang, besok datang lagi kesini. Biar Abi nya Hana dan Hanan bisa bantu kamu?"

"Yang bener Tante? Dan yang ditanya pun hanya menganggukkan kepala sembari tersenyum. "Makasih tan, besok saya pasti akan datang lagi kesini. Karena saya juga udah yakin, insyaallah sudah yakin."

..

"Hans Lo beneran sekarang udah Islam?" Begitulah tanya kano. Sebenernya bukan cuman kano, tapi juga Danu. Hanya saja kano yang mewakili untuk bertanya. Pasalnya mereka berdua memang tak sedikitpun diberitahu tentang hal itu.

"Iya, sorry ya gue gak ada ngasih tau kalian. Hari itu rasanya hati gue udah mantep aja. Terus gue gatau harus minta bantuan siapa. Sampai akhirnya Hana dan keluarganya bantuin gue."

"Hah, Hana? Gimana bisa dia bantuin Lo?"

"Ya gue emang akhir-akhir ini sering minta bantu dia sih. Untuk beli buku atau sekedar nanyain hal-hal yang pengen gue tau. Kebetulan aja kali ya gue inget nya sama dia, jadi gue datang ke sana. Sampai akhirnya mereka yang bantuin gue. Bersyukur banget sih, mereka baik banget. Welcome gitu sama gue yang orang asing ini." Hans menceritakan segalanya tanpa terkecuali. Baginya, kedua sahabatnya ini sudah seperti sodaranya sendiri. Jadi tak ada lagi yang perlu ditutup-tutupi.

"Lo kaya gini gak karena pengen Deket sama si Hana itu kan?"

"Hmmm, ya gak lah. Tapi kebetulan aja dia yang bantuin gue. Meskipun gue suka sama dia, tapi itu gak bisa jadi alasan gue kaya gini sekarang. Ini murni kok dari diri gue sendiri. Tanpa paksaan dari orang lain."

"Tau tuh Kano, neting aja Lo jadi orang. Kan tau sendiri, Hans udah kaya gini jauh sebelum dia ketemu sama si Hana. Jadi, Hana mah cuman jadi penunjang aja sih, yang kebetulan hadir di saat brother kita ini sedang berjuang. Iya gak bro?"

"Bisa aja Lo dan, tapi intinya gue lega aja sih sekarang. Eh iya, berhubung sekarang gue lagi senang. Lo berdua gue traktir deh, tapi inget ya, jangan yang mahal-mahal. Penghematan dong. hee."

"Ah payah lu mah, masa mau traktir orang kepalang tanggung gitu sih."

"Eh iya, udah lama ni kita gak olahraga bareng. Gimana kalo abis ini kita main basket aja yuk? Di tempat biasa itu. Udah lama kan kita gak kesana, lagian tiba-tiba gue kangen si Siti. Apa kabar ya dia sekarang?"

"Eh Siti? Siapa tuh Siti?"

"Yaelah masa Lo gak tau sih, Siti itu gebetannya si Kano yang jaga warung deket biasa kita main basket itu."

"Oh astaga, kirain siapa. Boleh juga tuh ya, udah lama kita gak main basket. Eh tapi tugas Bu Silva udah pada kelar kan?"

Mendengar pertanyaan itu, sontak saja kano dan Danu langsung saling pandang. Hans yang merasa ada yang tidak beres dengan kedua sahabatnya itu pun langsung sadar. "Berhubung gue mencium ada gelagat yang aneh dari kalian berdua, Pasti belum kelar kan? Duh Gimana sih, tau sendiri Bu Silva itu orangnya gimana. Kalo ditumpuk terus, huh yang ada makin banyak berabe nanti nyelesain nya."

"Iya Hans iya, insyaf deh kita berdua. Tar deh ya abis main basket pasti langsung kita kerjain. Ya gak Dan?"

"Nah ide bagus tu. Abis main basket aja, dijamin pasti selesai deh. Yaudah mending sekarang kita langsung cus aja ke TKP. Udah gak sabar banget ni."

Akhirnya trio kacrut itu pun menghabiskan waktu bersama dengan main basket. mereka emang tampaknya urakan, tapi mereka sangat tau bagaimana cara menghargai kebersamaan. Dan itu adalah hal mendasar yang menandakan kalau kita patut dihargai. Yah, tau sendiri zaman sekarang orang-orang itu sudah seperti apa.

Setelah cukup lama bermain basket, keringat sudah mulai bercucuran dari ketiga pemuda itu. Dan tak lama setelah itu mereka menghentikan permainannya. "Udah lah, capek gue " begitu ucap kano yang langsung disambut tak enak oleh Danu.

"Lo mah emang sengaja kaya gitu, mau cepet-cepet ketemu si siti kan? Alah bilang aja kali jangan ngeles gitu."

"Belum juga gue jawab udah dibilang ngeles aja. Lagian kalo iya juga emang kenapa? Masalah buat Lo? Gak kan? Yaudah gak usah sewot gitu."

"Ih apaan sih kalian berdua, eh Kano, gue pikir Lo sama Aisyah. Kenapa sekarang malah ada Siti segala gini? Wah parah ni anak, udah mulai juga ya sekarang."

"Males ah sama Aisyah yang kaya Mak lampir gitu, mending juga Siti kemana-mana. Udah cantik, lemah lembut. Pokoknya paket lengkap deh kalo sama dia. Ayem aja ngeliatnya."

Emang dasar laki-laki ya, gak bisa lebih peka sedikit dengan perasaan perempuan. Terkadang perempuan itu bersikap kaya gitu bukan karena dia gak peduli atau apa. Tapi itu karena dia mau cari perhatian dari si cowok. Atau hanya karena dia pengen dipandang beda dari yang lain. Makanya dia bersikap seperti itu.

..

Skip or next
@ nurhidayah202
Follow.👆

Kutunggu Hijrah Subuhmu (TERBIT)✅Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang