Ji?

105 19 3
                                    

Setelah Jayden nganterin dia balik ke Jian, Nindy ngerasa Jian lebih pendiem dari sebelumnya. Bener-bener nggak ngomong kalo nggak ditanya sama sekali.

Acara inaugurasi ditutup jam 9, Nindy sama Jian baru aja mau naik motor Jian pas Rean nyamperin mereka.

"Nin, baliknya sama gue yuk?"

Nindy terdiam, dia nggak bisa ngeliat Rean tanpa terbayang apa yang dia liat tadi. Tapi bukan urusannya juga, dan dia nggak pengen terlibat lagi sama orang itu. "Sorry, Kak. Gue sama Jian aja. Iya kan, Ji?"

Jian nggak jawab, tapi cuma nyerahin helm Nindy yang tadi pagi dia titipin di motor Jian karena dia bareng Jian.

Rean ngerasa Jian agak lebih pendiem dari biasanya pun heran. Namun pas cowok itu nggak nolak pas Nindy naik di jok belakangnya, Rean cuma terdiam dan akhirnya mengangguk. "Hati-hati, Ji, Nin."

Nindy mengangguk tanpa ekspresi sedangkan Jian nggak menjawab.

***

Esoknya Nindy sekelas mata kuliah seharian dia sama Jayden dan Jian. Dia pengen ngilang aja rasanya, meskipun katakanlah Jayden bilang dia cuma confess, tapi emang dikiranya Nindy nggak kepikiran? Oh tentu kepikiran, dia semalem ngerasa Jian juga kayak diemin dia, cuma ngomong pas pamit mau balik.

Dia di kelas yang sama sampe jam pulang, dan sekarang udah jam 12, masih dua jam lagi menuju jam pulang. Untung aja dia di sebelah Ardhan. "Dhan lo mau ke kantin nggak?" Nindy berbisik karena dosennya masih beresin barangnya dulu sebelum keluar.

Si Ardhan ngalihin pandangannya sekilas dari papan tulis ke Nindy terus balik lagi ke papan tulis lagi. "Iya, kenapa? Mau bareng?"

"Nitip aja, Dhan. Toast sama iced latte. Gue ngantuk banget, mau tidur dulu."

Ardhan heran tumben banget Nindy mau di kelas aja pas istirahat. "Nggak kelamaan lo nunggu gue makan dulu?"

Sebenarnya Nindy laper sih, tapi dia beneran lemes banget karena nggak sarapan. "Gapapa deh, gue lebih butuh tidur dulu."

"Lagi ada masalah?" Nindy diem, ini sebenarnya bingung harus jawab ini gimana. Tapi Ardhan ngerti kalo Nindy nggak jawab pertanyaannya.

Nindy senyum sekilas. "Biasa kok susah tidur aja, lagi kepikiran beberapa hal aja."

Pas dosen udah keluar, Ardhan pamit ke Nindy buat ke kantin. "Gue ke kantin dulu ya." Nindy cuma mengangguk dan berniat naruh kepalanya ke meja.

Jian keluar kelas dengan buru-buru, dia bahkan nggak nyapa ataupun noleh ke Nindy sama sekali. Mungkin dia ada urusan lain, batin Nindy. Sekarang malah Jayden yang nyamperin ke tempatnya.

"Nin, sakit?" Cowok itu duduk di kursi sebelah Nindy.

Nindy jawab tanpa mengangkat kepalanya. "Ngantuk doang, Jayd."

Jayden mengelus kepala Nindy. "Tidur aja dulu, nanti gue bangunin kalo udah jam masuk. Gue mau keluar, mau nitip sesuatu?"

Nindy menggeleng. "Udah nitip Ardhan tadi. Thanks, Jayd."

"Oke gue keluar ya, Nin." Jayden lalu keluar kelas dan ninggalin Nindy yang bukannya tidur tapi cuma menutup matanya dan pikirannya mikirin hal-hal yang dia cemasin.

***

Sekarang udah jam pulang dan dia males buat langsung pulang karena masih jam dua. Jadi dia nunggu Wina dulu yang kelar kelas jam 3. Nindy nunggu di perpustakaan fakultasnya sambil mainin ponselnya.

Dia berdecak saat baca popup pesan baru dari Rean. Semalem cowok itu nanyain terus dia udah sampe kosan atau belum, pas nggak dia balas dia nanyain lagi. Dia balas, lalu udah pesan cowok itu selanjutnya dia diemin. Eh ini ada lagi, ngajak ketemuan dia.

"Mau apalagi sih ni orang, gue ladenin tapi gue lagi nggak bisa mikir." Dia lagi mikir sambil matanya ngeliat sekeliling perpus. Dia ngeliat Jian sama Sharon -lagi, mereka udah mau keluar perpus tapi Nindy manggil Jian. Dia butuh temen ngobrol sambil nunggu Wina sejam lagi. "Jian,"

Cowok itu noleh, terus dia ngomong bentar sama Sharon, lalu nyamperin Nindy begitu Sharon ngangguk dan pergi dari perpus. "Lo sendirian?"

Nindy manggut-manggut. "Iya, Jayden balik duluan, gue masih nungguin Wina. Lo udah mau balik?"

Jian menggeleng. "Masih nunggu buat pendaftaran ukm dance nanti sore." Cowok itu nggak sesemangat biasanya, karena jujur aja dia takut kalo dia bersikap berlebihan, dia bakal berharap terus ke Nindy.

Nindy menyadari itu, dia sadar kalo Jian beberapa kali ngehindarin kontak mata lama sama dia. "Ji, sorry kalo gue ada salah sama lo. Lo keliatan canggung banget for sure."

"Nggak kok, gue biasa aja." Jawabnya cepat tanpa ekspresi.

Jian kayak berubah ke Jian yang sebelumnya. Jian yang tanpa ekspresi dan kayak orang asing ke dia. Nindy ngerasa dia baperan banget hari ini. "Sorry, Ji. Gue rada sensi banget hari ini." Senyumnya tipis.

Ponsel Nindy bergetar. Dari Rean. Dia ngeliat nama itu, dan angkat panggilan tanpa menyapa lebih dulu.

"Dimana, Nin? Udah balik belum?" Kata suara dari ujung sana. Nindy cuma berdehem. "Gue anterin."

"Nggak usah, gue sama Wina." Tanpa dengerin jawaban dari lawan bicaranya, dia putusin panggilan itu.

Nindy ngeliat ke Jian yang mainin ponselnya. "Ji kalo mau duluan gapapa, gue tadinya mau nyari temen ngobrol buat nunggu Wina."

Jian noleh sekilas. "Gue temenin."

Nindy agak nggak suka sama suasana di antara dia sama Jian kali ini. Tapi dia nggak mungkin ngusir Jian setelah dia yang panggil cowok itu, sampe dia ngebiarin Sharon pergi duluan.

"Ji," panggilnya pelan. Jian cuma berdehem. "Gue boleh cerita?"

Jian ngeletakin ponselnya lalu menyerongkan badannya ke arah Nindy. "Gimana?"

Hal itu malah bikin Nindy gugup. Jadi dia sambil mainin rambutnya. "Jayden bilang suka sama gue." Jian kayak nggak kaget sama perkataan cewek itu. "Tapi gue nggak jawab apa-apa."

Jian mengangkat alisnya. "Karena lo sendiri belum bisa ngelupain dia kan, Nin."

Nindy menggeleng. "Bukan itu, gue nggak nyangka Jayden kayak gitu."

Jian mengerutkan wajahnya. "Udah keliatan kali, Nin. Lo yang nggak ngerasa aja."

Nindy menghela napasnya. "Feelings the most complicated thing ever, sih. Gue bingung."

"Nin, you better don't take all the feelings. Gue nggak tau apa yang lo rasain sebenernya. But your heart knows it well." Dalam hatinya ia berharap ada sedikit ruang buat dirinya di hati cewek itu. "Ask yourself, gue tau ngelupain seseorang itu nggak gampang. Tapi ngerelain hal yang udah berlalu buat berlalu bakal ngebantu lo. Hati itu luas nggak terbatas, lo tau. Tapi semuanya punya tempat masing-masing. Kayak misal, gue pasti punya tempat tersendiri, meskipun nggak di ruang yang tadinya ada buat Rean."

Nindy tersenyum ke Jian. "I'm enlightened." Jawaban cewek itu bikin Jian jadi kikuk. "Anyway udah jam 3, gue mau nyamperin Wina dulu ya. Thanks udah nemenin gue." Lalu cewek itu memakai tasnya dan pergi dari perpustakaan ninggalin Jian yang sedang mencerna juga kata-katanya sendiri tadi.

Stuck on YouTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang