Part 30 Rahasia Besar

2.8K 73 1
                                    

“Wulan…gimana kuliah kamu, sayang?” tanya Andika. “kuliah aku lancar ko, Pah..” jawab Wulan mantap. “ayo dimakan dulu sarapannya…nih Mama masakin nasi goreng..” Tiana menuang nasi goreng ke piring Andika dan Wulan. “wahh…makasih ya Ma…” Wulan mulai menyantap sarapannya. “oh iya, Mas..nanti sore rencananya aku mau cek ke dokter kandungan.” “iya, sayang..tapi aku ngga bisa nemenin kamu, karna ada meeting sama client sampai malam.” “biar aku aja…” Wulan memotong. Ia menenggak air putih cepat-cepat, “biar aku aja yang nemenin Mama ke dokter!” lanjutnya bersemangat.

“serius kamu bisa?” “bisa Pa…aku hari ini kelasnya cuma sampe jam tiga ko.” Wulan nyengir. “ya sudah, Papa juga jadi tenang kalau begitu. Kamu nanti diantar Wulan ya, sayang!” Andika membelai kepala Tiana. Tiana mengangguk. “kalo gitu aku duluan ya Pa, Ma…takut telat nih!” Wulan mencium tangan Andika dan Tiana, “assalamu alaikum.” Katanya. “waalaikum salam.” Jawab mereka bersamaan. “nanti sore Mama tunggu ya, sayang!” “okeeey!” Wulan mengedipkan sebelah matanya. “hati-hati kamu di jalan!” “iyaa… dadah!” Wulan melambaikan tangan lalu pergi.

Di depan rumah Wulan, Roman sudah menunggu. “haii pacar!” sapanya sambil tersenyum. “aduh sori…lo nunggu lama ya?” Wulan cemas. “engga ko…santai aja…gue juga baru nyampe!” Wulan bergegas memakai helmnya dan naik ke atas motor. Roman diam saja. “ayo jalan!” kata Wulan sambil menepuk pundak Roman. Roman menoleh dan menatap Wulan. “apaaa sih?” tanya Wulan bingung. Roman mengernyit. Wulan paham apa maksud si pacar. Ia langsung memeluk Roman erat-erat. “udah siap, ayo jalan…!” katanya sambil tertawa kecil. “gitu dooong!” Roman ikut tertawa. Motor pun melaju.

Mereka sampai di Fakultas Kedokteran. Wulan segera turun dari motor. “oya, Man…nanti siang beres kelas bisa langsung anter gue pulang ngga?” tanyanya sambil menyerahkan helm pada Roman. “mm…bisa, bisa…emang lo mau ke mana?” tanya Roman penasaran. Wulan melirik jail. “lo janjian sama cowo yaa?” Roman melirik tajam. “ngaco!” Wulan melipat kedua tangannya di depan dada. “emang lo pikir gue ini tukang selingkuh gitu?” ia mendelik. Roman tertawa. “ya engga lah…gue percaya ko sama pacar gue ini!” katanya sambil ngucek-ngucek kepala Wulan.

Wulan merapikan rambutnya. “gue janji nemenin Mama Tiana untuk kontrol ke dokter kandungan.” “oh…Tante Tiana hamil?” “belom tau sih…makanya mau dicek ke dokter.” Roman manggut-manggut. “jam berapa?mau gue anter?” “mm…ngga usah!” Wulan menggeleng, “gue mau berdua aja sama Mama Tiana…sekalian hang out antara ibu dan anak!” katanya sambil nyengir. “iya deh iyaa…tapi lo harus ati-ati yaa!jangan lupa, selalu ngabarin gue!” Roman menyodorkan kelingkingnya. Wulan mengaitkan kelingkingnya ke kelingking Roman, “iya…gue janji!” Setelah itu mereka berpisah.

Kelas selesai. “lo langsung balik ntar?” tanya Wulan pada Yasmin. Yasmin menggeleng malu. “oh…gue tau…lo pasti mau ngedate sama Nico…ya kan?” Yasmin mengangguk malu. “iyaa…kebetulan aja sih, dia lagi banyak waktu kosong.” Yasmin nyengir. “ngomong-ngomong, tumben banget ya Alfa ngga masuk tadi, padahal dia rajin banget kalo kelas Pak Anwar.” Wulan mengernyit, “iya ya…tumben…” “eh tuh Roman udah jemput!” Wulan menoleh, “kalo gitu gue duluan ya, Yas…salam buat Nico!” Wulan melambaikan tangan lalu menghampiri Roman, dan bergegas pulang.

Di rumah Wulan. “makasih yaa…udah nganter gue pulang.” kata Wulan sambil menyerahkan helm. Roman tersenyum, lalu menatap Wulan lekat. “kenapa sih?” Wulan melihat dirinya sendiri, “ada yang aneh sama gue?” Roman tertawa. “engga ko..” “terus…kenapa lo liatin gue kaya gitu?” “pengen aja…” Roman nyengir. “iiiih…dasar….!” Wulan memukul lengan Roman. “lo yakin ngga mau gue temenin?” Wulan mendekatkan wajahnya ke wajah Roman. “engga!” tegasnya sambil mencolek hidung Roman. “ya udah…jangan lupa ya pesen gue!kasih kabar!” “iyaaa….bawel!” Roman memakai helmnya dan pamit pulang.

“assalamu alaikum” Wulan masuk ke rumah, langsung mencium tangan Tiana. “waalaikum salam, sayang…udah pulang?” sambut Tiana. “iya…dianter Roman tadi.” “oh…kenapa ngga diajak masuk dulu Roman nya?” “engga tadi Roman langsung pamit. Oya, Mama mau berangkat sekarang?” “iya yuk, biar ngga keburu macet!” ajak Tiana. “ya udah, aku ganti baju sebentar ya, Ma..!” “iya sayang…Mama tunggu di sini yaa.” Wulan ke kamar, mengganti pakaiannya, lalu bergegas ke ruang tamu. “yuk Ma…aku udah siap!” “okey…yuk!” Tiana merangkul Wulan, berjalan sama-sama ke garasi.

Mereka sampai di Rumah Sakit. Langsung menuju ruangan Dokter Dwi, dokter kandungan langganan Tiana. Dokter selesai memeriksa Tiana. “gimana, Dok, Mama saya baik-baik aja kan?” tanya Wulan. Dokter tersenyum, “iya…Ibu Tiana baik…sangat baik malah…” “maksud Dokter?” Wulan penasaran. “kamu bakal punya adik!” kata Dokter. Wulan langsung melihat Tiana. “aaaaaah…Maaa…aku mau punya adik!” Wulan berteriak senang. “yess!!aku mau punya adik!!makasih ya Ma…” ia memeluk Tiana erat. “iya sayang…Mama juga seneng banget!” “saya akan tuliskan resep vitamin untuk kandungan, diminum teratur ya!” Dokter menyerahkan resep. Mereka lalu keluar.

“Mama duduk di sini aja dulu ya, aku mau ke toilet sebentar.” kata Wulan. Tiana mengangguk, “iya sayang, mama tunggu di sini ya.” Wulan berjalan ke toilet. Tapi fokusnya teralih. Ia melihat seseorang yang dikenalnya, duduk di kursi roda, ditemani seorang wanita paruh baya. Wulan mendekatinya. “Saudara Alfa!” panggil seorang suster. Lalu Suster itu mendorong kursi roda masuk ke dalam ruangan. “Alfa kenapa ya??” Wulan kaget dan penasaran. Ia menghampiri wanita yang sedang menunggu Alfa. “selamat sore, Oma..” wanita itu menoleh, “iya, selamat sore!” jawabnya ramah. Wulan berbincang sebentar, lalu pamit.

Di mobil, Wulan terus teringat akan ucapan Omanya Alfa. “kamu kenapa Wulan?Mama perhatiin kamu ngelamun terus?” “eh…mm…engga apa-apa ko, Ma!” Wulan tersenyum. “bener ngga ada apa-apa?” “beneran ko, Ma!udah…Mama ngga boleh banyak pikiran…supaya calon adik aku sehat terus!” Tiana tersenyum lebar. “Papa kamu belom Mama kasitau malah, nanti di meja makan, biar surprise!” Mereka berdua tertawa bahagia. “Papa pasti seneng banget deh!Nanti aku juga mau telepon Ka Rahman. Ka Rahman pasti seneng banget juga!!” Wulan sangat bersemangat.

Di kamar, Wulan telungkup di kasurnya. Ia memandangi Rori, masih terngiang obrolannya tadi sore. Tiba-tiba handphone nya bunyi. “Roman!” Wulan membaca tulisan di handphone “my Gibran”. “halo…” “halo, Lan…lo udah di rumah?ko ngga ngabarin gue sih?” Roman nyerocos. “soriii…gue beneran lupa!” Wulan menepuk jidatnya. “gimana, Tante Tiana sehat kan?” “sehat ko…malah gue punya kabar bagus!!” “apa??” tanya Roman tak sabar. “gue….bakal punya adik!!” jerit Wulan senang. “serius??” Roman terkejut, “Alhamdulilah!!” ia ikut senang. “lo lagi ngapain?” “ini mau tidur…mata gue ngantuk banget!” “oh…lo pasti kecapean!ya udah, istirahat sana!” “iyaa…” “selamat malam bidadarinya Roman Arbani!” “selamat malam, Roman!” lalu telepon ditutup.

Keesokan harinya di kelas. “lo nyariin siapa sih, Lan?” tanya Yasmin penasaran. “eh…emmm…engga ko!” Wulan yang sedaritadi celingukan langsung diam. “Alfa ko ngga masuk lagi ya…” Wulan membatin. Kelas selesai. “kita turun yuk…biasa, nunggu jemputan sama-sama!” Yasmin nyengir. Wulan hanya tersenyum, lalu berjalan turun ke loby. “nah gue dijemput duluan…duluan yah!dadah!” Yasmin berlari ke arah Nico, meninggalkan Wulan sendirian. Wulan mengambil handphone nya. “Man, gue balik duluan, ada urusan…lo ngga usah jemput gue!nanti malem gue telepon, okey!” Wulan mengirim pesan pada Roman. Setelah itu ia bergegas ke luar gerbang, mencari taxi.

Wulan sampai di sebuah rumah. “duhh…gue ngapain sih ke sini segala??” katanya dalam hati. “masuk ngga ya?kalo masuk nanti dikira macem-macem…tapi kalo gue ngga masuk, kan udah susah-susah ke sini!” Wulan menimbang-nimbang. “ya udalah, masuk aja!” katanya pada diri sendiri. “assalamu alaikum!” Wulan mengetuk pintu. “waalaikum salam” jawab seorang wanita dari dalam rumah. “eh…kamu…temennya Alfa kan?yang kemarin di Rumah Sakit?” sapa si wanita. “ii…iya Oma..saya Wulan, temen sekampusnya Alfa.” jawab Wulan sambil tersenyum. “ayo masuk!” Wulan masuk ke dalam rumah.

“Alfa masih tidur di kamarnya…mau masuk?ayo Oma anter.” Wulan mengangguk. Ia berjalan ke kamar Alfa, di belakang Oma. Alfa terbaring. Wajahnya pucat. “Alfa mengidap penyakit jantung bawaan. Selagi hamil, ibunya merokok, padahal sudah Oma peringatkan. Sekarang, baru terlihat gejalanya pada Alfa.” Oma menerangkan. Wulan jadi ikut prihatin. “Oma…” Alfa terbangun. “ada siapa?” ia menggosok matanya sambil berusaha duduk. Wulan segera membantunya, “biar gue bantu!” Alfa menoleh, “Wulan!?” ia kaget. Wulan tersenyum padanya. “Oma tinggal ke dapur dulu ya..” Oma meninggalkan Wulan dan Alfa di kamar.

“lo ko bisa ada di sini?” suara Alfa lemah. “mm…ya gue mau jengukin lo!” Wulan duduk di kursi dekat ranjang. “dua hari lo ngga nongol di kampus…ngga ngabarin juga..” Alfa tersenyum, “lo hawatir sama gue gitu?” Wulan gelagapan. “mm…ya…bukan gitu…” “thanks yaa…” Alfa menatap Wulan dengan mata sendu. “lo pasti sekarang lagi ngasianin gue!” Wulan melongo. “Oma pasti udah nyeritain semuanya kan?” desak Alfa. “eng….engga ko!geer banget sih lo?!siapa juga yang kasian sama lo!” Wulan ngeles. “yang penting, lo harus minum obat lo teratur…dan hindarin segala pantangan lo!” tambahnya. Alfa senyum lagi.

“Al…mau makan di situ atau di meja makan?” tanya Oma. “Wulan makan sekalian ya..Oma masak banyak.” ajak Oma. Wulan berdiri, menggendong ranselnya, “aku sekalian pamit aja deh Oma…udah sore..” kata Wulan sopan. Oma tersenyum sambil kembali ke dapur. “Faa…gue balik dulu ya…lo makan yang banyak, biar cepet sehat!” Wulan senyum. “thanks ya, Lan…sori ngga bisa nganter lo balik!” Wulan mengangguk “santai aja!” Wulan berjalan keluar sambil melambaikan tangannya, “dah!” Alfa tersenyum sambil mengangguk.

Taxi yang ditumpangi Wulan sampai di depan rumah. Wulan membayar ongkosnya lalu turun. Wulan seketika mematung. Ia kaget, Roman sudah di sana menunggunya. Roman turun dari motor dan menunggu Wulan mendekat. “Mm…Man?!ko lo ada di sini??” Wulan terbata. “lo dari mana?ko baru pulang?” Roman menyelidik. “gue….gue…abis dari toko buku…iya, dari toko buku!” Wulan berusaha tenang. “kenapa ngga minta anter gue sih?” Wulan menunduk. Roman mendekati Wulan, lalu seketika memeluknya erat. “gue hawatir sama lo tau!” katanya tulus. Wulan jadi sangat merasa bersalah.

“lo udah makan?” tanya Roman. Wulan menggeleng, “belum.” Jawabnya singkat. “kita makan yuk!” Roman nyengir. Wulan mengangguk, “ayo…tapi gue taro tas gue dulu ya..” Roman mengangguk, “gue tunggu di sini ya!” Wulan berjalan masuk. Tak berapa lama, ia keluar lagi, sudah siap pergi. “yuk…” ajak Wulan sambil mengambil helm dari Roman. “pecel ayam yaa?” usul Roman. “boleh deh…” jawab Wulan sambil naik ke atas motor. Roman menyalakan motor lalu berangkat.

Di warung pecel. “tadi lo nyari buku apa?” tanya Roman sambil memakan potongan ayam. “mm…buku tentang jantung…” jawab Wulan refleks. “oh..emang lagi bahas soal penyakit jantung ya?” “iiyaa…” Roman makan dengan lahap. Wulan makan perlahan, sesekali memandangi Roman. “maafin gue ya, Man…gue terpaksa bohong sama lo!gue nggamau ada salah paham lagi.” Ia membatin. “aaa…” Roman meminta Wulan membuka mulut, menyuapinya potongan ayam. “makan yang banyak, biar lo sehat!” Roman senyum. Wulan juga ikut senyum. Selesai makan mereka langsung pulang.

Di jalan. Wulan memeluk Roman sangat erat. Ia menyandarkan kepalanya di punggung Roman. Roman melirik, tersenyum. Ia menggenggam pelukan si pacar. Mereka sampai di depan rumah Wulan. “makasih ya…” “buat?” “udah nemenin gue makan…dan…udah bikin gue tenang!” Roman senyum. “iya…sama-sama!” “selamat istirahat, Wulandari!” kata Roman sambil ngucek-ngucek kepala Wulan. “ati-ati ya…” pesan Wulan. Roman melaju pergi. Wulan memandanginya menjauh, “maafin gue, Man….” Katanya lirih.



Roman Picisan season 2 (fanfiction) Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang