Part 44 Senyum Manis Dari Bapak

2.6K 81 3
                                    

“Lan…nanti siang, temenin gue ke kantor mamanya Nadine yaa…” “ada apa emang?” “mau beresin dokumen-dokumen acara di Anyer kemaren.” “oh…ayo…” Wulan tersenyum. “ya udah, siang gue jemput jam satu ya!” Wulan mengangguk. “mau gue anter ke kelas?” “ngga usah…gue bisa sendiri ko…!” “ya udah gih ke kelas…selamat belajar ya, pacarnya Roman Arbani!” Roman tersenyum lebar. “iyaa…ati-ati ya!dadah…!” Wulan melambaikan tangan, lalu berjalan ke kelas.

Jam satu, Roman sudah sampai di Fakultas Kedokteran, menjemput si pacar. Wulan menghampiri Roman. “yuk..” ajak Wulan. Roman celingukan, “tumben lo ngga bareng Yasmin…ke mana?” “Yasmin tadi langsung…Nico kan jemputnya ontime banget…jadi gue ke perpus sendirian..” Wulan menjawab sambil memakai helm. “ya udah, yuk…udah mendung nih…takut keburu ujan!” Wulan naik ke atas motor. Roman menoleh, menunggu. Wulan senyum, “iyaa…iyaa…” katanya sambil memeluk Roman erat. Roman tersenyum, lalu melajukan motornya.

Di kantor mama Nadine. “Tante ini semua data acara kemarin, sudah saya rekap jadi satu file.” Roman menyerahkan sebuah map pada mama Nadine. “oh iya okey, nanti saya cek ya!makasih banyak loh, Roman…semua bilang acaranya sukses!” mama Nadine tersenyum bangga. “Alhamdulilah!” Roman sangat senang. “saya juga makasih banget sama Tante, sudah kasih saya pengalaman besar!” “saya suka sama anak muda yang semangat dan tanggung jawab kaya kamu!mudah-mudahan ke depan kita bisa kerjasama lagi ya, Roman!” “insya Allah, Tante!” “oya, ini untuk kamu dan teman-teman kamu!” mama Nadine menyerahkan sebuah amplop pada Roman.

“Alhamdulilah!” Roman menerima amplop itu, “terima kasih banyak Tante!kalo gitu saya langsung pamit ya..” Roman dan Wulan pamitan, lalu meninggalkan ruangan mama Nadine. “gue kontek anak-anak dulu ya!” Wulan mengangguk. “halo, Sam…bisa kumpul ngga di café biasa?kontek anak-anak sekalian yaa…gue mau bagi fee nih dari mamanya Nadine!” Roman semangat sekali. “oh…ngga bisa ya?ya udah deh…besok di kantin ya jam dua siang!thanks ya Sam!” Roman menutup telponnya.

“Lan…lo ikut dulu ke kost gue ngga apa-apa?soalnya gue sbelom siaran mau ke toko buku..takut ngga keburu balik!” Wulan mengangguk, “iya nggapapa ko..” “ya udah yuk!” Roman menggandeng Wulan ke parkiran. “emangnya lo mau cari buku apa?” tanya Wulan penasaran. “gue ada tugas sejarah sastra…di perpus ngga lengkap, jadi gue mau beli sekalian buat pegangan.” jawab Roman sambil menyerahkan helm pada Wulan. “mau gue temenin?” “engga deh…nanti lo harus nunggu sampe gue beres siaran, kemaleman!” Roman memasangkan kunci helm Wulan. “ya udah…” Wulan manggut-manggut.

Mereka sampai di kost Roman. “masuk dulu yuk!” ajak Roman. “mm…gue nunggu di sini aja deh!” Wulan melepas ranselnya, menyimpannya di kursi teras. “di dalem aja, lebih adem!” Roman mengambil ransel Wulan, membawanya masuk, Wulan mengikuti. “Roman!” tiba-tiba ada yang memanggil. Roman dan Wulan sama-sama menoleh. “Bapak!” Roman kaget melihat Beni ada di sana. “Assalamu alaikum, Pak!” Roman langsung mencium tangan Beni. Wulan juga menghampiri, mencium tangan Beni, “Assalamu alaikum, Om.” Salamnya. “waalaikum salam!” jawab Beni.

“Bapak ko bisa ada di sini?” “eh… kenapa rupanya…Bapakmu ini tak boleh ada di sini.. ??” “bukan begitu, Pak..maksudku, Bapak ke Jakarta tapi tak ngabarin aku…kan bisa aku jemput Pak!” jawab Roman sopan. Beni memandangi Wulan. “kau rupanya!” Beni menunjuk Wulan, “ah…aku ingat sekarang..kau si kentang kunyit itu kan?!” Wulan jadi salah tingkah. Matanya mengedip-ngedip kikuk. “eh…iya, Om…saya Wulan.” jawab Wulan pelan. “namanya Wulan, Pak.” Roman jadi ikutan tegang.

“kau teman kuliahnya Roman juga?anak sastra juga kau?” Beni mencecar Wulan. Wulan menggeleng, “bukan, Om…saya mahasiswa kedokteran.” suara Wulan bergetar. “lantas ngapain kau sama sama Roman?kukira mau belajar bersama!” Beni duduk di sofa, “duduklah kau!” Wulan buru-buru duduk. “Pak, aku ke kamar dulu ya, mau ganti baju.” Roman pamitan. Ia melirik Wulan. “aduh…semoga Bapak ngga ngomong yang aneh-aneh deh sama Wulan!” ia membatin.

“assalamu alaikum, Amang!” Martin muncul, baru pulang dari kampus. Ia langsung mencium tangan Beni memberi salam. “waalaikum salam!” “kapan datang, Amang?sama Inang kah?” Martin duduk di sofa juga. “untung Martin datang, selamet deh gue!” kata Wulan dalam hati. Ia merasa sedikit lega. “sendiri aku…ada janji ketemu dengan temanku.” jawab Beni. Tak lama Roman muncul. “Pak..aku pamit ya, mau langsung siaran.” “jam berapa memang kau siaran?” “jam setengah tujuh, Pak..” jawab Roman.

Beni melirik jam dinding, “ini masih jam empat…untuk apa kau buru-buru, sebaiknya antar Bapak dulu ke rumah teman!” Roman terdiam, ia memandangi Wulan yang sedaritadi menunduk. “tapi Pak, aku mau antar Wulan pulang dulu, lalu aku mau ke toko buku sebelum siaran.” Roman menjelaskan. “mm…biar Amang aku yang antar saja ya…kebetulan aku sudah kosong.” Martin memberi solusi. “ah…mana bisa seperti itu, aku mau sekalian kenalkan Roman pada temanku!” Beni ngotot.

“sudah gini saja…kau Martin, antarkan si kentang kunyit ini pulang ke rumahnya. Biar Roman antar aku ketemu temanku.” Beni mengatur. “udah…biar saya pulang sendiri aja, saya bisa naik taxi!” Wulan mengalah. “saya pamit dulu, Om.” Wulan mencium tangan Beni, “assalamu alaikum” katanya sopan. “waalaikum salam!” jawab Beni singkat. Roman langsung mengikuti Wulan keluar. “Lan…gue anter cari taxi ya!” Roman menggandeng tangan Wulan.

Wulan melepaskan genggaman Roman. “jangan kaya gitu…nanti diliat Bapak lo, ngga enak!” kata Wulan datar. “sori ya, Lan…lo jadi harus pulang sendiri!” Wulan tersenyum, “iya…ngga apa-apa ko, gue ngerti!” Roman memandangi Wulan. “lo ati-ati ya…sampe rumah langsung kabarin gue!” Wulan masuk ke dalam taxi, lalu taxi melaju. “duuuh…kenapa jadi ribet gini sih?!?” Roman mengacak-ngacak rambutnya. “semoga Wulan beneran ngerti…dan ngga ngambek sama gue dan Bapak!” ia membatin.

Di dalam taxi, Wulan melihat keluar jendela. “Bapaknya Roman kenapa masih ngga suka ya sama gue?” tanya Wulan dalam hati. Wajahnya jadi murung. “Roman mau dikenalin sama temen Bapaknya…bisa aja, sekalian dikenalin sama anak cewenya…” Wulan mendengus. “Wulaaaaan….kenapa sih kesan pertama lo di mata Bapaknya Roman harus jelek?!!” ia mengomeli dirinya sendiri. “Maaan…gue harus gimana?” mata Wulan berkaca-kaca.

Keesokan hari di kantin kampus, Roman dan yang lain sudah berkumpul. “Yas, Wulan mana?” tanya Roman “dia ke perpus…cari bahan tugas katanya..” Yasmin mengangkat bahunya. “Wulan pasti kepikiran soal sikap Bapak kemaren!” Roman bergumam cemas. “Man!” Sam mengagetkan Roman dari lamunannya. “malah bengong…kita udah nungguin nih!” lanjutnya bersemangat. “oh iya sori sori…” Roman berusaha fokus. “jadi ini, gue udah terima fee untuk project Anyer kemaren. Gue bawa sekarang, untuk kita bagi rata.” Roman mengeluarkan amplop dari tasnya.

“Alhamdulilah!” kata mereka serempak. “eh, tapi nanti dulu…” Karin menyela. “project ini kan punya Roman…jadi menurut gue, Roman dapet bagian lebih besar!” ia berpendapat. Yang lain manggut-manggut tanda setuju. Akhirnya mereka membagi hasil sesuai kesepakatan bersama. Setelah itu mereka membubarkan diri, kecuali Sam, Karin, Yasmin dan Roman. Sam, Karin dan Yasmin saling tatap, mereka berisyarat untuk menginterogasi Roman.

“Man…lo kenapa sih?cerita dong sama kita!” Sam memulai pembicaraan. “iyaa..lo sama Wulan lagi kenapa sih?Wulan murung…lo juga sama!” kata Yasmin cemas. Roman terdiam. “kalo lo nganggep kita sahabat lo, lo harus cerita sama kita!” Karin menepuk bahu Roman. Roman menatap ketiga sahabatnya itu, lalu mulai bercerita. “Wulan pasti sedih banget sama sikap Bapak gue kemaren!” katanya tertunduk. “bokap lo??” mereka bertiga kompak kaget.

“iya…Bapak kemaren tiba-tiba muncul di kost gue…” “kemaren Wulan ketemu sama bokap lo?” Yasmin terbelalak. “ya ampun, Man…kesan pertama Wulan di mata bokap lo kan emang kurang bagus!” Yasmin menepok jidatnya. “tapi ini kan udah setaun lebih dari kejadian terakhir…masa bokap lo masih ngga suka sama Wulan sih?” tanya Sam ragu. “Wulan pasti terpukul banget!” Karin menerawang. “sebenernya Bapak itu bukan ngga suka sama Wulan, cuma emang cara Bapak ngomong ngga seperti orang biasa, kesannya marah-marah.”

“mungkin sebaiknya lo jelasin deh sama bokap lo, kalo Wulan itu ya pacar lo!” Sam memberi ide. “betul tuh, Man!seengganya kalo bokap lo tau Wulan itu pacar lo, ya mungkin bokap lo bisa agak jaga omongannya gitu sama Wulan.” Karin setuju. “iya, Man…lo jelasin deh sama bokap lo…kan kasian Wulan!” Yasmin ikutan. “gue juga jadi ngga enak sama Wulan!” kata Roman sedih. “tenang aja…Wulan baik-baik aja ko!gue bakal hibur dia sebisa gue!Wulan cewe kuat ko..lo harus yakin!” Yasmin nyengir.

Jam lima sore. Roman sudah standby di loby Fakultas Kedokteran. “heii pacar!” sapanya saat Wulan jalan mendekat. Wulan tersenyum seadanya. Roman memandanginya ketat. “mana helm nya?” pinta Wulan. “kalo mau helm nya…senyum dulu dong!” goda Roman. Wulan diam tertunduk. “Lan…” Wulan tetap tertunduk. “Wulandari!” panggil Roman. Roman melongok wajah Wulan yang tertunduk. Wulan terisak. “eh, Lan…” Roman bergegas turun dari motornya. “Lan….” Roman berusaha mengangkat wajah Wulan yang menunduk.

“Lan…lo ko nangis?” Roman panik. “udah dong…jangan nangis!” Roman mondar mandir di depan Wulan. “Lan…please…lo jangan nangis!” Roman memelas. Wulan masih menunduk sambil senggukan. Perlahan ia mengangkat wajahnya, menatap Roman. Roman juga menatap si pacar lekat. “lo jangan nangis ya!” Roman menyeka air mata Wulan. Wajahnya cemas. Roman mengajak Wulan duduk di tangga. “maafin gue ya, Lan…” Roman menggenggam tangan Wulan erat, “maafin bokap gue juga!” lanjutnya.

Wulan menggeleng. “lo ngga salah apa-apa ko…bokap lo juga ngga salah apa-apa…” suara Wulan lirih. “gue yang salah…gue bikin bokap lo ngga suka sama gue!” mata Wulan berkaca-kaca. “sssstt!” Roman mendaratkan telunjuknya di bibir Wulan. “lo ngga boleh ngomong kaya gitu!Bapak itu bukan ngga suka sama lo…Bapak cuma belom kenal aja sama lo!” Roman meyakinkan Wulan. “Lan…Bapak emang keras…tapi hatinya baik ko!omongannya emang suka kasar, tapi aslinya dia sayang!” Roman masih meyakinkan.

“gue harus gimana sekarang?” suara Wulan bergetar menahan tangis. Ia menatap Roman. “Man….gue harus gimana?” air matanya kembali menetes. Roman menyeka air mata dari pipi Wulan. “lo cukup jadi diri lo sendiri…!jadi bidadari gue seperti biasanya!” Roman tersenyum. “bokap lo yang keras aja bisa nerima gue pada akhirnya…Ka Rahman juga…lo juga harus yakin, kalo suatu saat Bapak bisa bersikap lebih baik sama lo!” Wulan mengangguk. “iya, Man…ini perjuangan gue!” Wulan tersenyum. Roman memeluk Wulan erat. “gue pasti berjuang bareng lo!” bisiknya.

Di kamar kost, Roman sedang memijit Beni sambil berbincang. “Pak..” “kenapa?” “mmm…aku mau ngasitau Bapak sesuatu.” kata Roman tegang. Beni menoleh, “mau kasitau apa kau rupanya?” “Wulan itu…sebenarnya…” “pacar kau kan dia?” Roman berhenti memijit. “jadi…Bapak sudah tau??” Roman kaget. “eh kenapa kau berhenti pijit aku, teruskan!” Beni menepuk tangan Roman. Roman kembali memijit. “ya tak mungkin lah aku tak tau, memang kau pikir aku ini anak kecil?” Beni melanjutkan. “dari cara kau tatap si kentang kunyit itu, taulah aku bagaimana perasaan kalian!” Roman tertegun.

“Mamak mu pun sudah tau itu!” “Mamak?” “iyalah, Mamak mu pun pasti bisa melihat anaknya sedang jatuh cinta!” Beni tertawa. “tapi…kenapa Bapak terus saja bersikap galak sama Wulan?” “aku tak galak, Man…memang sudah sifatku begini adanya, mau gimana lagi??” “Bapak tak marah aku pacaran?” Beni membalikkan badannya, menghadap anak lelakinya itu. “untuk apa aku marah?kau sudah besar, Man!” Beni menepuk bahu Roman. “aku yakin kau sudah bisa tanggung jawab dengan hidupmu sendiri!” kata Beni bijak.

“terima kasih Pak!” Roman langsung memeluk Beni. Perasaannya betul-betul lega. Beni tersenyum sambil menepuk-nepuk tangan Roman yang melingkar di dadanya. “besok aku mau balik ke Medan. Kau bisa antar aku ke terminal?” tanya Beni. “bisa Pak!” Roman mengangguk mantap. “ya sudah, kau cepat tidurlah sekarang, besok harus bangun pagi kita!” “Bapak naik bus jam berapa?” “yang paling pagi, supaya tak panas!” Beni tertawa. Roman tersenyum lega.

Jam enam pagi. Roman dan Beni sedang menyantap sarapan, martabak mie buatan Roman. “ayo cepat kau habiskan itu martabak mie nya, aku tak mau sampai ketinggalan bus!” Beni mengingatkan Roman. “iya, Pak!” Roman memakan potongan terakhirnya, lalu bergegas. “aku pulang dulu, Martin!terima kasih kau sudah menemani aku selama di sini. Baik-baik kau di sini, titip Roman sekalian!” Beni pamitan. “iya, Amang, tenang saja, aku pasti jaga Roman baik-baik!Amang hati-hati ya, salam untuk Inang dan dek Yola!” lalu Roman dan Beni pergi.

Di terminal. “sudah ya Roman, Bapak pulang dulu!” Beni bersiap masuk dalam bus. “Pak!” Roman memeluk Beni erat. “aku janji, akan buat Bapak, Mamak dan Yola bangga!” Roman menitikan air mata. “janganlah kau menangis, Roman!lelaki harus kuat!tak boleh cengeng macam ini!” kata Beni menahan tangis. “Om!” suara Wulan terengah. Roman dan Beni menoleh. “ada kau juga di sini rupanya!” “iya, Om…” Wulan tersenyum. “ini saya titip oleh-oleh untuk Tante dan Yola.” Wulan menyerahkan bungkusan pada Beni.

“hati-hati ya, Om!” Wulan mencium tangan Beni. “kenapa kau harus repot-repot bawakan oleh-oleh segala!” kata Beni. “terima kasih ya!” Beni tersenyum pada Wulan. “kau banyak-banyak belajar memasak!aku titip Roman ya!” Beni berpesan. “Roman, kau dan si kentang kunyit ini, harus fokus dulu belajar, untuk masa depan kalian juga!”Roman dan Wulan sama-sama mengangguk. “ya sudah, bus nya sudah mau berangkat!assalamu alaikum!” “waalaikum salam” Beni masuk dalam bus, bus melaju pergi. Roman dan Wulan bergandengan sambil memandangi bus menjauh.

Roman Picisan season 2 (fanfiction) Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang