How they end

359 52 0
                                    

Nindy memasukkan buku dan alat tulisnya tergesa, tadi dosen yang ngajar pelajaran terakhir rada telat keluarnya. Jadi, dia juga telat baliknya.

Wina sampe heran biasanya Nindy yang baliknya nunggu sejam dari jam pulang, kenapa tiba-tiba buru-buru cabut. "Lo mau kemana?" Ia bertanya sebelum temen sebangkunya itu pergi.

"Ketemu sama Kak Rey. Keajaiban apa yang hari ini terjadi sampe dia ngajak ketemu duluan coba, Win?" Si cewek itu dengan nggak sabarnya nutup retsleting tasnya yang macet. "Kenapa pake macet segala sih?" Sebelnya sambil naik-turunin retsletingnya.

"Lo yang sabar. Udah kayak mau ketemu presiden aja, sampe takut telat. Bilang aja dosen keluarnya lama gitu." Dengan sekali membukanya lagi dan menarik retsleting tasnya, Wina ngasihin tas Nindy dengan muka kayak emak-emak yang pas kita bilang 'nggak bisa', eh pas dilakukan sama beliau malah bisa.

Nindy terkekeh. "Gue duluan ya, mau ngedate sama ayang. Dah, Win." Setelahnya berkata begitu, dia menghilang di balik pintu kelas.

***

"Mungkin kedengerannya kasar, tapi bisa nggak lo berhenti ngechat gue terus?"

"Sorry? Bisa kamu ulangin perkataan kamu?"

Cowok di depan Nindy itu menghelas nafas sebelum mengulangi perkataannya. "Gue kadang risih kalo lo tiba-tiba ngechat out of nowhere kayak 'hey kak lagi apa?' pas gue lagi rapat. Atau pas lo tau-tau ngespam gue sama curhatan lo. Gue nggak masalah kalo lo cerita, tapi pas gue lagi sibuk gitu, bawaannya jadi sebel pas liat chat bejibun kalo ngga chat basa-basi lo."

Nindy speechless. Tadinya dia pikir Rean ngajakin dia makan setelah sekian lama karena mau kangen-kangenan. Atau paling nggak cerita hari-hari satu sama lain, karena mereka nggak pernah lagi keluar bareng sejak 3 bulan terakhir. Tepatnya sejak Rean naik jabatan jadi Waka BEM. Ternyata dia cuma dicomplain guys. Gara-gara ngechat pacarnya sendiri.

"Mau lo apa? Gue ngechat lo, bukan cowok lain. Harusnya itu nggak salah. Kalo lo risih, lo bisa bales chat gue dan sampein maksud lo. Jadi gue nggak perlu mikir effort berhari-hari buat ngechat kayak apa selanjutnya biar lo mau bales." Nindy menanggalkan aku-kamu yang biasanya mereka pake setelah dengerin omongan cowoknya. "Tau gini gue tadi nyiapin mental aja, nggak perlu buru-buru keluar kelas buat dikayak giniin."

Rean bukannya ngerasa bersalah atau apa, tetapi dia malah tersinggung sama perkataan ceweknya. "Lo tau nggak sih maksud gue ngomong gitu apa? Bukannya nggak ngehargai lo, tapi bisa nggak lo tau tempat kalo mau ngechat?"

"Ya kalo lo risih bisa jawab chat gue, 'eh Nindy atau sayang (itupun kalo lo masih sayang sama gue), maaf ya aku lagi rapat atau lagi kumpul sama temen. Nanti aku bales pas udah di kosan. Enak kan? Lo ada kaya gitu? Nggak. Chat gue lo anggurin sampe besoknya bahkan lusa. Itu untung kalo pas lo bales. Pas lo read doang? Gue sampe mikir apa gue salah ngetik ya? Tapi ternyata gini pemikiran lo." Nindy senyum, tapi matanya menyiratkan kecewa yang teramat sangat.

Rean menatap mata Nindy. Ia merasa bersalah sekarang. Tapi egonya melarang dia buat minta maaf dan mengalah. "Gue ngerasa lo kayak lagi playing victim tau nggak?" Ia mengutuki dirinya sendiri setelah berkata demikian.

Satu kata itu. Playing victim. Bikin Nindy sakit hati. Nggak tau sejak kapan cowok dia jadi kayak sosok yang nggak dia kenal sama sekali gini. "Bisa nggak, nggak usah makin melebar bahasnya. Gue makin ngomong sama lo makin kesel." Bodo amatlah Rean lebih tua setaun dari dia. Sekarang dia ngerasa nggak harus bersopan-sopan ria sama orang senyebelin cowonya. "Gue cuma akan nanya sekali, terus lo mau apa? Putus?"

Rean memasang wajah kening berkerutnya. "Kayaknya lo udah ngerencanain ini. Padahal gue lagi membicarakan sesuatu yang bisa diperbaiki ke depannya. Buat kenyamanan lo dan gue sendiri. Lagian emang gue harus tiap menit ngabarin gitu? Lebay banget sih. Orang lo juga tau kalo gue nggak ke kampus, ke markas bem, tongkrongan sama temen gue, dan ke kosan. Lo kayak nggak percaya sama gue.

"Gue? Lo cuma membicarakan dari sisi lo. Lo egois. Tapi mood gue udah bener-bener hancur sekarang. Let's break up." Dia menghelas napas dan menguatkan hatinya sebelum berkata lagi. "Mending kita putus aja nggak sih, daripada lo ngerasa terganggu gue tanyain hal biasa kayak gini. Dan kepedulian gue ke lo dianggep lebay kayak gini?"

Rean merasa tertohok sama perkataan cewenya. Sebelum dia sempat mengontrol perkataannya sendiri, mulutnya mengatakan sesuatu yang sebenarnya dia sesali sedetik setelah mengatakannya. "Ya udah, ayo. Mungkin emang kita nggak bisa diperjuangin lagi."

Nindy tersenyum pahit. "Sorry for all the bothering things. Lo pasti lega abis ini nggak perlu ngeladenin orang kayak gue. Be happy, ya kak? Gue pergi."

Rean kehilangan dia, sebelum dia sempat mengatakan kalo dia menyesali apa yang dia katakan barusan. Dia ngerasa ada bagian yang perih di dada kirinya setelah melihat Nindy, gadisnya yang sekarang menjadi mantan gadisnya itu menjauh dan semakin menghilang dari pandangannya.

Dia sadar akar masalahnya bukan cuma sekedar dia terganggu sama chat-chat Nindy. Masalahnya ada di dirinya sendiri. Dia mulai merasa hambar, karena kesibukan dan Nindy yang ia harap menjadi tempatnya bersandar malah membuatnya risih. Tetapi ia tahu, ia gegabah. Sangat. Mau apalagi? Udah terlanjur juga. Oke, Rey. Lo tau ini terlalu cepet. Kasih waktu dulu, nanti pasti Nindy bakal ngelupain omongan soal putus itu. Ya, pasti dia maafin. Kan dia bucin gue. Batinnya dalam hati dengan sedikit pongahnya.

***

Stuck on YouTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang