Balik dari nemenin Jian ketemu Sharon, dia disuruh cowok itu buat nyamperin Wina, Alice, sama Jayden di kantin teknik. Sebenernya bukan dia tiba-tiba nyamperin, tapi Jian yang niat mau nyamperin mereka dengan diem-diem bawa Nindy. Dia pengen ini sohib bertiga baikan, ikut sedih aja gitu kalo liat trio paling solid di kelasnya ditambah Alice yang beda fakultas diem-dieman."Masih di sini aja kalian." Jian nyamperin tiga orang itu.
Pas dia sampe di depan mereka, dia ngode Nindy buat muncul dari belakang mereka. "Gue boleh duduk?" Tanyanya sambil niat duduk di sebelah Jian yang juga di seberang Alice sama Wina.
Wina keliatan nggak peduli dan malah pura-pura fokus makanin siomaynya, sedangkan Jayden fokus ke gamenya. Cuma Alice yang meskipun ekspresinya datar tapi dia ngangguk ke Nindy. "Duduk aja."
Nindy duduk meskipun agak nggak nyaman karena keberadaan dia kayak nggak dianggap. Pas dia noleh ke Jian, cowok itu cuma nyaranin dia buat langsung ngomong aja. "Gue minta maaf kalo kesannya nggak ngehargain kalian." Setelahnya dia ngeliat respon ketiga sohibnya.
Jian melihat itu berniat buat ninggalin mereka berempat biar bisa ngomong dengan bebas. Tapi Jayden nyegah dia. "Kalian jangan gitu, dengerin Nindy dulu. Gue di sebelah sana kalo kalian nyariin." Cowok itu berdiri dan jalan ke arah meja kosong agak jauh dari mereka.
Setelah Jian pergi, Nindy nggak natap mereka. Tapi dia ngelanjutin kata-katanya. "Terserah kalian mau dengerin gue atau nggak, tapi gue cuma mau ngasih dia kesempatan buat ngomong apa yang pengen dia omongin." Reaksi Jayden sama Wina denger itu langsung berdiri. Wina bahkan udah berbalik mau jalan ninggalin meja. Nindy tetep ngelanjutin omongannya. "Gue nggak balikan sama dia, karena gue dengerin kalian."
Yap, dengan satu kalimat itu Wina sama Jayden duduk lagi. "Terus? Apa yang kalian omongin waktu itu?" Kali ini Wina yang tanya.
"Dia ngajak gue balikan tapi gue nggak mau, pas akhirnya gue bilang mending temenan aja dan dia setuju ya udah." Nindy ngambil gelas Jayden yang masih penuh sama thai tea.
Jayden ngambil balik gelasnya. "Enak aja, pesen sana ntar gue bayar. Tapi lo kenapa sih malah masih mau berurusan sama dia?"
"Biarin lah, nggak ada yang salah dengan mantan jadi temen." Alice nyomot kentang goreng di piring Jayden yang bikin cowok itu mendengus sebal. Tapi dia biarin.
"Mantan pacar jadi temen, kalo sampe jadi pacar lagi awas aja." Wina melotot ke Nindy yang langsung memasang ekspresi pura-pura takut.
"Nggak nggak, udah jangan musuhin gue lagi. Eh udah baikan kan? Gue panggil Jian balik sini ya?" Dia menoleh ke meja Jian yang ternyata lagi nggak sendirian. Ada cewek cantik di depannya. Mood Nindy jadi down ngeliat itu.
Wina yang sadar sama perubahan ekspresi Nindy langsung nyeletuk iseng. "Jian tuh cassanova loh, Nin. Walaupun dia nggak yang beken banget kayak mantan lo, tapi siapa yang nggak suka sama orang modelan Jian. Tapi coba liat cara dia nanggepin cewek itu sama cara dia nanggepin lo."
Nindy nggak ngerti. Alice jadi greget sendiri liatnya, dia narik tangan Nindy. "Gue temenin buat nyamperin dia. Gue mau pesen lagi, lo ajak dia ke sini. Kalian berdua," tunjukknya pada Jayden dan Wina. "Amatin respon Jian."
Nindy pasrah aja ditarik Alice. Pas sampe di samping meja Jian dan cewek itu. Mereka noleh. "Eh kenapa, Nin? Udah?" Cowok itu reflek berdiri. "Mau balik ke sana? Apa mau ke kelas aja?"
Nindy gelagapan. Dia grogi diliatin dari atas sampe bawah sama cewek itu. Tapi dia noleh ke Jian. Cowok itu excited banget, beda sama reaksi dia pas dengerin cewek itu. Nindy jadi tertarik buat improvisasi. "Ji, mau temenin gue pesen? Ntar balik ke mereka kok." Lalu dia noleh ke cewek itu yang cuma diem. "Tapi ini temen lo gimana?"
Cewek cantik yang nggak dia tau namanya itu belum sempet jawab, tapi Jian yang jawab. "Viona mau balik ke kelasnya. Iya kan, Vi? Gue temenin Nindy dulu ya. Besok lanjut lagi ngobrolnya." Jian terus narik tangan Nindy buat pesen ke kantin.
Dari jauh Wina dan Jayden saling senyum. Dan Alice yang mau balik ke meja mereka juga ngacungin jempolnya ke Nindy yang ngelirik ke dia sambil ketawa tanpa suara.
***
Selesai kuliah hari ini, Nindy berniat buat ke Art Expo di GOR tengah kota. Dia lagi beresin bawaannya dan masukin ke tas saat ada pesan masuk.
Kak Rean
Gue tau lo mau ke art expo kan? Bareng gue yuk, gue udah beli tiket dua. Udah sold out juga kalo lo baru mau beli. Gue udah di sini, di café Classic.Cowok itu ngefotoin juga dua tiket yang Nindy pengenin. Dia ngelirik jam tangannya yang nunjukkin jam 4 sore. Apa gue nyamperin dia aja ya?
Dia noleh ke temen sebangkunya, Wina. Nindy nepuk pelan bahu cewek itu. "Apa?"
Nindy dengan sekali napas ngomong dengan pelan. Takut Jian denger. "Gue mau ke art expo, tapi udah sold out tiketnya. Jadi gue nitip Kak Rean yang udah di sana. Lo nggak usah mikir macem-macem, Jayden juga. Gue cabut sekarang. Bye Wina sayang."
Jian yang denger Nindy pamit langsung megang tangan cewek itu. "Nin mau kemana? Gue anter."
Nindy buru-buru tapi dia nggak enak sama Jian setelah cowok ini baik banget udah bantu dia buat baikan sama sohibnya. "Ji, gue mau ke art expo. Sorry banget gue buru-buru. "
Jian ngangguk dan narik tangan Nindy. "Gue anter."
Nindy pasrah. Ya udahlah yang penting gue mau sampe sana cepet-cepet, keburu promo alat lukisnya abis. Gitu pikirnya.
***
Kali ini Nindy menyesali kepasrahannya buat ngikut Jian. Ternyata cowok itu bawa mobilnya Sharon, kata Jian dia mau nganterin cewek itu servis ke bengkel. Nindy baru tau juga kalo Jian nggak bawa motornya hari ini. Berakhirlah dia di kursi belakang, lagi dengerin obrolan Jian sama Sharon tentang masa remaja mereka yang tumbuh bersama.
Nindy cuma natap datar saat Jian ngeliat dia dari kaca depan. Cewek itu ngeliat ke luar mobil. Dia ngerasa agak nggak nyaman di sini, apalagi meskipun Sharon ramah ke dia. Pasti dia ngerasa nggak nyaman ada orang asing di mobilnya.
Di tengah memikirkan hal-hal itu, panggilan dari Rean masuk. Dia ngelirik Jian sebentar sebelum ngangkat telpon. "Gue lagi otw, Kak. Lo masih di café?"
"Sama siapa? Masih, gue nunggu di paling deket pintu café."
"Nebeng Jian. Oke nanti gue samperin. Thanks, Kak."
"Yo, Nin. Anytime."
Panggilan berakhir ketika mereka sampe di bengkel langganan Sharon. Tinggal di ujung dikit udah GOR. Dia berniat jalan kaki sendirian ke sana.
"Lo janjian sama siapa di sana?" Jian bertanya saat udah balik nemenin Sharon buat ngurus administrasi.
Nindy berniat berterimakasih sama Sharon dan pamit buat pergi. "Sama Kak Rean, Ji." Dia agak nggak enak nyebut nama Rean, tapi mau bohong juga ngapain. "Gue duluan ya, makasih Sharon, udah ngijinin gue nebeng. Gue duluan juga, Ji. Thanks ya udah nganterin sampe sini."
Mimik wajah Jian udah berubah sejak Nindy jawab dia janjian sama Rean. Waktu Nindy pamit ke dia, dia berniat buat nyegah Nindy lewat tatapan matanya. Karena dia rasa nggak mungkin buat nyegah lewat omongan, setelah confess Sharon tadi siang.
Tapi sialnya Nindy nggak peka dan cuma bilang. "Santai aja, karena dia udah book-in tiket jadi gue bareng dia. Thanks a lot buat tadi siang, I owe you a treat, duluan, Ji." Kata cewek itu sambil senyum lebar ke Jian. Dia bukannya nggak sadar kalo Jian nggak pengen dia pergi, but art things itu hal yang sulit banget buat dia tolak. Sorry, Ji. Aint a date, I swear. Batin Nindy.
KAMU SEDANG MEMBACA
Stuck on You
Fanfiction"Lo pasti udah pernah denger ini, balikan sama mantan tuh ibarat lo baca buku yang sama. Endingnya tetep sama. Nggak ada yang berubah sama alurnya." "Tapi gue nggak akan tau kalo nggak ngebuktiin sendiri." "Dengan balikan sama mantan lo? Kenapa sih...