Part 31 Kebohongan Yang Terungkap

2.5K 65 1
                                    

“makasih, pacar!” kata Wulan sambil menyerahkan helm pada Roman. “sama-sama,pacar!” Roman tersenyum. “kuliah yang bener yaa…jangan mikirin gue terus!” goda Wulan. “lo juga…!” kata Roman sambil mencolek hidung Wulan. Mereka tertawa. Seketika perhatian Wulan teralih. Sebuah taxi berhenti di depan loby. Alfa keluar dari taxi itu. “eh…mm…Man…gue ke kelas ya, udah mau telat!” Wulan pamit dan bergegas pergi. Roman bengong. Ia geleng-geleng kepala, lalu pergi dari sana.

“Alfa!” panggil Wulan. Alfa menoleh dan tersenyum. “Lan…!” balasnya. “lo udah sehat?” “menurut lo?” Alfa berjalan ke kelas, Wulan mengikuti. “sukur deh kalo lo udah sehat!” Wulan nyengir. Alfa dan Wulan masuk ke dalam kelas. “tumben lo barengan sama Alfa?!” tanya Yasmin. “oh…iya tadi ketemu di loby.” jawab Wulan. “beneran ketemu atau..?” desak Yasmin curiga. “apaan sih??” Wulan panik. Yasmin tertawa senang. “awas lo…nanti ketauan sama Roman, tar lo nyesel!” Yasmin terus menggoda Wulan. Wulan mendelik.

Kelas hampir selesai. Wulan memandangi Alfa yang masih tampak lesu. “heh, Lan!” Wulan kaget. “lo ngeliatin apa sih?serius banget daritadi…” Yasmin mencoba mengikuti arah tatapan Wulan tadi. “apaan sih Yas…gue ngga liatin apa-apa ko!” jawabnya kikuk. “tar balik mau ngga nemeni  gue cari kado?” tanya Yasmin. Wulan melamun. “Laaaan!” Yasmin menepuk pundak Wulan. “bengong aja!” Wulan tampak cemas, “Yas…gue boleh ngga minta tolong sama lo?” Yasmin mengernyit.
“minta tolong apa?” “Wulan berbisik ke telinga Yasmin, “kalo Roman tanya sama lo, lo bilang gue bareng lo nyari kado…” Yasmin langsung menoleh. “maksud lo??” Yasmin membelalak tak percaya, “gue harus bohongin Roman gitu??” Yasmin geleng-geleng, “ngga!” katanya tegas. “Yas…pleaseeee!” Wulan memelas. Yasmin jadi tak tega. “emangnya lo mau ke mana sih Lan?” Wulan menggigit bibirnya. “kalo lo ngga jujur…gue ngga mau ya nolongin lo!” Yasmin mengancam. “gue mau anter Alfa pulang!” “Wulaaaan!?!” Yasmin menjerit kaget.

Wulan membekap mulut Yasmin,”ssssttt!apa sih lo pake teriak segala?!” protes Wulan. “lo serius mau anter Alfa pulang?” Yasmin masih ngga percaya. Wulan mengangguk. “Yas…Alfa itu sakit…gue ngga tega liat dia sendirian naik taxi…kalo sampe ada apa-apa di jalan gimana?” ucapnya menerawang. Yasmin geleng-geleng. “tapi Lan…lo mikir ngga gimana kalo sampe Roman tau??” “ya makanya Roman jangan sampe tau!” Yasmin mengangkat dua tangan, “aduh…gue ngga ikutan deh…!” “Yass….pleaseeee…!!!” Wulan terus memohon. “iya deh iya…tapi cuma kali ini aja ya!” jawab Yasmin tegas. Wulan langsung memeluk Yasmin, “makasih Yasss!!”

Kelas selesai. “halo, Man…gue ngga usah dijemput ya…gue mau nemenin Yasmin cari kado!” “oh..ke mana?” “mm…ke mall deket sini sih.” “gue temenin ya?” “eh..mm…ngga usah…Yasmin pengen berdua aja sama gue!” “ya udah…ati-ati ya…kalo ada apa-apa cepet kabarin gue!” Roman masih trauma kejadian malam itu. “iyaa…!ya udah sampe nanti…bye!” Wulan menutup teleponnya. “thanks ya, Yas!” Wulan meninggalkan Yasmin, menghampiri Alfa.
“Fa…!” Alfa menoleh, “hei Lan..” “lo mau langsung pulang?” “iya..” jawab Alfa sambil mengangguk. “gue temenin ya!” Wulan tersenyum. Alfa mengernyit, “serius lo?” “iyaa…serius gue!” Wulan meyakinkan. “nanti yang ada lo berantem lagi sama Roman!?” Wulan terpana. “mm…jadi nggamau gue temenin nih?” Wulan mengalihkan. “ya mau lah!” Alfa nyengir. “ya udah, yuk!” ajak Wulan. “setidaknya gue mastiin Alfa sampe ke rumah dengan selamat!” Wulan membatin.

Wulan dan Alfa sampai di depan rumah. “udah sana lo masuk!” Wulan memberi isyarat. “lo ngga masuk dulu?” “engga deh, gue langsung aja..” jawab Wulan. “eh, ada Wulan…” tiba-tiba Oma muncul. “halo Oma!” sapa Wulan. “kebetulan ada kamu…Oma bisa minta tolong?” Wulan dan Alfa saling pandang. “Oma harus ke rumah temen Oma sebentar…Wulan bisa tolong temenin Alfa dulu?” Wulan serba salah. “duuuuh…gimana ini???!” ia menjerit dalam hati. “bisa ya?” desak Oma. Akhirnya Wulan mengangguk, “iya Oma bisa…” jawabnya.

Oma sudah pergi. Tinggal Wulan dan Alfa di rumah. Mereka di meja makan, sedang menikmati makan siang. “sini biar sama gue!” Wulan membereskan piring bekas makan. Alfa memandangi Wulan. Ia tersenyum. “coba aja lo belom punya Roman…” gumamnya dalam hati. “nih minum dulu!” Wulan menyodorkan segelas air putih. “obat lo di mana?di minum sekalian!” “ada di kamar” Wulan hendak ke kamar mengambilkan obat, tapi Alfa menahan tangan Wulan.
“biar gue ambil sendiri!” kata Alfa. Wulan menghentikan langkahnya. Alfa berusaha berdiri, tapi hampir terjatuh. “eh eh…!” Wulan menangkap tubuh Alfa. “lo ati-ati dong!sini biar gue tuntun.” Wulan menuntun Alfa ke kamar. Saat hendak duduk di kasur, Alfa tiba-tiba oleng, terjatuh ke kasur bersama Wulan yang sedang menuntunnya. “aaaaw!” jerit Wulan. Wulan tergolek di atas lengan Alfa. Mereka saling tatap. Alfa mendekatkan wajahnya ke wajah Wulan. Semakin dekat. Makin dekat.

“Faaa!” Wulan mendorong tubuh Alfa menjauh, lalu berusaha bangun. Tapi Alfa menarik tangannya, Wulan kembali terjatuh. “kenapa lo menghindar?” “lo apa-apaan sih?” Wulan berontak. “lo sayang sama gue kan, Lan??iya kan??” tanya Alfa serius, “buktinya…lo peduli banget sama gue!” Wulan mendorong Alfa kuat-kuat. Lalu ia berdiri. “lo salah, Fa!gue peduli sama lo karna lo sahabat gue!” tegasnya. “tapi kayanya gue salah…ngga seharusnya gue ada di sini!” kata Wulan menyesal. Ia mengambil ranselnya, lalu bergegas keluar.

Wulan mencari taxi. Ia ingin segera pergi jauh dari Alfa. Di dalam taxi ia menangis. “ini semua salah gue!salah gue!!” gumamnya dalam hati, “gue udah bikin Alfa salah sangka…dan yang lebih parah, gue udah bohongin orang yang paling gue sayang!!” tangisnya menjadi. “maafin gue, Man…maafin gue…!” sesalnya dalam hati. Taxi berhenti di sebuah taman. Wulan membayar ongkosnya lalu turun. Ia berjalan di taman, lalu duduk di salah satu kursi di sana. Masih terisak, ia mengirim pesan pada Roman, memintanya datang ke taman.

Dua puluh menit kemudian, Roman datang. “Lan…!” panggilnya sambil duduk di samping Wulan. Wulan langsung menghambur memeluknya erat. Roman bingung. Ia membalas pelukan Wulan dengan lembut. “lo kenapa?” tanyanya, “ko nangis?” Wulan semakin senggukan. “Maaaan….” suara Wulan bergetar, “gue minta maaf!” Roman semakin bingung. Ia membelai kepala Wulan. “ada apa sih?ceritain dong sama gue…” pinta Roman. Wulan memeluknya semakin erat. Roman tersenyum. Dikecupnya kepala si pacar, menenangkannya.

Roman menyeka air mata Wulan. “lo tenangin diri dulu…trus cerita sama gue…yaa…” Wulan masih saja terisak. Roman merogoh sakunya, “Lan…gue ngga bawa tissue…” Roman nyengir. Lalu ia meniup wajah Wulan perlahan. “udah, biar air matanya kering!” tambahnya. Wulan menggenggam tangan Roman. “Man…maafin gue ya!” katanya memelas. “maaf untuk apa?” Roman menatap Wulan. “gue….gue…..” “kenapa?” “gue udah ngga jujur sama lo!” Wulan menyelesaikan.

Roman tampak terkejut, tapi ia berusaha tetap tenang. “soal apa?” tanyanya tenang. “sebenernya….kemaren gue ngga ke toko buku…dan tadi pun gue ngga nemenin Yasmin cari kado!” “terus…lo ke mana?” “gue….gue nemenin Alfa di rumahnya!” Roman terhenyak. Ia menarik nafas panjang, menghelanya perlahan. Tangannya terkepal menahan kecewa. “untuk apa lo ke rumah Alfa?” “Alfa sakit, Man….gue jadi ngga tega…waktu di Romania pun dia bantu gue saat gue sakit…” Wulan kembali terisak.
“gue tau gue salah…sikap gue ternyata salah dimengerti sama Alfa…” Wulan menyeka air matanya, “lo mau kan maafin gue?” tatapan Wulan penuh penyesalan. “kalo gue ngga mau maafin lo…gimana?” kata Roman serius. Wulan langsung panik. “lo mau gue ngapain biar lo mau maafin gue?” Wulan mengeratkan genggaman tangannya. Roman menatap Wulan lekat. Hatinya kecewa. Ia melepaskan genggaman si pacar, lalu berdiri. Wulan juga berdiri, memeluk Roman dari belakang.

“Man…pleaseeee…maafin gue!” katanya sambil terus menangis. Roman memejamkan matanya. Hatinya tak sanggup mendengar tangisan Wulan. Ia membalikkan badannya. Menggenggam kedua tangan Wulan.
aku mencintaimu dengan sangat,
tak termakan oleh karat dan ngengat,
aku menyayangimu dengan sangat,
tak tergoyah oleh tipu muslihat.
manusia bisa saja berbuat khilaf,
maka bukalah lebar pintu maaf,
luka hati bisa diobati,
tapi cintamu takkan pernah terganti.”
Lalu memeluk Wulan dengan erat. “jangan pernah tinggalin gue!” bisiknya. Wulan menggeleng, “ngga akan pernah!” jawabnya. Wulan memeluk Roman lebih erat.

Roman Picisan season 2 (fanfiction) Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang