Part 22 Pelukan Seorang Sahabat

3.3K 85 5
                                    

“ya ampun, Lan…gue grogi banget nih!” “udah, santay aja…udah cantik ko!” kata Wulan sambil merapikan rambut Yasmin. “tuh…cantik banget malah!” mereka berdua melihat ke cermin sambil senyum. “bukan soal penampilan gue….tapi ini soal hati gue…” Yasmin sangat grogi. “cieeee…udah bawa-bawa hati nih…gue ngga bisa bantu deh…” Wulan mengangkat kedua tangannya sambil tertawa jail. “Wulaaaaaaaan…!” Yasmin berdiri mengejar Wulan. “maap Non, ada tamu yang cari Non Yasmin di depan.” Tiba-tiba si Mbo mengagetkan mereka. Mereka berdua saling pandang, “Nico!!” kata mereka kompak.

Wulan mengantar Yasmin ke ruang tamu, menemui Nico. “haii Yas, haii Lan!” sapa Nico sambil senyum. “haiii” Yasmin dan Wulan menjawab bersamaan. “duduk Yas…” Wulan mendorong Yasmin untuk duduk di dekat Nico, “gue bikinin minuman dulu yaa…” kata Wulan sambil berlalu. “Mbo…tolong bikinin minuman yaa…” bisik Wulan. “beres Non!tapi si Non mau ngapain toh umpetan di sini?” “ssssttt…nanti ketauan!” Wulan mengintip Yasmin dan Nico dari balik dinding. “oalah Non…orang pacaran ko diintipin, si Non juga kan udah punya pacar sendiri.” si Mbo geleng-geleng sambil meninggalkan Wulan ke dapur. “dasar young people!” katanya sok inggris.

“ini monggo diminum es jeruknya…” si Mbo meletakkan dua gelas es jeruk di meja. “makasih ya Mbo.” kata Nico sopan. “makasih Mbo…” Yasmin ikutan. “duuh…Wulan mana sih??pasti dia sengaja nih ninggalin gue berduaan gini!ck…” Yasmin membatin. “minum, Yas…” kata Nico kaku, lalu ia meminum es jeruknya. Yasmin manggut, lalu ikut meminum juga es jeruk miliknya. “kaku amat sih kalian…” tiba-tiba Wulan muncul dan duduk dekat Yasmin. “ngobrol dong…santay aja lagi…anggap aja bukan di rumah gue!” Wulan nyengir. Yasmin langsung mencubit sahabatnya itu sambil berdecak.

Yasmin dan Nico tidak banyak terlibat dalam pembicaraan. Wulan mulai berpikir. “ajak ke café aja gitu…gimana?” Wulan mengirim pesan pada Nico. Nico melirik ke arah Wulan, tapi Wulan tidak menggubris, ia takut ketahuan sahabatnya. “mmm…Yas, kita ke café aja yuk…”ajak Nico. Yasmin mendadak salah tingkah. Wulan menyikutnya pelan. “iyaa Yas…lo ngafe aja yaa sama Nico…gue ada janji juga sama Roman..” Wulan mengedipkan matanya pada Yasmin. Yasmin akhirnya mengangguk setuju. Lalu Yasmin dan Nico pergi ke café.

Di café. “lo mau pesen apa?di sini yang terkenal chicken cordon bleu sama…fruit punch.” kata Nico. Yasmin membolak-balik buku menu. “ya udah, gue ikut lo aja deh…bingung juga menunya banyak.” Yasmin tersenyum malu. Nico memanggil waiter, lalu memesan makanan dan minuman untuk berdua. “lo masih canggung ya sama gua?” tanya Nico. “eh…mm…” Yasmin masih saja grogi. “santay aja…gua ngga bakal gigit lo ko!” Nico berusaha mencairkan suasana. “ya ngga gitu juga kali…” jawab Yasmin sambil tertawa. “nah gitu dong, ketawa…kan gua juga jadi ngga takut!” Nico ikutan tertawa.

“lo cantik hari ini….eh, maksud gua lebih cantik…” Nico mulai merayu. Yasmin tersipu. “apaan sih lo!” Yasmin mengaduk minumannya kikuk. “gue serius…”kata Nico tegas. Yasmin jadi semakin deg-degan. “gua suka sama lo, Yas…” Nico nembak Yasmin. Yasmin cengo. Matanya lalu mengedip-ngedip. Ia menenggak minumannya banyak-banyak. Nico tersenyum, “awas keselek!” katanya. “gue…gue….” Yasmin gelagapan. Nico memegang tangan Yasmin. “Yas…gue serius…gua suka sama lo…lo mau kan jadi pacar gua?” tanyanya mantap sambil menatap lekat mata Yasmin.

Yasmin menarik tangannya dari pegangan Nico. “sori, Nic…gue mau ke toilet dulu!” lalu Yasmin buru-buru meninggalkan meja. Di toilet ia berdiri di depan cermin. “ya ampun…jantung gue mau copot!!!” batin Yasmin, “dia seriusan nembak gue!!” Yasmin mengatur nafasnya yang terengah. Setelah lebih tenang, Yasmin keluar dari toilet, hendak kembali ke meja. Tiba-tiba seorang wanita menarik tangan Yasmin. Mendorongnya keras hingga tubuh Yasmin bersender ke dinding. Yasmin kaget. Ia sama sekali tidak mengenal wanita itu.

“jadi lo target barunya si Nico?!” kata wanita itu ketus. Matanya melotot dan tangannya menunjuk-nunjuk bahu Yasmin. “apaan sih…lo siapa?” Yasmin melawan. “eh lo malah nyolot hah??” seketika wanita itu melayangkan tangannya hendak menampar Yasmin. Tapi “happ” ada tangan lain yang menangkap tangan wanita itu. Wanita itu menoleh. “upss…sorii, gue ngga bakal biarin lo nyakitin sahabat gue!” “Wulan!” teriak Yasmin. Sekarang wanita itu berdiri berhadapan dengan Wulan. Tatapan keduanya saling menusuk.

“lo siapa?” “elo juga siapa?” Wulan menjawab lebih galak. “gue mantannya Nico! Dan gue ngga ada urusan sama lo!” wanita itu menantang dengan mendorong bahu Wulan. Wulan kembali maju, “kalo itu dia…” Wulan menunjuk ke arah Yasmin, “berarti ada urusannya sama gue!” kata Wulan tegas. “okey, cukup!” Roman tiba-tiba berdiri di antara Wulan dan wanita itu. “daripada ribut di sini…mending kita obrolin baik-baik di meja depan!” Roman menengahi. Lalu mereka semua ke depan, menghampiri Nico di meja.

“loh…ko kalian ada di sini?” kata Nico kaget. “Lucy??” katanya semakin kaget saat melihat mantan kekasihnya. Yasmin masih shock. Wulan memeluk sahabatnya dengan erat. Setelah berbincang, Nico meminta Lucy pergi. Masalah antara mereka berdua sudah clear. “Yas…gua minta maaf banget…gua ngga ngira sama sekali kalo Lucy bakal berbuat senekat ini.” kata Nico menyesal. Yasmin terdiam. “bisa lo ceritain Lucy itu siapa?” Wulan minta penjelasan. “Lucy itu mantan gua, udah dua taun lalu…tapi ya gua juga ngga ngerti kenapa dia masih neror gua.” Nico bercerita singkat.

Yasmin memeluk erat Wulan. Wulan menatap Roman. Roman paham, lalu mengajak Nico keluar. Tinggal Wulan dan Yasmin di meja. “lo ngga apa-apa kan Yas?” tanya Wulan hawatir. Yasmin mengangguk. “lo ko bisa ada di sini?” Wulan nyengir, “iyaa…sori yaa Yas…gue hawatir sama lo, abis lo kan grogi banget…jadi gue minta Roman nemenin gue ngikutin lo sama Nico!” “ohh…” Yasmin mengangguk-angguk, “tapi untung lo datang tepat waktu…kalo engga…gue udah babak belur kali ya sama tu cewe!” kata Yasmin kesal. “makasih ya!” Yasmin memegang tangan Wulan. Wulan senyum. “iyaa…” jawabnya sambil menggenggam tangan sahabatnya itu.

“perasaan lo sama Nico gimana sih?” Wulan menyelidik. “mmm….jujur...gue juga suka sama dia…tapi…kejadian tadi bikin gue takut, Lan…” wajah Yasmin jadi sedih. “gue ngerti….” Wulan merangkul Yasmin, “lo ikutin aja apa kata hati lo…karna gue cuma bisa ngasih saran…selebihnya,cuma hati lo yang paling tau!” lanjut Wulan. Yasmin senyum. “ckck…pacarnya Roman emang beda ya…bijak banget!” Yasmin sudah bisa bercanda lagi. Mereka berdua tertawa. Tak lama Roman dan Nico pun masuk, duduk di meja bersama mereka.

Roman duduk di samping Wulan. Ia menarik Wulan untuk mendekat, membiarkan Yasmin dan Nico mengobrol. “sori Nic….kayanya gue belom bisa kasih lo jawaban…” kata Yasmin pelan. Nico tersenyum, “iya, gua ngerti ko!tapi…lo ngga marah sama gua kan?” “ya engga lah…” keduanya tersenyum. “ya udah, gua anter lo pulang ya..” ajak Nico. Yasmin mengangguk. “Lan… Man…gue balik duluan ya…thanks banget!” pamit Yasmin. “okeey…” Wulan memeluk Yasmin “baek-baek yaa….” pesannya. Nico pun pamit. Tinggal Roman dan Wulan di sana.

“kita juga pulang yuk..” ajak Wulan. “tar dulu deh…” wajah Roman serius. Wulan mengernyit, “kenapa?” tanyanya penasaran. Roman melipat kedua tangannya. Lalu mendekatkan wajahnya ke wajah Wulan. “tadi itu di depan toilet…pacar gue ko keren banget sih?” kata Roman sambil menaikturunkan alisnya ala Sam. Wulan mendadak malu. “apaan sih…” Wulan mendorong wajah Roman menjauh, “gue cuma jiplak omongan lo tempo hari ko…” Wulan nyengir. Gantian Roman yang mengernyit. “omongan gue??kapan??” dia menyelidik.

“suka pura-pura deh!” Wulan melirik. “seriuss…kasitau gue dong…gue ngga inget!” pinta Roman. “waktu itu gue diculik sama mantannya Bella…trus lo tiba-tiba muncul nolongin gue…” “terus?” “terus…lo bilang, kalo itu gue, ya jadi urusan lo!” Wulan tersenyum lebar mengenang kejadian itu. “oooh…membekas banget yaa?” Roman mencolek hidung Wulan, “sampe lo inget sejelas itu!” Roman tertawa jail. “Romaaaaaaaaan!!!” Wulan berteriak. Roman langsung membekap mulut Wulan, “sssstt…malu diliatin orang lain!” Wulan melirik jail. Digigitnya tangan Roman. Reflek Roman melepas bekapannya. Wulan tertawa.

Roman juga reflek merangkul Wulan. “nakal yaa sekarang!” Wulan menghindar, sementara Roman berusaha mencubit pipi Wulan. Akhirnya kepala mereka berbenturan. “aaaw…” mereka menjerit bersamaan. Lalu tertawa bersama. “udah yuk pulang!” ajak Wulan. Roman mengangguk. Mereka bergandengan menuju parkiran. Roman memakaikan helm pada Wulan. Wulan balik merekatkan pengaman helm Roman. Lalu Wulan naik ke motor, dan langsung memeluk erat si pacar. Roman melirik pelukan Wulan, lalu tersenyum lebar. Motor melaju pulang.

hari ini aku belajar,
bagaimana berteman dengan wajar.
bukan sekedar berbagi materi,
tapi lebih soal saling peduli.
bukan sekedar berbagi sesuatu,
tapi lebih saling memberi waktu.
bukan sekedar berbagi perkataan,
tapi lebih saling memberi pelukan.
tertawa, menangis dan berdebat,
itulah arti SAHABAT.
Roman tersenyum bahagia, digenggamnya tangan si pacar yang sedang memeluknya erat.

Roman Picisan season 2 (fanfiction) Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang