Part 33 Nyaris Terlambat

2.3K 61 0
                                    

“Lan…lo nanti sore ikut nganter Roman ke bandara kan?” tanya Karin di telepon. “iyaaa dong…masa iya gue ngga anter pacar gue pergi segitu lama..” jawab Wulan mantap. “lo bawa mobil sendiri atau mau bareng kita?” “semua ikut nganter?” “iyaa…biasa deh pada takut kangen sama Roman katanya!” Karin terkekeh. “mm…ya udah gue nebeng bareng juga deh!” “okey…kalo gitu siang jam dua kumpul di kantin biasa yaa..!” “okey!” lalu telepon ditutup.

Di kelas. “duh…ada yang bakal ditinggal lama nih sama si pacar!” goda Yasmin. Wulan mendelik. “rese deh!” Yasmin tertawa. “siapin pulsa deh yang banyak…biar bisa selalu komunikasi!” saran Yasmin. “lo nanti ikutan nganter juga kan?” Yasmin mengangguk. “tapi gue bareng Nico kayanya…soalnya mau skalian jalan!” “cieeeeeh yang lagi mesraaa…!” Wulan melirik jail. “lo sama Nico gimana?” “mm…so far so good!” Yasmin nyengir. “sukur deh!” Wulan senyum. “lo sama Roman juga fine kan?” Wulan mengangguk, “alhamdulilah!” jawabnya.

Jam Sebelas. Handphone Wulan bergetar. “Yas, gue ke toilet dulu ya, angkat telpon!” bisiknya pada Yasmin. Lalu bergegas keluar kelas. “ya halo…Oma.” Wulan menjawab telpon. “Wulan…bisa tolong ke Rumah Sakit?” Wulan terhenyak. “Alfa perlu kamu!” Oma melanjutkan. “mm…aku lagi di kelas Oma…maaf…” “tolong Oma, Wulan…tolooong sekali ini saja.” Oma memohon. Wulan jadi serba salah. Ia melirik jam tangannya, “kalo gue ke Rumah Sakit sekarang, keburu kali ya balik sini lagi jam satuan.” Batinnya. “ya udah Oma..bentar aku ke sana ya!” lalu Wulan menutup telpon.

Wulan masuk ke kelas. “lo kenapa?kaya panik gitu?” tanya Yasmin penasaran. “gue harus ke Rumah Sakit, Yas!” “Alfa?” Wulan mengangguk. “tapi kan lo harus anter Roman ke bandara nanti sore, Lan…” “gue cuma bentar ko…jam satu gue udah balik sini lagi!” “emang harus banget ya?” Yasmin meyakinkan lagi. “Oma tadi nelpon, gue harus ke sana sekarang!” Yasmin jadi cemas, “tapi ini terlalu beresiko, Lan!” “gue ngga punya pilihan!” jawab Wulan pasrah. “gue cabut sekarang ya!” “ya udah, lo ati-ati ya!kalo ada apa-apa lo buruan kabarin gue!” Wulan mengangguk, lalu keluar kelas.

Jalanan cukup macet. Jam dua belas, Wulan baru sampai di Rumah Sakit. Ia bergegas ke kamar Alfa. “Wulan…sukurlah kamu sudah datang!” Oma langsung memeluk Wulan. “Alfa tadi pagi muntah…setelah itu dia ngga mau makan sampai sekarang.” Oma menerangkan. Wulan menghampiri Alfa. “Faa….” Wulan menyentuh tangan Alfa. “ini gue, Wulan!” bisiknya. Alfa membuka matanya. “Lan…” ia tersenyum lemah. “lo ngerasain apa sekarang?” tanya Wulan. “gue ngga selera makan!” “tapi lo harus makan!” kata Wulan galak. “gimana lo mau sembuh kalo lo ngga kasi asupan apapun buat tubuh lo?!” Wulan jadi sedikit marah. “lo itu calon dokter, Fa!harusnya lo tau apa yang baik buat tubuh lo sendiri!”

Alfa malah tersenyum. “galak bener sih??!” katanya santai. “karna…pasien kaya lo harus digalakin!” Wulan mendelik. “makan ya Al…” kata Oma sambil menyodorkan sepiring nasi tim. Wulan menoleh, lalu mengambil piring dari tangan Oma. “sini biar aku yang suapin, Oma.” Wulan mulai menyendok makanan dan menyuapi Alfa. Alfa senang sekali. Ia makan dengan lahap. “aaaa…suapan terakhir nih!” kata Wulan. Alfa mengunyah perlahan di suapan terkahirnya. “tuh…abis kan…gitu dong, biar cepet sembuh!” Wulan tersenyum.

“makanya lo temenin gue terus dong, jadi gue mau makan!” Alfa nyengir. “dasar manja!” kata Wulan mendelik. “gue bosen tau di sini sendirian…” Alfa merajuk. Wulan menarik kursi, duduk di samping ranjang. “makanya…makan yang banyak, biar kondisi lo cepet baik, dan lo boleh pulang!” “iyaa Bu Dokter…” jawab Alfa jail. “Fa…emang lo ngga sayang sama Oma lo?” “ya sayang lah!” “kalo sayang…lo jangan nyusahin Oma terus dong!” Alfa tertunduk. “lo harus sehat!” Wulan menyemangati. “iyaa…gue janji…gue bakal sehat!demi Oma…demi lo!” Wulan terdiam.

Tiba-tiba Wulan teringat sesuatu. Ia buru-buru melihat jam tangan. Matanya terbelalak, “jam dua kurang sepuluh menit!” jeritnya dalam hati. Ia membenahi ranselnya. “Fa…gue…” belum selesai Wulan bicara, Oma datang. “Wulan…” Wulan menoleh, “ya, Oma?” “Oma bisa titip Alfa sebentar?” Wulan langsung melongo. “Oma mau urus administrasi dulu di loby. Cuma sebentar ko.” Wulan tidak tega menolak permintaan Oma. “mm…iya Oma, bisa.” Wulan terpaksa mengiyakan. “terima kasih ya!” Oma mengambil tasnya, lalu keluar kamar.

“Rin…gue nanti langsung nyusul ke bandara aja…gue ada urusan dulu sebentar!” Wulan mengirim pesan pada Karin. “okey, kita ketemu di terminal satu ya, jam empat!” Karin membalas pesan Wulan. Wulan bolak balik melirik jam tangannya. “lo ada janji ya?” Alfa mengagetkan Wulan. “eh…mm…iya..” jawab Wulan lesu. “oh…lo pergi aja, gue ngga apa ko ditinggal sendiri…” Alfa tersenyum kecut. Wulan teringat kejadian sebelumnya, “waktu itu gue tinggal Alfa, dia drop!” ia membatin. “engga apa-apa ko…gue masih sempet!” Wulan memaksa senyum. Alfa ikut senyum.

“aduuuh ini udah jam tiga lewat lima belas!Oma ke mana sih…lama banget!?” Wulan teriak dalam hati, ia benar-benar cemas. “Lan…” Alfa menggenggam tangan Wulan, “gue serius ko ngga apa-apa ditinggal…lo pergi aja!” ia tersenyum meyakinkan. “mm…lo yakin ngga apa-apa?” akhirnya Wulan terus terang. Alfa mengangguk, “udah sana pergi…janji lo pasti penting banget kan…sampe lo ngga tenang gitu!” Wulan gelagapan. “iyaa Fa…gue buru-buru banget…gue pergi sekarang ya!” Wulan berdiri, “nanti gue ke sini lagi!dadah!” ia bergegas pergi.

Di bandara. Roman celingukan. “Wulan mana sih?” batinnya cemas. “sabar, Sob…Wulan pasti datang ko!” Sam merangkul Roman menenangkan. “haiii…!!” sapa Yasmin sambil berjalan mendekat. “gue pikir gue telat!” Yasmin terengah. “haii semua!” sapa Nico. “Wulan ke mana sih Yas?” bisik Darren bertanya. Yasmin langsung panik, “Wulan belom datang??” tanyanya kaget. “ssssttt…jangan keras-keras, nanti Roman jadi cemas!” Karin mengingatkan. “iya…tapi Wulan ke mana sih ko belom datang juga?kan kasian yayang Roman nyariin!” Sisi nambahin.

“duuuh…kenapa pake ngga aktif sih!” Yasmin jadi frustasi. “saya coba juga sudah, tapi wulan handphone aktif tidak!” Karlo ikutan cemas. “Yas…lo tau kan Wulan ke mana?” Roman tiba-tiba bertanya. Yasmin gelagapan. “mm…gue…” “Yas…please!kasitau gue..…Wulan ke mana?” wajah Roman sangat putus asa. “Man…sebenernya…Wulan tadi ke Rumah Sakit…nengokin Alfa…tapi dia…” “cukup Yas!” Roman memotong. Semua menjadi tegang. “gue udah harus check-in…” Roman mengambil kopernya, siap masuk. “guys…gue pamit ya!thanks banget kalian udah anter gue sampe sini…” Roman betul-betul kecewa.

“sambel goang pake babat, pak Simi minum jamu. Selamat berjuang wahai sobat, doa kami slalu sertamu!” Bobi memeluk Roman tanda perpisahan. “lebay lo, Bob!orang Roman cuma pergi seminggu!” Darren nyela. Ia menjabat Roman. Yang lain ikut menyalami Roman. Roman menarik kopernya melewati mesin deteksi. Kepalanya tertunduk lesu. Tiba-tiba…”Romaaaaan!!” ada yang memanggilnya dengan teriakan. Roman menoleh, dilihatnya Wulan sedang berlari ke arahnya. Roman hendak menghampiri Wulan, tapi ia ditahan oleh petugas. “maaf, Mas…sudah lewat pemeriksaan tidak boleh keluar lagi.”

Sam dan yang lain berusaha membujuk petugas agar Wulan boleh masuk, atau Roman boleh keluar. Tapi karna waktu sudah mendesak, petugas tidak memberi ijin. Wulan mendekat pada Roman. Mereka dibatasi oleh dinding kaca. Wulan menempelkan tangannya di kaca, Roman menempelkan tangannya di sisi lain. Wulan mulai menangis. “maafin gue…gue terlambat!” ucapnya lirih. Roman tersenyum, “jangan nangis!” katanya sambil menggeleng. “lo harus ati-ati ya!jangan lupa ngabarin gue!” Wulan berteriak agar Roman mendengar. Roman mengangguk.

Roman menempelkan jempol dan telunjuknya di kaca, membentuk separuh hati. Wulan menempelkan juga jempol dan telunjuknya, membentuk separuh hati. Mereka membentuk lambang kebangsaan di sana. Roman tersenyum pada Wulan, melambaikan tangan, lalu berjalan pergi. Wulan menangis. Yasmin langsung memeluk sahabatnya erat. “yang penting lo sempet ketemu sama Roman!” katanya menenangkan. Setelah itu mereka semua beranjak pulang.

Roman Picisan season 2 (fanfiction) Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang