Malam hari di kamar Wulan. Wulan duduk di ujung kasurnya, memeluk Rori erat. Air matanya tak berhenti mengalir. “Maaaan…maafin gue!” ucapnya berulang-ulang. Ia mencoba menelepon Roman, tapi tidak dijawab. “Rorii…gue jahat…gue jahat!” katanya menyalahkan diri sendiri. Tiba-tiba handphone nya berbunyi. Segera dilihatnya “Karin”. “Riiiin….tolongin guee….” tangisnya pecah. “Lan…lo kenapa?” tanya karin kaget, “ko lo nangis gitu?” Wulan menceritakan kejadian siang dan sore tadi pada Karin, sambil menangis.
“ya udah…sekarang lo tenangin diri lo dulu…biar gue bantu caritau kabar Roman ya!” Karin menenangkan. Telepon ditutup. “haduuuh…soal Yasmin sama Nico aja belom kelar…ini malah Wulan sama Roman lebih parah!” Karin jadi cemas. “coba gue tanya Sam deh!” gumamnya sambil menelepom Sam. “iya, Rin!” “Sam…Roman ngehubungin lo ngga?” Sam terdiam. “Sam!lo denger gue kan?” “ii…iya…gue denger ko!” “kenapa lo ngga jawab?” Karin mengernyit, “hmm…pasti ada Roman ya di situ?” tebaknya. “iyaa…tapi lo jangan kasitau Wulan!” Sam mewanti-wanti. “Wulan udah cerita semua sama gue…dia terpukul banget, gue ngga tega!” “sama lah!Roman malah lebih babak belur nih!” “maksud lo?”
“dia datang ke rumah gue, basah kuyup, mukanya udah ngga jelas banget lah…marah, kecewa….tatapannya kosong!kayanya baru kali ini gue liat dia sekacau ini!” “ya Allah…!” Karin memijit keningnya, “kita harus gimana?” “gue juga nggatau, Rin!” Mereka berdua terdiam. “sementara waktu, Roman bakal nginep di tempat gue…dia butuh waktu buat sendiri katanya!” “iyaa…gue ngga bakal kasitau Wulan. Mereka berdua emang perlu sendiri-sendiri dulu sementara.” Karin setuju. “ya udah deh kalo gitu, dah!” Karin menyudahi teleponnya.
Di kamar Sam. Roman duduk di lantai, memeluk lututnya. Tatapannya kosong. “Man…nih minum dulu coklat angetnya!ntar lo sakit lagi!” Sam menyodorkan segelas coklat hangat. Roman hanya diam. “barusan Karin nelpon gue…dia cerita, katanya Wulan…” “gue mau sendirian, Sam!” Roman tiba-tiba memotong. Sam memandangi sahabatnya itu, ia paham bagaimana kondisi Roman sekarang. “ya udah…jangan lupa lo minum coklatnya, lo abis menggigil tadi!gue tinggal ya!” Sam menepuk-nepuk bahu Roman, lalu meninggalkannya sendirian di kamar.
Roman masih diam. Ia membiarkan air mata menetes di pipinya.
“kubawa segenggam cinta,
tapi kau beriku segores luka.
kuharap pelukan yang hangat,
tapi hatiku malah sakit tersayat.
Bidadari…
lupakah kau pada ikrar cinta kita,
hingga karnanya kau sanggup berdusta.”
Tangannya mengepal kuat, lalu tiba-tiba ia menjerit sambil meninju lantai. Sam berdiri di depan pintu, ia ikut merasakan kepedihan sahabatnya itu. “lo harus bisa lewatin ini, Man!lo sahabat gue yang paling hebat!” bisiknya.
Keesokan harinya, jam satu siang di kantin kampus. “Yas…di sini!” Karin melambaikan tangan pada Yasmin yang celingukan. Yasmin bergegas menghampiri. “kalian udah lama?” tanya Yasmin sambil duduk di samping Karin. “belom ko…baru aja!” jawab Ghina. “lo udah ngga apa-apa?” tanya Karin berbisik. “lupain aja, gue ngga apa-apa ko…Wulan lebih butuh kita sekarang!” Yasmin meyakinkan. “Wulan ngga ngampus ya?” Sam bertanya. Yasmin mengangguk, “iyaa…gue telpon pun dia ngga jawab!” “aduh…ko jadi gini sih?!” Darren garuk-garuk kepala. “kecewa sudah itu Wulan sama Roman!” Karlo ikutan. “aduh cumi…lo mending diem aja dulu deh!yang kecewa itu Roman, gara-gara Wulan!” kata Bobi gemes.
“eh eh…udah udah…ko malah berantem sih!kita fokus dulu sama Wulan dan yayang Roman, okey!” Sisi menengahi. “sebenernya Wulan tuh masih serius sama Roman apa engga sih?” tanya Sam dengan nada marah. “ya masih lah!” jawab Yasmin cepat, “gue tau banget gimana Wulan!cintanya Wulan itu ya cuma Roman!” “terus gimana sama Alfa?” Darren penasaran. “itu tuh cuma kebetulan aja…Wulan itu nganggap Alfa sahabat, ngga lebih!” jawab Yasmin yakin. “ya udah…mendingan cewe-cewe nyamperin Wulan, dan biar kita cowo-cowo nyamperin Roman!” Sam memberi ide. Semua setuju, lalu mereka berpisah di sana.
Di rumah Wulan. Wulan masih duduk di kasurnya, memeluk Rori sambil melamun. “permisi Non…ini ada temen-temennya Non Wulan dateng.” kata si Mbok sambil mengetuk pintu kamar Wulan. Wulan tidak menjawab. “Lan…ini gue…boleh masuk yaa?!” Yasmin mencoba membujuk. “iyaa…masuk aja!” jawab Wulan pelan. Yasmin, Karin, Ghina dan Sisi langsung masuk. “ya Allah, Lan…lo kenapa kaya gini sih?!” Karin langsung memeluk Wulan. Wulan menangis senggukan. “iya, Lan…lo ngga boleh kaya gini dong…harus tetep semangat!” kata Sisi prihatin. “sabar ya, Lan!semua pasti bakal baik-baik aja ko!” Ghina ikut menenangkan. “lo kenapa ngga cerita sama gue sih?daripada lo kaya gini…” Yasmin protes.
“gue bingung harus gimana….gue tau lo juga lagi sedih…jadi ya gue ngga telpon lo!” “ya ampun, Lan…gue ngga sedih ko!gue malah sedih karna liat lo kaya gini!” Wulan menyeka air matanya, “semua ini emang salah gue…” suaranya bergetar. Wulan mulai cerita. “gue ngga sengaja ketemu Alfa waktu cari buku buat tugas, abis itu dia maksa anter gue pulang” sesekali Wulan senggukan. “terus?” Karin penasaran. “waktu di stopan…gue liat Nico sama cewe itu…” “Nico?” Yasmin refleks memotong. “iya Nico!” tegas Wulan. “jadi…gue minta Alfa ngikutin Nico…” yang lain serius menyimak.
“trus…lo berhasil ngikutin Nico?” tanya Yasmin berharap. Wulan mengangguk. “gue malah langsung ngobrol sama cewe itu!” “terus??” Yasmin makin penasaran. “lo tenang aja…cewe itu ternyata adik sepupunya Nico!” Wulan tersenyum sebisanya. Yasmin menghela nafas sambil memegang dadanya “Alhamdulilah!!” ucapnya, “untung gue belom marah-marah sama dia!” lanjutnya sambil nyengir. Tiba-tiba wajah Yasmin kaget. “loh…jadi kejadian semalem itu gara-gara gue dong?!” Yasmin jadi merasa bersalah. Ia menggenggam tangan Wulan, “gara-gara gue yaa?!” sesal Yasmin.
“ya enggalah, Yas…bukan gara-gara lo ko….emang salah gue!” tatapan Wulan menerawang. “coba kalo gue ngga gampang kasian sama Alfa…pasti ngga bakal kaya gini!” mata Wulan berkaca-kaca lagi. “hmm…seharusnya…lo jujur dari awal, gue yakin Roman bakal ngerti…” Karin merangkul Wulan. “gue kenal banget siapa Roman…dia malah jadi terluka karna lo bohongin dia!” lanjutnya. Wulan mengangguk. “sekarang mungkin Roman cuma butuh waktu aja…kalo udah tenang, coba deh lo jelasin…pasti dia ngerti…” Ghina menggenggam tangan Wulan menguatkan. “makasih yaa…kalian ada buat gue…!” Wulan terisak, lalu mereka berpelukan.
Sementara itu di kamar Sam. “Man…lo juga harus kasih Wulan kesempatan untuk jelasin…” Darren mengingatkan. Roman diam, wajahnya murung. “kita kecewa boleh, tapi dingin harus tetap hati!” tambah Karlo. “bener, Man…lo ngga boleh mutusin apapun dalam kondisi emosi!” Sam merangkul sahabatnya itu. “tanah lembek di jalan sana, burung kutilang terbangnya pagi. Kalau ngambek jangan lama-lama, bahagia hilang kita yang rugi!” Bobi berpantun. “cakeeeep!” Sam setuju, lalu tos dengan Bobi. “gue juga ngga pengen kaya gini!” akhirnya Roman bersuara.
“waktu di bandara…dia nyaris ngga ketemu gue, gara-gara siapa?” tatapannya menerawang. “waktu gue datang…ternyata gue baru tau kalo pacar gue abis jalan sama cowo itu juga!!” tangan Roman mengepal. “sabar Man…sabar!” Darren mengelus-ngelus punggung Roman. “tapi yang gue denger…Alfa itu sakit…dan Wulan ngga tega ngebiarin dia!” kata Sam. “iyalah, Sob…yang Wulan lakuin itu pasti ada alesannya…lo ngga boleh menilai sepihak!” kata Bobi bijak. “betul itu sudah!” Karlo setuju.
“gue cuma ngga siap…” kata Roman pelan. Yang lain menyimak. “gue ngga siap untuk kehilangan Wulan…” Roman tertunduk. “kalo lo kaya gini, lo malah bisa keilangan Wulan…” Sam menegaskan, “lo ngga tau kan…kalo di sana Wulan juga ngga kalah kacau dari lo?!” lanjutnya. Roman menoleh, “maksud lo?” “ya lo pikir lah…di bawah hujan, lo ninggalin dia gitu aja!” Roman tertegun, kejadian semalam memenuhi benaknya. “dan semaleman lo ngga mau sentuh handphone lo!” Sam melanjutkan. “iya, Man…Wulan itu nyariin lo terus!dia juga sedih…sama kaya lo!” kata Darren.
“kalo hati lo udah tenang…mending lo buruan beresin deh masalah ini!kalo kelamaan, kuliah kalian berdua bisa amburadul!” Sam tersenyum. Roman manggut-manggut. Senyum kecil tersungging di wajahnya. “thanks ya Bro…kalian selalu ada buat gue!” “santaii…kita kan fren!” Sam meninju lengan Roman perlahan. “yoi…kita kan fantastic five!” Bobi nyengir. “jangan lagi sedih sudah!” Karlo merangkul Roman. Roman tersenyum.
KAMU SEDANG MEMBACA
Roman Picisan season 2 (fanfiction)
Fanficini hanya sekedar cerita (halu), untuk melanjutkan sebuah kisah cinta, karena Roman sudah tidak Picisan lagi.. ??