Sejak hari itu, Nindy sama Jian kemana-mana keliatan berdua. Lebih ke Jian yang nempelin Nindy mulu sih, soalnya temen-temen Jian fakultasnya beda semua dan letaknya juga jauh dari fakultas manajemen.
Nindy lagi ngantuk banget karena dia baru selesai meringkas bahan presentasinya jam 2 pagi. Untung aja dia sekelas sama Jian yang udah pasti bakal bangunin dia karena cowok itu ngajakin berangkat bareng.
"Nin, tahan dulu ngantuknya. Nanti jam 9 ada jeda kok. Ntar tidur di perpus kayak biasa." Jian bawain kopi hangat sama toast ke depan Nindy. Sekarang mereka lagi di kantin sambil nunggu jam pertama kuliah di jam 7.
"Kepagian banget lo ngajak gue berangkat jam 6 seperempat." Nindy menggerutu sebal.
Jian cuma terkekeh pas ngeliat cewek itu makanin toast kesukaannya dengan dahi berkerut. "Nanti kalo kemepetan lo nggak bisa makan dulu, kan makin ngantuk, yang."
"Yang? Jangan coba-coba gombalin gue."
Ting. Ada popup chat dari Alice, tapi Nindy cuma ngebaca aja dan itu bikin Jian heran.
"Kok diliatin aja? Dari Rean ya?"
Nindy menggeleng. "Alice, dia ngajak gue ngobrol abis kelas nanti siang."
Jian ngerti, Nindy pasti khawatir soal itu. "Mau ditemenin?"
"Nggak kok. Gue sendiri aja, bukannya lo mau nemenin Sharon nyariin jurnal ke perpus pusat?" Sebenernya Nindy pengen nyegah Jian buat nggak pergi sama Sharon, tapi dia nggak mau nyakitin temen Jian itu.
"Kan gue udah pernah bilang, kalo lo butuh gue pasti gue bakal ada buat lo."
Cewek itu tersentuh. Tapi nggak, ini urusan dia sama temennya sendiri. Lagipula dia rasa dia cuma bakal ngobrol biasa sama Alice kayak sebelumnya.
"Nope, gue sendiri aja. Nanti gue kabarin kalo udah selesai."
***
Nindy ngeliat Alice yang lagi duduk sendirian di taman fakultas seberang perpustakaan. Tadi Nindy bareng Jian ke sininya, tapi dia nyuruh cowok itu masuk sedangkan dia nyamperin Alice.
"Hey, Lis."
Alice mendongak, dia cuma tersenyum tipis dan mengisyaratkan Nindy buat duduk.
"Kenapa lo? Kok lesu banget? Mau ke kantin aja?" Tanya Nindy.
Alice menggeleng. "Gue mau ngomong terus terang. Gue suka Rean."
Nindy sudah tau, tapi ia masih nggak bisa nyembunyiin terkejutnya. Karena dia kira Alice nggak seterus terang ini. "Em, ok?"
"Gue tau, Nin. Gue tau lo waktu itu di sana. Waktu malam inaugurasi. Gue tau, Rean juga. Gue biarin dia nyamperin lo even after we did that."
Ini fakta yang baru Nindy denger. Dia nggak nyangka kalo Rean bisa pura-pura kaget, saat Nindy bilang dia liat semuanya. "Gue nggak sengaja."
"Hm gue tau, tapi Rean nyuruh gue buat jelasin ke lo. Kalo gue sama dia bukan apa-apa. Dia nggak mau bikin lo salah paham. Well, gue di sini ngajakin lo ketemu."
Nindy buru-buru menjelaskan agar sahabatnya itu tidak salah paham. "Lis, lo jangan salah paham. Gue udah nggak mau berurusan sama dia lagi. Gue nggak masalah kalo lo suka dia, tapi gue takut dia nggak bisa memperlakukan lo dengan baik."
Alice menggeleng. "Dia udah berubah, Nin. Tapi itu terjadi karena dia kehilangan lo."
"Apapun itu, gue gapapa kalo lo sama dia. But tell me anything, ok?" Nindy nunduk sejenak. "Jian confess ke gue semalem, Lis."
Alice terdiam. "Seriously?"
Nindy mengangguk lalu tatapannya menerawang ke bangunan perpustakaan fi depannya. "Gue nggak tau keputusan gue buat minta dia nungu itu salah atau nggak. Tapi gue lebih nggak tega buat nolak dia."
Alice menepuk pelan kepala Nindy. "Lo nyuruh dia nunggu karena lo belum lupain dia?"
"Kalo gue ngelupain dia kayaknya impossible, dia masih bakal lewat di depan mata gue. Tapi gue cuma pengen make sure aja kalo gue nggak jadiin dia pelampiasan doang. Jian nggak berhak digituin, kan? Even siapapun nggak berhak jadi pelampiasan."
Alice tersenyum, dia merangkul bahu Nindy. "Lo tau, Nin. Gue udah takut kalo lo bakal jauhin gue karena ini."
Nindy ketawa. "Gue lebih milih lo dibanding dia, Lis."
"Kalo gue patah hati, kayaknya seru minta tolong lo buat nonjok Rean nggak sih? Biar dia ngerasa sakitnya minimal nggak cuma fisik." Celetuk Alice membuat Nindy bingung. "Soalnya dia kan belum lupain lo, kata orang kalo lo denger kata-kata menyakitkan atau perlakuan nggak mengenakkan dari orang yang lo sayang. Itu bakal kerasa berkali-kali lipat lebih bikin lo terluka."
Nindy tertegun. Dia teringat hari itu, saat dia ngerasain rasa sakit yang teramat dari seseorang yang dia sayang. "Gue nggak tau harus jawab apa, Lis."
Alice tertawa. "Santai aja, gue bercanda kok. Jangan mikir macem-macem. Gue minta maaf karena nggak ngomong dari awal."
Nindy balik mengelus kepala temannya itu. "Alice udah gede, udah bisa sedewasa ini."
"Aaa Nindyyy." Cewek itu bangkit dari duduknya. "Sorry banget gue harus cabut ke fakultas lagi, ada kerkom di sana. Besok gue bakal ke kosan kalian oke?"
"Bawain jajanan." Canda Nindy yang akhirnya malah diangguki sohibnya itu sambil tertawa lalu pergi menjauh dari taman.
Nindy terdiam, kali ini dia merasa sedih. Meskipun sedari tadi Alice tertawa, dia bisa ngeliat ada tatapan sedih yang nggak bisa disembunyiin. Dan dia ngerasa bersalah karena itu. Lalu Nindy meletakkan ponselnya di telinga. "Lo masih di kampus nggak? Nice, gue mau ngomong soal sesuatu. Gue di taman perpustakaan pusat. Oke, gue ke deket pos satpam aja ya, Kak."
***
"Kok lo nggak balik, Nin?" Rean ngajak Nindy ke café seberang kampus pas Nindy bilang dia mau ngomong sama dia.
Nindy menggeleng lalu meminum sedikit lattenya. "Gue tadi ketemu Alice."
Rean langsung menatap Nindy. "Apa yang dia bilang?"
"Kenapa lo nyuruh dia jelasin ke gue pas lo sendiri tau dia suka lo, Kak?" Nindy menatap Rean dengan pandangan kecewanya.
Cowok itu berusaha menjelaskan ke Nindy. "Lo salah paham, gue ngomong gitu sebelum kita ketemu pas lo balik dari rumah, Nin. Setelah itu gue nggak bilang apa-apa ke Alice. Mau ngechat tapi dia ngeblock gue."
Nindy terdiam, dia dilema. "Tapi harusnya lo nggak ngomong gitu ke dia."
Rean menghembuskan napasnya kesal. "Nin gue tau lo sepenuhnya percaya ke Alice. Tapi gue juga serba salah, Nin. Kenapa lo nggak bisa ngeliat sisi positif sedikitpun ke gue?"
Nindy buru-buru meraih tangan pemuda itu. "Bukan gitu, Kak. Gue nggak berniat buat nyalahin lo. Tapi kayak, seeenggaknya lo mikirin perasaan dia kalo denger lo gitu."
Rean ngelepasin tangan Nindy dari tangannya. "Nin, gue tau lo sakit hati sama perlakuan gue waktu itu. Gue udah minta maaf berkali-kali. Gue juga sedih, Nin, gue sedih harus ngelepasin lo. Gue sesedih itu waktu lo bersikap dingin ke gue. Sekarang gue lebih kecewa karena lo nggak percaya ke gue."
Nindy menggeleng keras dia nggak bermaksud buat nyakitin Rean. "Gue cuma nggak pengen nyakitin siapapun, Kak. Gue nggak bermaksud nyinggung lo."
"Tapi lo bahkan nggak bertanya dan langsung nuduh gue? Seburuk itukah gue di mata lo, Nin?"
Menutup matanya sejenak lalu tersenyum pasrah. "Kak, maaf."
Rean tak menjawab apapun dan langsung ke kasir lalu pergi meninggalkan Nindy tanpa sepatah katapun. Meninggalkan cewek itu dengan perasaan yang campur aduk.
***
KAMU SEDANG MEMBACA
Stuck on You
Fanfiction"Lo pasti udah pernah denger ini, balikan sama mantan tuh ibarat lo baca buku yang sama. Endingnya tetep sama. Nggak ada yang berubah sama alurnya." "Tapi gue nggak akan tau kalo nggak ngebuktiin sendiri." "Dengan balikan sama mantan lo? Kenapa sih...