A Great Dream

1 0 0
                                    


Shang Jianyao dan Long Yuehong tercengang saat mendengar kata-kata Jingfa.

Jingfa menatap mereka selama dua detik dengan mata merahnya yang berkedip sebelum berkata kepada Long Yuehong, “Kamu tidak tahu tentang Kalendarium.” Setelah mengatakan itu, dia menatap Shang Jianyao dan berbicara tanpa gejolak emosi. “Kamu tahu.”

Hah? Long Yuehong menoleh ke arah Shang Jianyao dengan bingung dan heran. Kami berdua telah mengenyam pendidikan yang sama dan tinggal di lingkungan yang sama. Kami juga sering tidak terpisahkan. Mengapa saya belum pernah mendengar istilah 'Kalendarium' sebelumnya padahal Shang Jianyao tampaknya sangat mengenalnya?

Alis Shang Jianyao berkedut sedikit saat dia menjawab dengan jujur, “Aku pernah mendengar sedikit tentang mereka.”

Cahaya merah kembali berkedip di wajah hitam metalik Jingfa. “Akhir, awal; akhir tahun, awal tahun... Kau mempelajarinya dari para penganut Penentu Takdir.”

Shang Jianyao yang tadinya merasa aneh, segera memastikan satu hal—biksu mekanik di seberangnya tampaknya mampu mendengar beberapa suara di dalam hatinya!

Long Yuehong tidak mau repot-repot memikirkan gelar, 'Penentu Takdir,' dan juga merasakan ada sesuatu yang tidak beres.

Jingfa tidak melanjutkan. Sebaliknya, ia hanya menjelaskan, “Kalendar adalah dewa yang mengendalikan waktu dan dunia ini. Total ada 13 dewa seperti itu, dan mereka berhubungan dengan bulan yang berbeda.”

“Bukankah hanya ada 12 bulan?” Long Yuehong menunjukkan hal yang jelas. Dia punya firasat bahwa Kalendarium adalah agama atau mitos yang populer di permukaan dunia.

Suara Jingfa dingin dan dalam, sama sekali tidak terdengar seperti suara manusia. “Ada satu Kalendria yang berkuasa pada bulan kabisat, atau lebih tepatnya, sepanjang tahun—sepanjang masa.”

Tanpa menunggu Long Yuehong bertanya lebih lanjut, Jingfa langsung ke pokok permasalahan. “Jemaat kita berbicara tentang kehampaan tubuh jasmani dan kekosongan empat elemen karena dunia ini adalah dunia mimpi Buddha Loke?vara-Tathāgata.”

Shang Jianyao tiba-tiba menyela Jingfa. “Loke?vara-Tathāgata? Bukankah itu seharusnya Subhuti?”

Jingfa menempelkan kedua telapak tangannya. “Loke?vara-Tathāgata adalah Buddha masa lalu, penguasa ciptaan. Buddha Subhuti adalah Tathāgata dunia saat ini, asal mula semua perasaan. Tidakkah kau ingin bertanya tentang Kalendaria yang bertanggung jawab atas bulan kabisat dan mewakili seluruh tahun? Biksu miskin ini akan memberitahumu sekarang bahwa itu adalah Loke?vara-Tathāgata.”

Shang Jianyao dan Long Yuehong menyadari sesuatu dan mengangguk tanpa suara.

Jingfa menundukkan kepalanya dan melantunkan, “Namo Loke?vara-Tathāgata.”

Saat ia melantunkan mantra, ia menegakkan punggungnya—yang terbuat dari tulang logam. Ia mempertahankan postur dengan menempelkan kedua telapak tangannya dan membungkuk sedikit ke arah 'cerobong asap' yang menjulang tinggi.

“Apakah kau akan bertanya mengapa Biksu Miskin ini membungkuk di depan menara yang memurnikan besi dan baja?” Setelah Jingfa mengangkat tubuhnya, dia berinisiatif untuk menyuarakan pikiran Shang Jianyao dan Long Yuehong.

“Itu karena Buddha Loke?vara-Tathāgata memiliki nama lain, yaitu Stupa. Ini adalah bentuk lain dari sapaan untuk para Buddha. Pada saat yang sama, stupa melambangkan menara Buddha. Oleh karena itu, ketika kita melafalkan gelar Buddha Loke?vara-Tathāgata, kita harus memberi hormat kepada menara tertinggi di sekitar kita. Itu bisa berupa menara Buddha, menara air, menara besi, menara sinyal, atau menara tegangan tinggi.”

Shang Jianyao dan Long Yuehong awalnya menganggap biksu mekanik, Jingfa, sebagai orang yang masuk akal dan logis. Namun, mereka mulai menganggapnya sedikit aneh ketika mendengar bagian akhir khotbahnya.

Embers Ad InfinitumTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang