Part 20 My Special Day

3.9K 99 12
                                    

“hoaaaaaam…..” pagi ini Wulan bangun lebih siang dari biasanya. Ia mengambil handphone nya, lalu memeriksa panggilan dan pesan masuk. “huhhh…bener-bener ngga ada kabarnya dari semalem!!” kata Wulan kesal. Wajahnya super bete. “Roman ke mana sih, nyebelin!” ia beranjak dari kasurnya, lalu mandi. Selesai mandi, Wulan duduk di depan meja riasnya. “awas aja kalo ketemu nanti!” Wulan masih ngomel sambil menyisir rambutnya. “awas kamu, Roman Arbani!” katanya pada cermin sambil menyipitkan mata.

Wulan melirik kalender. Tanggal lima Juli. “ini hari ulang taun gue, dan lo lupa??” Wulan masih saja kesal. Tiba-tiba “tok…tok…tok…” ada yang mengetuk pintu kamar Wulan. “Non, ada yang nyari di depan.” si Mbo menyampaikan pesan. “pasti Roman!!” Wulan melompat girang. Ia berlari ke luar rumah, hendak menemui tamu yang datang. “Rom…..” langkah dan suara Wulan terhenti. Ternyata bukan Roman. “siang Mba, saya kurir, mau anter ini buat Mba Wulan.” Seorang pria menyerahkan sebuket bunga pada Wulan. “oh iya…makasih…” Wulan menerima buket bunga dengan penasaran, “ini pengirimnya siapa ya?” tanyanya sambil mencari identitas di buket bunganya. “saya kurang tau, Mba, permisi.” Kurir itu pergi, Wulan kembali masuk ke kamar.

“aneh…ngirim bunga tapi ngga nyantumin nama!” Wulan meletakkan bunganya di meja. “cantik sih bunganya…mmm…apa dari Roman yaa?” seketika senyum tersungging di wajah Wulan. “jadi mau ngasih surprise nih sama gue?” Wulan sangat bahagia. Handphone Wulan berdering, ada panggilan masuk. Dari Devon. “ya halo, Von..kenapa?” jawab Wulan malas. “happy birthday Wulan…lo udah terima kan bunga dari gue?” Wulan melongo. Dia kecewa berat. “oh…jadi bunganya dari lo?” “iyaa…lo suka kan?” “mmm…ya…makasih ya…” “sori, gue Cuma bisa kirim bunga, soalnya gue masih di Singapore nih..” “iya, ngga apa ko…thanks” “ya udah, pokonya happy birthday ya!see you!” lalu Wulan menutup teleponnya.

“kirain dari Roman!” wajah Wulan kembali bete. Ia menjatuhkan diri di kasur, telungkup sambil memandangi Rori. “Rori…masa iya dia lupa sama ulang taun gue??” katanya sambil menunjuk-nunjuk moncong Rori. Handphone Wulan kembali berdering. Panggilan masuk dari Yasmin. “iya, Yas…kenapa?” “Lan…nanti sore ada kelas tambahan Pak Ali, jangan sampe lupa loh!” “astaga….gue lupaa!!!” Wulan langsung duduk. “jam tiga ya?” “iyaa…lo harus datang loh, bakalan ada quis soalnya, buat nambah nilai!” “iya, okey…gue pasti datang ko, ketemu di kelas ya!” “okey, bye..” Yasmin mengangkhiri teleponnya.

Jam setengah tiga. Wulan sudah sampai di parkiran. Saat hendak masuk kelas, ia melihat Yasmin datang, lalu menghampiri sahabatnya itu. “makasih yaa udah nganter gue.” kata Yasmin sambil menyerahkan helm pada Nico. “iya sama-sama.” Nico tersenyum. “hai, Lan!” sapa Yasmin dan Nico berbarengan. Wulan tersenyum kecil. “coba kalo ada Roman…gue juga pasti dianter naek motor kaya Yasmin!” Wulan membatin. “gue duluan ya!” Nico pamitan. “iya ati-ati, nanti gue telpon kalo udah beres!” jawab Yasmin. Wulan hanya senyum sambil melambaikan tangan.

“lo kenapa sih, muka lo kayanya asem banget!” Yasmin mengaburkan lamunan Wulan. “engga ko…udah yuk masuk!” Yasmin geleng-geleng. Ia mengikuti Wulan masuk ke kelas. Di kelas baru selesai quis. “gimana, lo bisa ngga tadi?” tanya Yasmin. “bisa…” jawab Wulan lesu. “iiih…lo kenapa sih, Lan?” Yasmin menyelidik. Wulan hanya menggeleng. “eh, Yas…beres kelas, kita ngafe yuk…” ajak Wulan. “aduh…gimana yaa…gue ngga bisa, Lan…soriii…” “oh…emang lo ada acara juga ya?” “gue janjian sama Nico…mau nonton.” Yasmin nyengir. Wulan manyun lagi.
Kelas selesai. “Lan…lo ikutan nonton aja yuk…gue udah bilang ko sama Nico, dia okey!” ajak Yasmin semangat. Wulan menggigit bibirnya, bimbang. “kalo gue ikut, palingan gue jadi obat nyamuk…tapi kalo gue ngga ikut, gue juga bete sendirian.” Wulan membatin. “gimana..?” Yasmin bertanya lagi sambil menyenggol Wulan. “ya udah deh gue ikut…tapi…bener nih ngga apa-apa gue ikut?” “ngga apa-apa banget?!” Yasmin mengangguk mantap. Nico sudah menjemput. Wulan mengendarai mobil sendirian. Mereka janjian bertemu di depan bioskop.

“nomor yang anda tuju sedang tidak dapat menerima panggilan, silakan…” Wulan menutup teleponnya dengan kesal. “Roman ke mana sih?!” Wulan jadi frustasi. “ya udah deh…emang nasib gue kali ya…di hari ulang taun malah jadi obat nyamuk sahabat gue sendiri!” gerutunya sambil menyetir mobil. Sepanjang jalan masih terus dicobanya menelepon Roman, tapi nihil. Wulan sudah sampai di parkiran mall. Sekali lagi dicobanya menelepon Roman, tapi masih gagal. “Romaaaaaaaaaaaan!!!” Wulan hampir menangis. Ia menghela napas panjang. Lalu turun dari mobil menuju bioskop, menemui Yasmin dan Nico di sana.

Di dalam bioskop, Wulan sengaja memilih kursi di belakang, berharap tidak mengganggu sahabatnya yang sedang pedekate. Barisan belakang kosong, Wulan hanya duduk sendirian. Sesekali ia memperhatikan Yasmin dan Nico. “haduuuuuh….gue salah ngga sih ada di sini???liat mereka malah bikin gue makin stress!!” Wulan berteriak dalam hati. Ia melirik handphone nya, berharap ada balasan dari Roman. Tapi masih juga sia-sia. Lampu bioskop sudah dimatikan, film segera dimulai. Wulan memasukan handphone nya ke tas.

Sesaat sebelum film dimulai, ada seorang lelaki duduk tepat di sebelah Wulan. Ia memakai jaket dan topi. Wulan menoleh penasaran. Tapi wajah lelaki itu tidak terlihat. “kayanya kursi kosong masih banyak deh…harus ya duduk di sebelah gue??” Wulan membatin, “tapiii….ngga apa deh, biar gue ngga sendirian banget!” Wulan mulai memakan popcorn nya. Dan betapa terkejutnya ia, si lelaki misterius ikut mengambil popcorn Wulan, dan memakannya dengan santai. Wulan merasa risih. “sorii…bisa ngga ya, ngga usah ganggu gue??” katanya dengan suara pelan tapi galak. Lelaki itu melepas topinya perlahan. Wulan terbelalak. Tapi lelaki itu langsung membekap mulut Wulan, sebelum Wulan sempat berteriak.

Ya….lelaki itu adalah Roman! Roman menaruh telunjuknya di bibir, “sssst….!” Dia meminta Wulan tidak berteriak, lalu melepas bekapannya. “lo ko bisa di sini?” tanya Wulan penasaran. “udah, kita nonton dulu…filmnya udah mulai!” Roman mengedipkan  sebelah matanya sambil tersenyum. Wulan setuju. Roman mengambil tangan Wulan, lalu menggenggamnya. Wulan hanya tersenyum. Terbawa alur film, Wulan refleks menyenderkan kepalanya ke bahu Roman. Kali ini Roman yang tersenyum. Sesekali diciumnya kepala Wulan dengan penuh sayang. Sesekali juga mereka saling bersuapan popcorn dan minuman.

Film selesai. Mereka berempat berkumpul di depan bioskop. “ciyeeee yang nonton berdua!” Yasmin menggoda Wulan. “kalian berdua keterlaluan!” kata Wulan protes, “gue ampir jantungan tau ngga, tiba-tiba ada cowo duduk sebelah gue!” “iya, dan gue ampir didamprat gara-gara ngambil popcorn dia!” tambah Roman sambil terkekeh. Wulan cemberut. “ya udah, kita pisah di sini ya!” kata Nico. “oh okey.” jawab Roman, “thanks ya Nic, Yas…” “iyaa, sama-sama!” Yasmin tersenyum. “happy birthday, sahabat gue tersayang!” Yasmin memeluk Wulan. “makasih ya, Yas!” Wulan balik memeluk sahabatnya. “happy birthday, Lan!” Niko ikut menyalami. Setelah itu mereka berpisah.

“mana kunci mobil lo?biar gue yang bawa.” “loh…emang lo ga bawa motor?” “engga, gue dianter Martin tadi…” Roman nyengir. Wulan menyerahkan kunci mobil. “emang kita mau ke mana?” Wulan bersemangat. “ya anter lo balik lah!” jawab Roman serius. “pulang??” Wulan langsung manyun. Roman tertawa jail. “masih pengen bareng sama gue yaa?” “iiiiih….apaan sih!” Wulan merasa malu. “ya engga lah…gue mau ajak lo ke suatu tempat. Tenang aja, tadi gue udah pamit ko sama nyokap bokap lo, kalo lo bakal pulang malem.” Roman tersenyum. Wulan pun ikut senyum. Wajahnya senang sekali.

Mereka berdua sampai di sebuah café yang sangat nyaman. Tempatnya terbuka, bisa langsung melihat langit. Ada live music. Dekorasi lampu yang unik menambah suasana romantis. Ada beberapa couple juga yang sedang makan di sana. Roman memilih meja paling depan, dekat dengan panggung musik. “di sini aja ya, biar musiknya kedengeran.” kata Roman sambil mempersilakan Wulan duduk. Wulan mengangguk sambil duduk. Dia melihat-lihat sekeliling, “tempatnya asik yaa..” Wulan senyum. “gue yakin banget lo pasti suka tempat ini!lo mau makan apa?” Roman menyodorkan daftar menu, “gue yang traktir!” tambahnya sambil nyengir.

Sambil menunggu pesanan datang mereka terlibat dalam obrolan. “jadi…lo ngerencanain ini sama Yasmin dan Nico?” Roman menggeleng. “engga ko, rencananya gue mau kasih surprise sama lo, tapi tadi gue ke rumah lo, eh lo ngga ada…katanya lo ke kampus…ya udah gue kontek Yasmin!” Roman berdiri meninggalkan Wulan. Ia menghampiri penyanyi, berbisik-bisik, dan tiba-tiba si penyanyi menyerahkan gitarnya pada Roman. Betul! Roman duduk di depan mic, mulai memetik gitarnya. Wulan langsung melongo. Ia memegang kedua pipinya yang memerah. Jantungnya berdebar kencang. Dengan seksama diperhatikannya si pacar di panggung.

“aku…manusia yang paling butuh kamu, membutuhkanmu…..” Roman melantunkan lagu Kekasih Terhebat milik Anji, lagu kesukaan mereka berdua. Wulan betul-betul terharu. Matanya mulai berkaca-kaca. “….karena kamu….kekasih terhebat.” Roman menyelesaikan lagunya. Ditatapnya Wulan penuh cinta,
“bukan kado ataupun karangan bunga,
bukan juga harta dunia yang kuberi,
hanya seluruh jiwa dan raga,
juga sepenuh cinta untukmu bidadari.
selamat ulang tahun Wulandari,
semoga senyummu selalu berseri.
Wulan tak bisa menahan haru lagi. Ia berdiri, menyambut Roman yang turun dari panggung. Dipeluknya erat si pacar. Semua pengungjung bertepuk tangan.

Pesanan mereka datang. Mereka menyantap makan malam dengan senang. Sesekali mereka saling menyuapi makanan, saling mencicipi. Setelah selesai makan. Pelayan datang membawa sepotong cheese cake dengan lilin kecil di atasnya. Dihias dengan sangat cantik. Wulan menutup mulutnya dengan tangan, ia kembali terharu. “Romaaaaan…” katanya manja. Roman menaruh cheese cake itu di depan Wulan. “sori yaa, cuma kue kecil!” bisiknya. “make a wish dulu dong!” lanjutnya. Wulan menutup matanya dan berdoa dalam hati. Setelah itu, dengan aba-aba Roman ia meniup lilinnya. “yeeee…” Roman bersorak sambil bertepuk tangan. “makasih yaa, pacar!” bisik Wulan sambil menatap Roman dalam. “sama-sama!” jawab Roman sambil mendaratkan kecupan manis di kening Wulan.

Jam sebelas dua puluh. Mereka beranjak dari café. Tiga puluh menit perjalanan, mereka akhirnya sampai di depan rumah Wulan. “udah malem gini, lo balik kost nya gimana?” tanya Wulan hawatir. “gampang, masih ada angkot, kalo ngga ada, gue bisa minta Martin jemput.” Roman nyengir. “makasih ya, Man…hari ini jadi istimewa banget buat gue!” Wulan sangat bahagia. “iya…gue seneng kalo lo juga seneng!” jawab Roman tak kalah bahagia. Roman menyerahkan kunci mobil,lalu pamit. “Man…!” Roman menoleh,”yaa..?” tiba-tiba Wulan berlari memeluk Roman. Roman balik memeluk si pacar dengan erat.

“gue sayang sama lo, Man….” bisik Wulan. Air matanya tak tertahan lagi. Roman mengelus kepala Wulan, menenangkannya. “iya, gue tau ko….dan gue…..jauuuuuuh lebih sayang sama lo, Wulandari!” Roman tersenyum lagi. Tiba-tiba handphone Roman bergetar. Ia merogoh sakunya, melihat ke layar “annive 15th”, rupanya sebuah reminder. Roman memasukkan handphone nya lagi ke saku. Ia melepaskan pelukannya. “udah lewat jam dua belas, Lan!” kata Roman pelan. Wulan melirik jam tangannya. “iyaa…dua belas lewat dua menit!” jawab Wulan. Ia tidak sadar kalau sekarang tanggal enam.

Roman menatap Wulan lekat, dan Wulan juga masih menatapnya. Atmosfir malam itu sangat romantis. Mereka berdua hanyut dalam suasana. Diangkatnya dagu Wulan perlahan. Lalu seketika mendaratkan sebuah kecupan di bibir Wulan. Hanya sekejap, tapi membuat Wulan membelalak kaget. “selamat lima belas bulan, pacar!” bisiknya. Wulan mengejap tak percaya. Disentuhnya bibirnya perlahan, merasakan kecupan si pacar. Ia tersenyum malu, “selamat lima belas bulan, pacar!” jawab Wulan bahagia.

Roman Picisan season 2 (fanfiction) Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang