Baru setelah mobil jip itu melewati pintu putih keperakan, Shang Jianyao dan Long Yuehong beradaptasi dengan cahaya di luar. Mereka menurunkan lengan kanan, melebarkan mata, dan melihat ke luar jendela.Setelah mengatasi kengerian awal yang tak terlukiskan, mereka melihat langit biru cerah dihiasi awan putih dengan berbagai bentuk, sekawanan burung yang terus-menerus mengubah formasi, dan dinding gunung yang berkilauan dengan cahaya keemasan redup di bawah sinar matahari.
“Matahari... Matahari!” teriak Long Yuehong ke arah bola api besar berwarna oranye-kuning di langit. Dia menatap bola api itu. Meskipun matanya perih dan air mata mengalir, dia tidak sanggup mengalihkan pandangan.
“Jangan menatap matahari dalam keadaan seperti itu. Matamu sakit! Kalau kamu benar-benar ingin melihatnya, ini dia.” Jiang Baimian menyetir sambil mengeluarkan sebuah benda dari kompartemen sandaran tangan dan menyerahkannya kepada Long Yuehong.
Long Yuehong—yang sedang bersandar di jendela kaca—berbalik dan melihat sepasang kacamata berwarna hitam.
“...Kacamata hitam!” Dia mengingat kembali ilmu yang telah dipelajarinya dan menemukan nama yang sesuai untuk ilmu itu.
Pada saat ini, Shang Jianyao berbalik dan berkata, “Jika kamu tidak ingin memakainya, aku yang akan memakainya.”
Long Yuehong menoleh dan melihat mata Shang Jianyao merah seolah-olah air mata akan jatuh kapan saja.
“Haha, kamu juga menatap matahari?” Long Yuehong tidak bisa menahan tawa.
Detik berikutnya, dia melihat Shang Jianyao merenggut kacamata hitam itu dan meletakkannya di pangkal hidungnya.
“Hei…” Long Yuehong tidak tahu apakah harus marah atau merenungkan tindakannya.
“Ada satu lagi di sini.” Tepat saat Long Yuehong hendak menerkam Shang Jianyao, Bai Chen—yang berada di kursi penumpang—memberikannya sepasang kacamata hitam lainnya.
Kacamata hitam ini lebih indah daripada milik Jiang Baimian. Kacamata itu seperti dua 'hati' yang dirangkai menjadi satu. Warna lensanya tidak hitam murni, tetapi sedikit merah.
“Jangan rusak. Aku menghabiskan banyak uang untuk menukarnya saat itu,” Bai Chen mengingatkannya.
“Terima kasih,” Long Yuehong mengucapkan terima kasih dengan tulus dan mengenakan kacamata hitamnya.
Dengan 'peralatan' ini, ia akhirnya dapat mengamati matahari dengan cermat dan membandingkan perbedaannya dengan gambar yang pernah dilihatnya di slide proyektor.
“Ini matahari...” Long Yuehong menghela napas setelah beberapa saat. Ia melepas kacamata hitamnya dan mengembalikannya ke Bai Chen.
Shang Jianyao juga menarik kembali pandangannya dan dengan serius meletakkan kembali kacamata hitam Jiang Baimian ke dalam kompartemen sandaran tangan.
“Ada pendapatmu?” Long Yuehong melirik teman baiknya.
Shang Jianyao menjawab dengan serius, “Saya ingin tahu di mana saya bisa mendapatkan kacamata hitam.”
Orang-orang di gedung bawah tanah sama sekali tidak membutuhkan benda seperti itu. Hanya beberapa tim proyek yang menggunakannya. Oleh karena itu, benda itu tidak pernah muncul di Pasar Alokasi Perlengkapan atau pasar kecil di Rec Center lantai 495.
Jiang Baimian, yang sedang mengemudi, menghela napas. “Aku tahu kamu tidak memperhatikan.”
Bai Chen tersenyum dan berkata, “Ketika kita melewati pemukiman nomaden di hutan belantara, kita bisa masuk dan melihat-lihat. Mungkin sepotong biskuit yang dipadatkan bisa ditukar dengan sepasang kacamata hitam yang bagus.”
KAMU SEDANG MEMBACA
Embers Ad Infinitum
ActionSatu author dengan LOTM Tokoh utama kita, Shang Jianyao, gila-benar-benar gila, setidaknya itulah yang dikatakan para dokter. Tinggal di gedung bawah tanah besar Pangu Biology, salah satu dari sedikit faksi yang tersisa di gurun apokaliptik yang dik...