“haloo…” suara Wulan masih ngantuk. “Lan..gue udah di depan rumah lo nih!” Wulan tersentak kaget. Ia langsung bangkit dari kasurnya, melihat ke jendela. “astagaaa…Romaaaaan!!” “kenapa?” Roman ikutan kaget. “gue lupa ngasitau lo kalo hari ini gue libur!” katanya panik. Roman langsung menoleh ke arah jendela kamar pacarnya. Ia menurunkan sedikit kacamata hitamnya, melirik Wulan dengan tajam. Wulan menaruh tangannya di depan dada “soriiiii!” katanya.
“ya udah kalo gitu gue langsung ke kampus yaa!” Roman melambaikan tangan ke jendela. “eh tunggu…tunggu…gue ke bawah, tunggu yaa!” Wulan berlari keluar. Roman menutup telponnya. Wulan membuka pagar. Roman memandanginya dari atas ke bawah, lalu tertawa. “iiih…ngetawain gue ya!” Wulan memukul lengan Roman. “engga ko…biarpun pake piyama, lo tetep cantik!” katanya sambil mengedipkan mata. “huuuh…gombal!” Wulan tersipu. “eh ko lo bisa libur sih?” “iyaa..dosen gue cuti, jadi kuliahnya dipindah minggu depan.” “lo sengaja lupa ya?” Wulan mengernyit. “supaya gue tetep ke sini, dan lo bisa ketemu gue!” Roman melirik jail. “ngaco?!” Wulan memanyunkan bibirnya.
“udah sana…nanti lo telat lagi!” “ngusir gue nih?” “iiiiih Romaaaaaaan!” Wulan mengguncang tangan Roman, “becanda terus sih?!” lanjutnya. Roman tertawa. “jadi hari ini lo di rumah aja?” Wulan mengangguk. “sekali-kali di rumah…males-malesan!” katanya sambil nyengir. “ya udah gue jalan ya!” Roman memakai helmnya. Wulan mengambil kacamata hitam Roman, lalu memakaikannya pada Roman. “udah….ati-ati di jalan ya!jangan ngebut!” Wulan tersenyum “iyaa…daaah!” Roman melajukan motornya.
Wulan masuk lagi ke kamar. Ia menjatuhkan dirinya ke kasur. “aaaah….enaknya hari libur!” tangannya menyentuh Rori. Wulan membalik, mengambil Rori. Sambil telungkup Wulan memandangi Rori. “I love you, Roriiiii!” katanya senang, lalu mencium Rori berkali kali. Tiba-tiba handphone nya berbunyi. Wulan langsung mengambil handphone nya. “Alfa!” gumamnya. “ngapain ya Alfa nelepon gue?!” Wulan memandangi handphone nya. Wulan menghela nafas. “halo..” jawabnya malas.
“halo…ini Wulan ya?” “Oma?!” Wulan kaget. “ii…iya Oma…ini Wulan…ada apa ya Oma?” “sukurlah ini bener kamu. Oma bingung mau minta tolong sama siapa…Alfa….” “Alfa kenapa Oma?” tanya Wulan cemas. “kondisi Alfa drop. Kemarin waktu Oma pulang, kamu sudah ngga ada di rumah…Alfa jatuh, pingsan.” Wulan terbelalak. “Alfa….” Ia membatin. “mm…sekarang Alfa gimana Oma?” “Alfa dirawat di Rumah Sakit. Kamu bisa datang jenguk Alfa?Oma lihat Alfa lebih semangat kalo ada kamu, Wulan!” pinta Oma. Wulan menggigit bibirnya, ia menimbang-nimbang. “emm…ya udah nanti siang aku ke sana Oma..” “terima kasih ya Wulan…Rumah Sakit yang kemarin, Oma tunggu ya!” Telepon ditutup.
“gue salah ya ninggalin Alfa kemaren?” wajah Wulan cemas. Wulan mengambil Rori. “Roriii….gue harus gimana sekarang??” ia benar-benar bingung. Pintu kamar Wulan diketuk. “Wulan…sayang…” Tiana memanggil. “iya Ma…masuk aja..” Tiana membuka pintu dan masuk. “kamu lagi ngapain?” tanyanya sambil menghampiri Wulan. “aku….” “mukanya ko murung gitu…kenapa?” Tiana membelai kepala Wulan. Wulan menatap Tiana, lalu memeluknya. “aku bingung Ma…nggatau harus gimana…” Wulan bercerita. “cerita ya sama Mama…” Tiana senyum. Lalu Wulan menceritakan semuanya.
“ya udah, sekarang kamu mandi dulu, siap-siap…nanti Mama temenin jenguk Alfa ya!” Wulan mengangguk. Tiana berdiri, “Mama tunggu di depan ya, sayang!” lalu keluar kamar. Wulan mengambil Rori lagi, “Rori…gue seneeeeeeeeng banget…!!” Wulan memeluk Rori erat. Ia melihat ke cermin, “Wulandari…lo harus inget, lo punya Mama yang bisa jadi sahabat lo!” senyumnya lebar sekali. “gue mandi dulu ah…” katanya pada diri sendiri. Wulan bersiap-siap. Mengambil handuknya lalu mandi.
“yuk Ma…aku udah siap!” Tiana menoleh, “cantik banget anak Mama!” ia mencolek dagu Wulan, “yuk!” ajaknya sambil menggandeng tangan Wulan. Di Rumah Sakit. Wulan dan Tiana sampai di depan kamar Alfa. “ini kamarnya?” Wulan menatap Tiana dan mengangguk. Tiana tersenyum, “tenang aja, kan ada Mama!masuk yuk..” Tiana mengetuk pintu, lalu mereka masuk. Oma menyambut mereka dengan ramah. Alfa terbaring lemah. “apa kata dokter, Oma?” tanya Wulan. “perlu istirahat extra aja ko, mungkin tiga harian sudah boleh pulang. Asal Alfa ada semangat dan rutin minum obatnya.” Oma menatap Wulan penuh harap.
Wulan mendekat ke ranjang. Hatinya iba. Digenggamnya tangan Alfa, “lo harus sehat, Fa!” bisiknya. Alfa terbangun. Otomatis mereka saling tatap. “Wulan!” panggilnya lirih. Wulan langsung melepas genggamannya. “eh… lo keganggu ya?” Wulan jadi kikuk. Alfa menangkap tangan Wulan. “thanks ya…lo mau dateng liat gue!” Alfa senyum sebisanya. “apaan sih…lo kan sahabat gue, wajar dong gue nengokin lo!” Wulan juga senyum. “lo harus semangat, biar cepet sembuh…kasian kan Oma lo harus jagain lo terus!” Wulan menceramahi. Alfa tertawa pelan.
“kalo lo udah bawel gini…gue yakin lo udah baik-baik aja!” suara Alfa masih pelan. Wulan tertegun. Alfa menatap Wulan lekat, “Lan…maafin gue ya kemaren!” Wulan terdiam. Lalu mengangguk perlahan, “iya…lupain aja!” tegasnya. “Wulan, kita pulang yuk, udah sore sayang..” Tiana menghampiri Wulan. “kamu cepet sembuh ya, Alfa!” katanya pada Alfa. “iya Tante, makasih.” Alfa tersenyum. “Fa…gue pamit ya…lo harus cepet sehat, kuliah lo ketinggalan banyak!” Wulan nyengir. “iyaa…” jawab Alfa singkat. Mereka berpamitan lalu pulang.
Sesampainya di rumah. Wulan turun dari mobil. “Roman?!” ia kaget, Roman sudah ada di depan gerbang, berdiri di samping motornya. “lo dari kapan di sini?” “mm….belom lama ko..” Roman nyengir. “eh, Roman!” sapa Tiana. “assalamu alaikum, Tante.” Roman mencium tangan Tiana. “diajak masuk dong Roman nya!” Tiana mengingatkan Wulan. “mau…masuk?” “boleh deh..” Lalu mereka masuk ke dalam rumah. “eh, Man..kita ngobrol di belakang aja ya…” ajak Wulan. Roman mengikuti Wulan ke samping kolam renang.
“ko lo ke sini ngga bilang-bilang?” tanya Wulan. “iya…kebetulan aja kelas sore diganti besok, jadi gue langsung ke sini.” Wulan mengamati Roman dengan seksama. “kenapa sih…ko liatin gue nya gitu banget?” Roman bingung. “kayanya lo sampe ke sini tiba-tiba karna ada sesuatu yaa?” Wulan menyelidik. Roman tertawa, “sotoy!” “permisi Non, Den…ini minumnya…monggo..” si Mbok meletakan dua gelas jus melon di meja, lalu kembali ke dapur. “makasih ya Mbok!” kata Roman sopan. “gue minum yaa…” Roman mengambil gelasnya dan meminum jus melon dengan cepat.
“haus, Pak?” ledek Wulan. Roman nyengir, “iyaa…panas banget tadi pas nungguin bidadari datang.” Wulan tertawa. “eh eh…lo belom jawab gue yaa…apa coba yang bikin lo ke sini?” Wulan mendelik. Roman menatap Wulan lekat. Perlahan mendekatkan wajahnya ke wajah Wulan. “soalnya….” Wulan menyipitkan matanya menyimak, “gue…..kangen sama lo!” Roman mengedipkan sebelah mata. “gombal!!” Wulan spontan memukul bahu Roman. “aw…sakit!” Roman mengelus bahunya, “pacar mau pergi jauh malah dipukul, bukannya disayang!” Wulan tercekat, “apa??” mereka berdua saling menatap dan mematung beberapa saat. “lo mau pergi jauh??” sambung Wulan.
Roman menggenggam tangan Wulan. “iya Lan…gue harus pergi ke Surabaya….ada pagelaran sastra di sana, dan gue diajak sama dosen gue untuk bisa liat.” Wulan menatap Roman. Matanya mulai berkaca-kaca. Ia melepaskan genggaman Roman, menyeka air matanya. “berapa lama?” “satu minggu.” “kapan?” “besok.” Wulan shock, “BESOK??” Wulan meyakinkan. Roman mengangguk. Roman berlutut di depan Wulan. Menggenggam kedua tangannya, “Lan…besok sore gue berangkat, cuma seminggu ko!kita masih bisa vidio call kan…gue pasti bakal sering ngabarin lo!” Wulan menatap Roman, wajahnya sendu.
“jangankan seminggu….sehari ngga ketemu aja gue pasti kangen!” kata Wulan manja. Roman tersenyum. “gue juga pasti kangen banget lah…tapi kan ini demi kuliah gue….lo mau gue berhasil kan?” “ya iyalah!” Wulan manyun. “jadi lo ngijinin gue kan?” Roman masih menatap Wulan. Wulan mengangguk pelan. “tapi lo harus janji…ngga boleh nakal!” “iyaa gue janji!” jawab Roman sambil ngucek-ngucek kepala Wulan. Wulan hendak memeluk Roman, tapi Roman melotot. “ini di rumah lo!” bisiknya. Wulan cepat-cepat menurunkan tangannya. “kalo gitu...gue bantu lo packing yaa…!” Roman mengangguk. Lalu mereka bergegas ke kost Roman.
Di kamar kost. Roman memasukkan baju-baju ke dalam koper. Wulan malah duduk di kasur sambil asik memainkan handphone Roman. “charger handphone jangan lupa!” Wulan mengingatkan, “nanti kalo handphone lo mati gara-gara lo lupa bawa charger kan gue jadi ngga bisa hubungin lo!” “takut banget yaa lost contact sama gue?” Roman tertawa jail. Wulan mendelik, “justru gue kasian sama lo kalo nanti ngga bisa vidio call sama gue!” Wulan menjulurkan lidahnya lalu tertawa. Wulan meletakkan handphone Roman, lalu menghampiri Roman membantu merapikan isi koper. “beress!” katanya sambil menutup seleting koper.
Roman mengambil dua tangan Wulan, menarik tubuh Wulan mendekat. Ditatapnya Wulan lekat. Roman mengangkat dagu Wulan perlahan sambil mendekatkan wajahnya. Wulan jadi deg-degan, ia cepat-cepat menutup matanya. Roman tersenyum. Ia mengecup kening si pacar, lalu memeluknya erat. “gue bakal kangen banget sama bidadari gue ini!” bisiknya. Wulan balas memeluk Roman erat, “gue juga!” katanya. Roman melepas pelukannya. Ia mengacungkan jari kelingking, “lo harus janji, selama gue pergi…lo harus jaga diri baik-baik…ngga boleh nakal….dan harus selalu ngabarin gue soal apapun!” Wulan mengaitkan kelingkingnya, “janji!!” katanya, “lo juga ya!” Roman mengangguk mantap.
“sebelum lo pergi…lo harus dinner dulu sama gue!” Wulan memaksa. Roman tersenyum, “iya ayok…!” Wulan senyum senang. Mereka pergi ke sebuah café outdoor. Wulan celingukan melihat suasana sekitar. “ini tempat enak banget!” wajahnya sangat bersemangat. “iya…gue suka tempat terbuka gini..bisa liat langit!” jawab Roman sambil meminum cappuccino nya. “cobain deh ini…enak banget!” Wulan menyuapi Roman sepotong steak ikan. “iyaa enak!” Roman memotong steak miliknya, “nih lo juga cobain punya gue…” Roman menyuapi Wulan juga. “mmm…iya ini enak banget!” Wulan manggut-manggut.
Tiba-tiba lampu di tiap meja padam. Ada lampu sorot menerangi bagian tengah café. Musik melantun perlahan. “kita dansa yuk!” ajak Roman. Wulan terbelalak, “hah??dansa??” Wulan celingukan. “ngga ada yang dansa kali, Man!” bisiknya. Roman berdiri, lalu menyodorkan tangannya. Wulan menutup wajahnya dengan kedua tangan. Ia menggeleng. “Wulandari…would you please….” pinta Roman dengan suara keras. Wulan menatap Roman malu. Lalu ia menyambut tangan Roman. Ia berdiri. Mereka berjalan ke bawah sorotan lampu. Roman memeluk pinggang Wulan, dan Wulan mengalungkan tangannya di leher Roman.
Mereka berdua saling tatap dengan mesra. Wulan tersenyum manis. Roman membalas senyumannya.
“jangan ucap selamat tinggal,
karna perpisahan ini hanya sepenggal.
pergi sebentar lalu kembali,
maka tetaplah saling peduli.
biarkan jarak membentang sementara,
agar cinta dan rindu semakin terasa.
Wulandari…
nantilah aku sepenuh hati,
karna janji cinta ini pasti kutepati.”
Wulan sangat terharu. Matanya berkaca-kaca. Langkahnya terhenti. Ia langsung memeluk erat si pacar. “gue bakal nunggu lo di sini…dan lo harus secepetnya pulang!” bisiknya. Roman tersenyum, ia memeluk Wulan erat.
KAMU SEDANG MEMBACA
Roman Picisan season 2 (fanfiction)
Fanficini hanya sekedar cerita (halu), untuk melanjutkan sebuah kisah cinta, karena Roman sudah tidak Picisan lagi.. ??