“Baiklah.” Tian Erhe berbalik dan menggoda Shang Jianyao. “Apakah kamu sekarang tahu betapa sulitnya menjaga ketertiban di pemukiman seperti ini?”Jiang Baimian tidak ingin terus membuat Shang Jianyao kesal, jadi dia menyela dan bertanya, “Wali Kota, saya tidak melihat banyak anak ketika kami datang. Apakah mereka bekerja dengan orang dewasa?”
Tian Erhe membalikkan tubuhnya dan menunjuk ke tiga gedung. “Mereka sedang belajar di sana. Mereka baru boleh pulang setelah orang dewasa kembali.”
“Pelajaran?” Alis Jiang Baimian sedikit berkedut. “Kalian masih mempertahankan sistem pendidikan kelas?”
Kecuali untuk golongan besar, hal ini sangat jarang terjadi di pemukiman Ashlands. Paling tidak, tidak ada pemukiman yang pernah dikunjungi Jiang Baimian yang memiliki sistem seperti itu. Bagi orang-orang yang merasa sulit untuk bertahan hidup, menyelenggarakan sistem pendidikan kelas sama sekali tidak diperlukan. Itu hanya membuang-buang energi dan sumber daya. Tenaga kerja manual merupakan sumber daya yang sangat penting. Seorang guru yang tidak bekerja dan seorang anak yang tidak membantu di rumah atau di ladang dianggap sebagai bentuk kemewahan di banyak pemukiman.
Di tempat-tempat tersebut, hanya orang tua dan orang tua yang sesekali dapat mengajar anak-anak mereka dalam kehidupan sehari-hari, membantu mereka memperoleh pengetahuan umum. Mereka belajar cara bertani, mengumpulkan, memasak, membersihkan, menembak, berburu, dan merawat bayi.
Tian Erhe tersenyum dan berkata, “Orang luar selalu terkejut setiap kali mengetahui hal ini. Memang, tidak akan mudah bagi kita untuk mempertahankan sekolah dengan apa yang kita miliki. Semua orang berusaha semaksimal mungkin untuk berhemat. Kita mengencangkan ikat pinggang agar tidak kehilangan tradisi ini.”
Dia tanpa sadar menatap langit malam yang gelap dan hujan dan berkata dengan emosi yang campur aduk, “Orang pertama yang menyarankan untuk memberikan pendidikan formal kepada anak-anak adalah seorang paman bernama Shen Liuxin. Dia berkata: Tidak peduli seberapa sulitnya, kita tetap harus membuat anak-anak melek huruf. Mereka harus membaca buku dan mempelajari pengetahuan yang paling mendasar. Hanya dengan cara ini mereka, keturunan mereka, dan penduduk masa depan Kota Moat dapat mengingat siapa mereka, dari mana mereka berasal, spesies apa mereka, dan budaya serta sejarah seperti apa yang pernah mereka miliki. Hanya dengan selalu mengingat hal-hal ini mereka dapat bertahan hidup di lingkungan yang mengerikan, 'kegelapan' ini di mana harapan menghindari kita.
“Dulu, meskipun aku setuju dengan saran Paman Shen, aku tidak terlalu memikirkannya. Setiap kali barang-barang dan buku petunjuk dibawa kembali dari reruntuhan kota, aku tidak tahu sebagian kata-kata di dalamnya. Bahkan jika aku tahu, aku sering gagal memahaminya saat menyusunnya. Aku tidak dapat menggunakan barang-barang itu secara efektif, jadi bagaimana kita bisa membiarkan itu terus berlanjut?
“Cara berpikir seperti ini sebenarnya sangat sederhana. Baru beberapa tahun belakangan ini saya mulai memahami perkataan Paman Shen.” Pada titik ini, Tian Erhe berdiri dan menunjuk ke tiga bangunan itu. “Apakah kamu tahu di mana ini dulu?”
Bai Chen, Jiang Baimian, Shang Jianyao, dan Long Yuehong menggelengkan kepala bersamaan.
“Ini adalah sekolah bekas Kota Parit. Itu lapangan basket, itu lapangan pengibaran bendera, itu asrama guru, itu asrama siswa, itu laboratorium komputer, itu perpustakaan, dan itu gedung sains. Itu gedung pengajaran...” Tian Erhe memperkenalkan mereka satu per satu, dan wajahnya memantulkan cahaya api arang kecil.
Jiang Baimian, Shang Jianyao, dan yang lainnya mendengarkan dengan saksama. Mereka juga memperhatikan dengan saksama. Bahkan gedung-gedung dan tempat-tempat hampir tidak dapat dikenali dalam kegelapan malam hanya dengan siluet mereka.
KAMU SEDANG MEMBACA
Embers Ad Infinitum
ActionSatu author dengan LOTM Tokoh utama kita, Shang Jianyao, gila-benar-benar gila, setidaknya itulah yang dikatakan para dokter. Tinggal di gedung bawah tanah besar Pangu Biology, salah satu dari sedikit faksi yang tersisa di gurun apokaliptik yang dik...