28. Kakak-Adek

8 3 0
                                    

Rafael

Baru berapa step latihan, gua memutuskan turun ke dapur. Karena gua lupa mengambil air minum. Saat melewati kamar Bang Daniel, kamarnya terbuka sedikit. Gua liat Bang Daniel masih tidur. Gua masuk ke kamarnya diam-diam.

Selama ini gua baru tau kalo di kamarnya dipenuhi foto-foto polaroid cewek incarannya. Foto-foto itu ditempel penuh di tembok dan di langit-langit kamar, ada juga yang digantung kaya jemuran. Foto cewek itu kenapa mirip semua? Pas gua amatin ternyata cuma foto dua orang yang berbeda tapi wajahnya mirip. Nggak cuma foto, banyak botol-botol miras bekas yang masih disimpan rapi memenuhi etalase kayu.

Gua duduk di depan komputer yang menyalahkan gambar CCTV di kamarnya. Ternyata operator CCTV nya ada disini. Di meja komputer banyak barang bergeletakan. Ada kamera gua yang dipinjem seminggu yang lalu, flashdisk, dan hape yang pecah screennya.

Gua coba buka isi memory card kamera gua lewat komputer itu. Di dalamnya banyak foto cewek tomboy yang gua pulangin tadi. Cewek itu pake dress dan angle yang berbeda-beda. Cuma ada beberapa foto yang pencahayaannya kurang. Gua scroll foto di slide terakhir ada dua video. Gua mulai memutar video itu.

"[Apaan sih lu, Es Batu?]" teriak cewek itu meronta-ronta.

"[Lepasin gua Es Batu!]"

"[Gua bukan es batu, gua manusia!]" jawab Bang Daniel kesal.

"[bring the girl into my room!]" suruh Bang Daniel pada anak buahnya.

"[Lu itu siapa sih, kenapa mirip sama Bella. Lu pasti Bella kan?]" tanya Bang Daniel sambil ngiket tangan cewek itu yang udah bersandar di sofa.

"[Saha Bella?]" tanya balik cewek itu memejamkan matanya.

"[Lu Bella kan? JAWAB!]" bentak Bang Daniel.

"[Gua bukan bella, Gua Aurel.]" jawab cewek itu lemas.

"[Nama Gua... ituh Aurel Laurensia,]" lanjutnya.

"[Bohong, jan-jangan lu ganti nama depannya doang.]" elak Bang Daniel, memegangi leher dan memeluknya dari belakang.

"[Ga percaya, tanya sono ke emak gua,]"

"[Kalo foto ini,Coba liat deh!]"

"[Itu... itu kakak gua. O iya gua lupa kalo gua punya kakak cewek namanya Arabella Laurentcia. Gua panggilnya kak Abel, cuman gua ngga tau dia sekarang ada dimana.]"

"[Oh...Sweety punya kakak kalo pacar punya gak?]"

"[Punya dong masa engga. Pacar gua ganteng, lucu, baek ngga kaya lu wlee....]" ledeknya. Cewek itu berusaha melepaskan pelukan Bang Daniel.

"[Namanya siapa, sweety?]" tanya Bang Daniel yang terus mengikat kaki.

"[Kang cendol Hehehe....]"

"[Tukang cendol mana ada yang ganteng,]"

"[Ada dong kan pacar gua,]"

"[Kalo gua ganteng ga?]"

"[Iih... Gantengan pacar gua,]"

"[Lu ngga ganteng...pacar gua ganteng, pokok na mah pacar gua ganteng. Elu ngga ganteng, lu ngga ganteng.]" cewek itu terus-terusan membeo nggak jelas hingga tertidur.

Di video itu Bang Daniel mengeluarkan tali dari tas. Dan mulai memainkan tali, menjerat seluruh tubuh cewek itu. Cewek tomboy itu keliatan udah teler. Dia sama sekali nggak berontak kaya tadi. Video berakhir disitu.

"Adek kecil gua ngapain disini?" tanya Bang Daniel menarik kursi yang gua pakai duduk. Rupanya dia sadar gua masuk kamarnya.

"Cuma ngecek CCTV," jawab Gua santai.

"Nggak usah kepo dedekkuh, minggir gua mau mindah data!" usirnya.

Gua sama sekali nggak bangkit dari kursi. Gua masih pengen liat semua isi memory card yang dipasang di kamera gua.

"Minggir gua mau duduk disitu beruang kutub, kalo nggak mau yaudah." ucap Bang Daniel duduk di pangkuan gua.

"Lu habis ngapain sih, nggak pake baju segala?" tanya sambil memindahkan data.

"Gerah habis workout," jawab Gua.

"Lu tadi kayaknya care banget sama Aurel, sampe kepo segala lu suka ya sama dia?" tanya Bang Daniel.

"Nggak. Kelamaan bang, lu mindah datanya satu-satu gitu." jawab Gua merebut mouse.

Gua pindahin semua datanya ke komputer. Bang Daniel jadi nyuruh pindahin file yang ada di handphone nya sekalian. Gua singkirin tubuh Bang Daniel yang bikin gua tambah gerah. Dia sibuk dengan kamera polaroidnya.

~ ~ ~

Aurel

Suara ayam berkokok yang bertengger di atas atap kamar gua bikin gua bangun. Entah ayamnya siapa berisik banget minta dipotong. Kan enak tuh dibikin opor. Aduh, cacing diperut gua jadi minta jatah di pagi buta gini.

Gua bangun dari tempat tidur kebelet pipis. Gua melangkah perlahan menuju kamar mandi, karna kaki gua masih sakit banget. Paha dan betis gua penuh memar-memar. Abis ini gua mau ke dapur nyari makan. Gua tidur dari siang setelah nangis bombay penuh drama ama Trio Kamvret. Mata gua jadi sembab udah gitu susah melek.

Gua liat jam dinding yang dipasang di atas meja makan dari kejauhan. Jarum jam pendek mengarah diantara angka tiga dan empat. Pantesan dingin banget, rasanya sampe nusuk tulang. Gua berjalan meraba-raba tembok nyari saklar lampu dapur.

Dari dapur kedengeran suara gelotekkan piring. Kek ada orang makan deh. Bukannya Bunda udah tidur, Om Jo juga lagi jaga malem. Gua cepet-cepet nyalaiin saklar lampu dapur. Kali aja ada maling numpang makan.

Setelah lampu nyala, ternyata bukan manusia yang lagi makan. Gua teekejoed liat tikus-tikus lagi party di tumpukan piring di atas wastafel yang belum dicuci ama Bunda. Hampir aja gua treak. Gua kalo teriak satu RT bisa bangun ini. Tikus-tikus itu langsung kabur liat gua. Mungkin takut liat muka gua yang acak-acakan gini.

"Anjir...." ucap Gua pelan.

Gua buka tudung saji di atas meja makan. Nasi ama lauk yang tinggal sisanya berceceran. Udah pasti ulah tikus-tikus tadi. Kalo tikus berdasi udah gua hajar ini. Gua ngga disisaiin makanan. Sisa juga gua ngga makan sih, udah diinjek-injek tikus.

Gua buka kulkas kecil di pojokan dapur. Di dalemnya ngga ada telor, adanya sawi bakso satu iket doang. Hadeuh, ribet amat gua kalo harus masak sawi pait itu. And the end, gua nemuin sebungkus mie instan di lemari atas kompor.

Gua rebus mie ama sawi baksonya. Sambil nunggu airnya mendidih gua beresin meja makan dulu. Sisa-sisa makanan gua lempar ke halaman belakang biar di makan ayam tetangga. Nah piring-piring kotor gua cuci selese makan. Emang paling enak pas dingin-dingin gini makannya mie kuah. Gua juga ngga lupa bikin teh manis anget.

"Busyet! Nih bocah kirain nggak bakal bangun taunya lagi makan," gerutu Bunda berkacak pinggang di depan gua.

"Aelah bunda...ngagetin tau baru mau mangap." keluh Gua menaruh lagi sendoknya.

"Kirain tadi yang gelotekkan tikus, nggak taunya kamu." ucap Bunda memegang kening Gua.

"Udah noh, tikus lima ato enam ekor party. " Jawab Gua sambil niup makanan pelan-pelan.

"Astaga-naga ini cucian piring jadi berantakan gini!" Bunda makin emosi.

"Gausah marah-marah, ntar Aurel beresin. Tapi abis tuh mau lanjut tidur." Gua coba nenangin bunda.

"Heh, berangkat sekolah malah tidur!" suruh Bunda.

"Besok aja, kaki, kepala masih sakit, ditambah mata sembab ngga bisa melek. Bunda buatin surat ijin aja," suruh Gua balik. Gua cepet-cepet ngabisin makan ama tehnya terus nyuci piring.

"Ngeles mulu," sewot Ibunda sambil masak air.

~ ~ ~

Sweet Ice TeaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang