Terikat Namun Tak Bertali Ke Dua Puluh Tiga: Aku Ingin Menjadi Ikat Rambutmu.
"Aku ingin menemanimu saat kau sedih, saat kau senang, hingga saat kau tak tenang. Layaknya ikat rambut itu, yang selalu ada pada dirimu apapun keadaanmu.
-Jino(Andam Karam)•
•
•
Kelainan genetik dalam tubuh orang tidak hanya menyebabkan penyakit down syndrome atau perbedaan bentuk fisik pada seseorang. Banyak dampak yang di alami seseorang ketika memiliki kelainan genetik dalam dirinya, salah satunya adalah penyakit Porfiria.
Porfiria menyebabkan seseorang yang mengalami kelainan genetik ini menghindari sinar matahari dan berlaku seperti vampire. Ini yang membuat penyakit ini dikenal juga dengan istilah vampire disease.
Porfiria adalah kondisi seseorang yang mengalami kelainan genetik akibat proses pembentukan heme yang tidak sempurna. Heme adalah bagian yang penting dari proses pembentukan sel darah merah yang membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh.
Heme di bentuk oleh sejumlah enzim sehingga salah satu enzim di dalamnya tidak boleh kurang atau rusak. Ketika satu enzim rusak atau kurang mengakibatkan proses pembentukan heme tidak sempurna dan meningkatkan penyakit Porfiria.
Gejala Porfiria:
Gejala Porfiria tergantung dari jenis Porfiria yang di derita oleh seseorang. Porfiria tidak menimbulkan gejala khusus, sehingga seseorang perlu melakukan pemeriksaan untuk mengetahui adanya Porfiria pada tubuhnya.
1. Porfiria Akut.
Porfiria akut biasanya menyerang sistem saraf. Gejala yang di timbulkan adalah nyeri pada otot tubuh dan menyebabkan kelumpuhan atau kesemutan. Tidak hanya itu, Porfiria akut menyebabkan masalah buang air kecil dan pencernaan pada pengidapnya. Biasanya, urine akan berubah warna menjadi coklat atau merah dan pengidap akan mengalami sembelit, mual, dan muntah. Selain itu, pengidap Porfiria akut juga mengalami gangguan pernapasan.
2. Porfiria Kulit.
Gejala Porfiria kulit muncul ketika pengidap terpapar sinar matahari dalam jangka waktu yang cukup lama. Gejala yang muncul adalah sensasi terbakar pada kulit ketika terkena sinar matahari, kulit menjadi rapuh, kulit terasa gatal-gatal dan bengkak, disertai perubahan warna kulit yang menjadi pucat. Tidak hanya itu, Porfiria kulit menyebabkan kulit melepuh khususnya pada bagian wajah.
3. Porfiria Campuran.
Jenis Porfiria campuran menimbulkan gejala yang dialami oleh pengidap Porfiria akut dan Porfiria kulit. Gejala kedua jenis Porfiria bisa timbul secara bersamaan. Pengidap akan merasakan masalah kulit, sistem saraf, dan bahkan masalah mental.
Penyebab Porfiria:
Secara umum, penyebab Porfiria adalah kelainan genetik pada tubuh seseorang. Namun, ada beberapa penyebab lain yang bisa meningkatkan risiko mengalami penyakit Porfiria pada seseorang:
1. Sinar Matahari.
Seseorang yang mengalami kondisi Porfiria tidak akan tahan terpapar sinar matahari dalam waktu cukup lama.
2. Faktor Keturunan.
Porfiria bisa disebabkan karena salah satu orang tua mengalami Porfiria sebelumnya. Warisan genetik yang rusak atau kurang sempurna dari orang tua dapat menyebabkan seseorang mengalami Porfiria. Biasanya, pengidap tidak langsung menunjukkan gejala-gejala dari Porfiria.
KAMU SEDANG MEMBACA
Terikat Namun Tak Bertali [ SELESAI ]
RandomPadma Arumi, gelar yang Jupiter sematkan untuk Winnie. Padma yang bermakna teratai merah, dan Arumi yang memiliki arti wangi. Diambil dari diksi. Bukan tanpa alasan gelar itu Winnie sandang, pasalnya gadis itu terlahir dengan rambut merah, serta mem...