😻 Pengantar Singkat 😻

6.4K 231 33
                                    

The Chain of Longlast Love

[rantai cinta jangka panjang]
_________________

Karya ini sebetulnya S2 dari "The Hope of Shooting Star", yang artinya kedua judul saling berkaitan. Di sana dikisahkan usia MileApo sama-sama 15. Sehingga berjalan layaknya remaja biasa yang saling tertarik.

Kemudian pada S2 versi sebelumnya "After 16 Years", MileApo menjalani hubungan age-gap yang lumayan besar, yakni 17 tahun dan 31 tahun. Sebab Apo perlu reinkarnasi dulu setelah kematiannya, sebelum kemudian menjadi sosok manusia. Waktu menulis aku mencari referensi dari beberapa artikel, bahwa usia minimal menikah di Thailand adalah 17 tahun (dengan seizin orangtua + negara), dan 20 tahun (pada rata-rata normalnya) menurut KUHP Perdata dan Komersial. Jadi aku sempat berpikir tidak masalah.

Namun, setelah mendapat teguran pada karya "The Emperor's Omega", yang salah satu scene di mesin waktu berisi adegan minor dalam hubungan seksual, aku mencoba lebih aware daripada sebelumnya. Oleh sebab itu, aku memutuskan mengedit S2 "After 16 Years" ke versi "The Chain of Longlast Love", yang mana saat adegan seks nanti terjadi, usia Mile aku turunkan ke 27, dan usia Apo aku naikkan ke 19, supaya detail age-gap-nya berkurang banyak.

Sebagian bertujuan menyesuaikan kondisi pembaca di Indonesia, yang mana ketentuan minimal menikah di negara ini adalah 19 tahun. Meski jika ditilik dari S1 kurang masuk akal dalam proses reinkarnasinya, dari (15+15) menjadi (19+27). Tapi tak masalah. Aku sudah diskusi dengan eMJe_10, bahwa beliau tidak keberatan dengan usia berubah tersebut (jika ingin lebih masuk akal, aku bisa saja menulis S1 versiku sendiri, tapi kuurungkan karena ini karya kolaborasi).

Kami berdua ingin "The Hope of Shooting Star" dan "The Chain of Longlast Love" tetap menjadi satu kesatuan, sebagai tanda bahwa kami saling menerima kekurangan karya satu sama lain. Untuk masa-masa pacaran, Apo tetap 17 tahun dan Mile 25 tahun (tidak ada aktifitas seks selama periode ini). Aku dapat menkonfirmasi bahwa seks pertama mereka setelah menikah.

Kami harap versi revisi bisa disajikan lebih proper lagi. Semoga kalian dapat menerima ketentuan-ketentuan baru yang kami berikan.

Salam,

eMJe dan Renji

𝐓𝐇𝐄 𝐂𝐇𝐀𝐈𝐍 𝐎𝐅 𝐋𝐎𝐍𝐆𝐋𝐀𝐒𝐓 𝐋𝐎𝐕𝐄 ✅Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang