Dua

1.7K 274 29
                                    

"Sampai kapan sih kamu mau terus begini, Gir? Sudahlah. Kamu sendiri dulu juga nggak bisa tegas. Coba kalau dulu kamu nggak ngeladenin Melitha. Pasti sekarang kamu sudah bahagia." Kemala sebenarnya sudah terlalu lelah dan juga bosan karena sang adik terus-menerus menyiksa diri dalam lamunan.

Sejak pernikahan Davinsha dengan Kennan setahun yang lalu, hingga kini Giri belum berhasil move on dari sosok perempuan yang amat sangat dicintai oleh lelaki itu.

Giri betul-betul menyesal karena bersikap impulsif. Menjanjikan untuk menikahi Melitha setelah perempuan itu mengalami kecelakaan tunggal, karena mencuri mobilnya dan sengaja menabrakkan diri ke pembatas jalan tol.

Pun setelah menikahi Mel, rupanya masalah tidak berakhir begitu saja. Melitha yang posesif dan pencemburu itu terus-menerus menuduh Giri masih mencintai Davinsha. Tiada hari tanpa pertengkaran. Pernikahan mereka seperti lubang neraka, hingga akhirnya berakhir setahun kemudian ketika Mel memutuskan bahwa dirinya tidak ingin hidup dalam belas kasihan Giri atau pun bayang-bayang Davinsha.

Hanya saja, setelah setahun kemudian, Mel kembali datang pada Giri dan meminta untuk diselamatkan. Kali itu perkaranya adalah Mel hamil. Dan anak itu adalah anak dari guru lukisnya. "Mami nggak izinin aku buat nikahin Janu, Gir." Curhat Melitha kala itu sambil berurai air mata. "Padahal aku udah suka banget sama dia."

Giri tidak tahu harus menjawab apa. Tapi dia terus mendengarkan. Intinya, Melitha bisa menemukan kebahagiaan lewat pelukis yang berusia lima belas tahun lebih tua darinya itu. "Mami minta supaya aku balikan sama kamu." Kata Melitha di tengah sesunggukkannya kala itu. "Tapi aku tahu, seberapa pun kuatnya aku masuk, masih tetap ada dia di hati kamu."

"Maafkan aku, Mel. "

"Itu bukan salah kamu lagi sekarang. Pada akhirnya kalau kita sama-sama menderita seperti ini. Kamu sama Davinsha nggak bisa sama-sama. Aku juga nggak bisa memiliki kamu. Atau Janu. Aku sungguh-sungguh menyesal."

Giri hanya tersenyum sendu menanggapi perkataan mantan istrinya itu. Semenjak itu, keduanya memang memutuskan untuk bersahabat.

Segalanya telah terkendali di saat yang benar-benar terlambat. Giri ingin kembali pada Davinsha, di saat perempuan itu sudah menemukan pengganti dirinya.

Dan setahun belakangan, Giri semakin terobsesi pada pekerjaannya. Kembang Lawang kini sudah memiliki 57 cabang yang tersebar di seluruh penjuru Jawa, Bali dan Sumatra. Panda Grill tak hanya menjual sosis dan hot dog, melainkan melebarkan sayap ke es krim, pizza dan burger. Kini dia memiliki 17 food truck yang tersebar di Jabodetabek. Begitu pun bisnis makanan olahan yang ia rintis dua tahun lalu, kini sudah mulai stabil pergerakannya.

Intinya, di usia yang ke 35 ini, Giri nyaris memiliki segalanya. Mencapai kesuksesan. Hanya saja kisah asmaranya harus terjun bebas.

"Gimana keadaan Mbak hari ini?" lelaki itu dengan sengaja mengalihkan topik pembicaraan. Ia tahu, Kemala sangat ingin melihat Giri menikah dan hidup bahagia.

Terlebih setelah kakak perempuannya itu divonis bebas dari kanker payudara yang sempat menggerogoti tiga tahun silam. "Nggak usah ngalihin pembicaraan. Mbak tahu kamu ini kesepian."

"Semua orang pada akhirnya juga bakalan kesepian."

"Apa kamu nggak pengin kayak Ardha sama Bagas? Mereka bahkan sekarang sudah pada punya anak. Sementara kamu? Pacar aja nggak jelas kok hilalnya. Mbak tuh sampai khawatir kalau-kalau lama-lama kamu jadi belok."

Giri tahu kalau kakaknya itu sedang melantur, sehingga ia tidak terlalu ambil pusing dengan omongan Kemala kali ini. "Mbak, kalo aku udah nemuin orangnya, pasti aku juga bakalan nyusulin Ardha sama Bagas."

It's Start With Broken Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang