Di tengah-tengah resital yang bergema di Kota Parit, Long Yuehong membuka mulutnya. Namun, dia tidak tahu harus berkata apa. Dia merasa bahwa perasaannya sangat rumit dan tak terlukiskan.Tak seorang pun dari keempat orang itu berbicara, tampaknya mendengarkan cerita itu dengan penuh perhatian hingga mobil jip itu melaju keluar gerbang dan melaju menuju kejauhan.
“Apa yang mereka baca? Aku tidak mendengarnya dengan jelas.” Jiang Baimian melihat ke kaca spion dan berbicara dengan nada sedikit kesal.
“Di depan tempat tidurku, ada sebuah kolam cahaya.” Shang Jianyao mengulang awal dari 'Pikiran Malam yang Tenang.'
"Begitukah..." Jiang Baimian mendesah penuh emosi, tetapi dia tidak mengatakan apa pun lagi. Dia mengemudi dengan serius, membiarkan jip melaju dengan tenang di sepanjang jalan yang bersimpangan dan hampir tidak dapat dibedakan di rawa.
Setelah mereka benar-benar meninggalkan tempat itu, Bai Chen melihat ke depan dan bergumam pada dirinya sendiri, “Salah satu alasan aku ingin menjadi anggota resmi perusahaan adalah agar aku bisa meminjam banyak buku.”
“Mereka tidak sehebat itu...” Long Yuehong—yang telah tinggal di Pangu Biology sejak ia masih muda—tidak menemukan sesuatu yang istimewa tentang mereka. “Apakah tidak ada buku atau perpustakaan di reruntuhan kota Dunia Lama?”
Tatapan Bai Chen seakan menerawang jauh. “Ya, awalnya memang banyak. Namun, saat itu aku belum lahir. Kemudian, banyak buku yang diambil oleh kelompok besar atau orang-orang tertentu. Sisanya digunakan oleh Pemburu Reruntuhan dan pengembara hutan belantara sebagai bahan bakar yang mudah terbakar untuk api. Beberapa di antaranya digerogoti dan dirobek oleh tikus dan hewan lain, sehingga rusak. Hanya sedikit yang masih bisa ditemukan dan dibaca sekarang.
“Mungkin ada banyak buku di reruntuhan kota yang belum banyak dijelajahi. Namun, tempat-tempat itu terlalu berbahaya.”
Setelah hening sejenak, pikiran Shang Jianyao mulai berpikir saat dia bertanya, “Kamu bisa membaca?”
“Ya, ayah dan ibuku yang mengajariku. Setelah mereka meninggal, mereka bahkan meninggalkanku seorang guru yang sangat baik.” Ekspresi Bai Chen perlahan melembut saat sudut mulutnya melengkung tak terlihat. Namun, matanya sedikit tidak fokus. Seolah-olah dia baru saja terbangun dari mimpi di tengah malam dan sedang duduk dengan lengan di lututnya, menatap kosong ke luar jendela.
Jiang Baimian menoleh untuk melirik Bai Chen sebelum kembali menatap ke depan. Ia lalu tersenyum dan berkata, “Bisakah kalian berbicara lebih keras? Apakah kalian memanfaatkan pendengaranku yang buruk? Aku bahkan bertanya-tanya apakah kalian menjelek-jelekkanku di belakangku.”
Jantung Long Yuehong berdebar kencang saat dia bergumam, “Kami mengatakannya di depanmu.”
“Kami mengatakannya di depan Anda.” Pada saat yang sama, Shang Jianyao menjawab tuduhan Jiang Baimian.
Long Yuehong merasa sedikit geli. “Haha, bagaimana? Bukankah aku mengenalmu dengan baik? Aku bisa mengikuti alur pikiranmu!”
“Bagaimana kau tahu aku tidak melakukannya dengan sengaja agar kau bisa mengikutinya?” Shang Jianyao tidak mundur sama sekali.
“Tidak buruk. Kalian harus memperhatikan suasana tim setiap kali berlatih di lapangan. Kalian harus serius dan bersemangat. Jika tidak, kalian akan mudah sekali menjadi terlalu tegang. Tidak akan lama lagi kalian akan kelelahan karena stres.” Jiang Baimian dengan santai menilai keduanya.
“Baiklah, jangan bahas ini. Mari kita bahas pengalaman Wali Kota Tian. Mari kita lihat apakah kita bisa menyimpulkan sesuatu yang berguna dari rincian ceritanya. Uh, yang saya maksud terutama adalah kehancuran Dunia Lama.”
KAMU SEDANG MEMBACA
Embers Ad Infinitum
ActionSatu author dengan LOTM Tokoh utama kita, Shang Jianyao, gila-benar-benar gila, setidaknya itulah yang dikatakan para dokter. Tinggal di gedung bawah tanah besar Pangu Biology, salah satu dari sedikit faksi yang tersisa di gurun apokaliptik yang dik...