01. Tentang Arutala

3.2K 188 3
                                    

Terikat Namun Tak Bertali Ke Satu: Tentang Arutala

"Jika kau sudah tak bisa tersenyum lagi maka lihatlah bulan. Dulu aku menjadikan bulan sebagai sahabatku, sebab ia selalu memancarkan cahayanya ditengah gelap gulitanya malam. Sama halnya ketika aku mencari cahaya ditengah-tengah gelapnya hidupku. Dan kau tau apa yang ku temu? Yah! Tuhan."
-Jupiter.

Bunga itu indah bukan? Juga bisa mewakilkan sebuah perasaan yang kadang lebih memilih untuk terpendam sia-sia. Contohnya bunga baby breath yang mengandung makna cinta yang abadi, dan mawar hitam yang memiliki makna perpisahan.

Juga semesta, yang kadang dijadikan seorang penyair untuk menggambarkan perasaan cintanya. Contohnya pula senja, indahnya senja yang hanya fana layaknya hubungan kita yang indah namun hanya sementara.

Tak ada yang lebih teka-teki daripada takdir. Sebuah hubungan yang terikat kadang kala juga harus berakhir kandas. Dan hubungan yang tak pernah direncanakan kadang kala bisa membelenggu dua jiwa yang jauh.

Sebuah hubungan yang tak sempurna ini akan mengajari bahwa tak selamanya mencintai harus memiliki. Dan di dalam cinta, tentu ada yang namanya pengorbanan.

Tak ada yang lebih menghancurkan seorang anak kecuali perpisahan kedua orang tuanya. Dan tak ada yang mampu membuat seorang anak perempuan iri kecuali cinta seorang Ayah yang gagal ia dapatkan.

Pula seorang gadis, tak ada yang mampu menghancurkannya melebihi ketika kesuciannya direnggut. Atau disebut juga Trauma Medusa.

Bagaikan bingung, seorang anak yang menjadi korban atas perceraian orang tua seringkali tak lagi percaya akan cinta.

"Tuan, cinta itu apa?"

"Mengapa kau menanyakannya, Nona?"

"Sebab aku tidak pernah merasakan cinta dari ayahku. Tolong ajari aku cinta, Tuan. Tolong juga, ceritakan padaku bagaimana indahnya cinta," pinta Winnie.

Tidak salah bukan? Jika Winnie sudah tak percaya cinta akibat ulah orang tuanya.

"Baiklah, Nona. Pertama-tama aku ingin menceritakan sedikit tentang bunga kadupul. Konon katanya, kadupul atau Epiphyllum Oxipitalum, adalah bunga yang tak ternilai harganya. Sebab, bunga ini tak bisa dipetik, karena hanya mekar selama dua jam. Digelari juga ratu malam, sebab mekarnya di tengah malam."

"Unik bukan? Begitu pula cinta, aku akan mencintaimu dengan cara yang berbeda. Aku harap kau mengerti, sebab cinta itu sebenarnya indah, Nona. Hanya saja kau yang belum merasakannya." Jupiter sedikit menyungging senyum.

"Indah dari mananya, Tuan? Jika cinta itu indah, lantas mengapa orang tuaku pisah?" jawab Winnie yang berhasil membungkam Jupiter.

Setelah terdiam selama beberapa detik, Jupiter kembali bersuara, "Mungkin mereka tak tahu keindahan cinta. Kesucian cinta, kemurnian cinta, dan juga kesetiaan cinta. Jadi ... Nona, kau ingin kucintai seperti apa?" tanya Jupi, dan kali ini Winnie-lah yang terdiam.

"Tuan, jika kau tak berniat untuk menepati cinta itu maka jangan mencobanya, Tuan. Aku tak ingin di buat tak percaya cinta untuk kedua kalinya."

Terikat Namun Tak Bertali [ SELESAI ]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang