Part 52 Karena Kamu Istimewa

2.5K 79 0
                                    

“halo, pacar!” “halo juga, pacar!” “udah siap-siapnya?” Wulan terdiam. “Laaaan…” Roman membuyarkan lamunan si pacar. “eh…iya…tadi lo nanya apa?” jawab Wulan gelagapan. “bidadari gue yang cantik…udah siap-siap kan?” “emang mau ke mana?” “eh…eh…pura-pura lupa…” Wulan tertawa. “gue ngga yakin, Man!” katanya serius. “ngga yakin kenapa?” “gue malu!” “ya udah…gue sekarang ke rumah lo ya, lo siap-siap!” Roman mengabaikan ucapan Wulan, lalu menutup telponnya. Wulan memandangi handphone nya sambil cemberut “malah ditutup…ngga sopan!” ia ngomel.

“cantik banget anak Mama!” puji Tiana sambil menyisir rambut Wulan. Wulan tersenyum seadanya. Tiana merangkul Wulan dari belakang. “kamu kenapa, Sayang?udah cantik ko cemberut?” tanyanya hangat. “aku ngga yakin untuk ke kampus, Ma…” jawab Wulan lirih. “anak Mama pasti bisa ko ngelewatin semua ini!” Tiana tersenyum menguatkan. “permisi, Nyonya, Den Roman udah ada di bawah.” Si Mbok datang memberitau. “iya, Mbok, makasih!” Tiana merapikan rambut Wulan sekali lagi. “senyum dong..kalo kamu senyum, takutnya pasti berkurang!” Tiana membelai pipi Wulan, lalu mendorong kursi roda ke luar.

“assalamu alaikum, Tante.” Roman mencium tangan Tiana. Lalu ia berjongkok di depan Wulan. “cantik banget sih pacar gue!” bisiknya pada Wulan. “gombal!” jawab Wulan tersipu. Tiana tersenyum melihat mereka berdua. “ya udah, yuk berangkat!” Roman tersenyum sambil berdiri ke belakang kursi roda. “saya sama Wulan pamit dulu ya, Tante. Assalamu alaikum.” Roman dan Wulan mencium tangan Tiana bergantian. “waalaikum salam.” jawab Tiana. “Tante titip Wulan ya, Roman!” Roman mengangguk.

Di mobil, Wulan tidak berbicara sedikit pun. Roman berkali-kali melirik ke arah Wulan. Ia menggenggam tangan Wulan dengan erat. Wulan spontan menoleh. “ngga usah takut, kan ada gue!” Roman menoleh sebentar, mengedipkan sebelah matanya. Wulan balik menggenggam tangan Roman. “gue bener-bener takut!” suara Wulan bergetar. “lo kan ngga salah apa-apa, kenapa harus takut?” “gue mungkin ngga salah…tapi…gue beda dari mereka!” Wulan tertunduk. “bagus dong kalo beda…berarti lo istimewa!” Roman menjawab dengan santay. “ngaco!” Wulan memandang ke arah Roman. Roman memarkirkan mobil. “iya…karna lo beda dari semua…makanya lo istimewa…apalagi buat gue!” Roman tersenyum hangat.

Roman mendorong kursi roda melintasi loby Fakuktas Kedokteran. Semua mata memandang ke arah Wulan. Wulan tertunduk malu. Sesampainya di depan tangga. “Wulaaaan!” sambut Yasmin ceria. Ia menghambur memeluk sahabatnya. “hai, Lan…Man!” Alfa juga ada di sana. Perlahan Wulan mulai melihat sekitar, lalu ia tertunduk lagi. Tiba-tiba Roman mengambil tangan Wulan, dilingkarkan ke bahunya, lalu menggendong Wulan. “Man…turunin gue!malu tau!” Roman mulai menaiki tangga, “gue ngga malu ko….bangga malah, bisa gendong bidadari!” Roman nyengir. Alfa dan Yasmin mengikuti di belakang.

Sampai di kelas, Roman menurunkan Wulan di kursi. Lalu ia menarik kursi dan duduk di sebelah Wulan. Wulan memandangi Roman serius. “lo ko masih di sini?udah sana buruan, nanti lo telat!” katanya pada Roman. “gue ngga kuliah hari ini!” “kenapa??” tanya Wulan kaget. “soalnya…gue mau nemenin lo seharian ini!” jawab Roman sambil menatap lekat si pacar. “lebay deh!” Wulan memukul lengan Roman. “gue kan ada Yasmin sama Alfa!lo ngga usah hawatir ninggalin gue!” lanjutnya. Roman menggeleng. “pokonya, gue mau nemenin lo!” Wulan membuka mulut hendak menjawab, tapi telunjuk Roman mendarat di bibirnya, “sssstt…ngga usah protes!” Roman berbisik di telinga Wulan.

Kelas pertama selesai. “nunggu kelas berikutnya, kita ke kantin yuk!” ajak Yasmin. Wulan menggeleng ragu. “ko geleng, kenapa?” tanya Roman lembut. Wulan menatap si pacar lekat. “kantin itu di bawah…masa iya lo mau gendong gue naik turun??” jawab Wulan malu. Roman berjongkok di depan Wulan. Ia menggenggam tangan Wulan, “jangankan naik turun tangga…gendong lo bolak balik ke rumah juga gue rela ko!” “Romaaaaaaan!” Wulan refleks memukul lengan Roman. “seneng banget ya kalo gue malu??” ia memanyunkan bibirnya. “ya udah, biar gue sama Roman yang beli makanan ke kantin. Lo sama Yasmin tunggu di sini aja!” Alfa memberi opsi.

Roman menoleh melihat Alfa, lalu menoleh lagi menatap Wulan. “ya udah, gitu aja!lo tunggu di sini ya, gue sama Alfa aja yang turun!” katanya sambil tersenyum. Wulan mengangguk. “gue titip cheese burger aja sama lemon tea ya!” kata Yasmin sambil memberikan sejumlah uang pada Roman. Roman menolak uang dari Yasmin, “biar gue aja yang traktir!” “serius nih?thanks yaa!” Yasmin nyengir. “yuk!” ajak Roman pada Alfa. Alfa mengangguk, lalu mengikuti Roman dari belakang.

“Yas…” “kenapa, Lan?” Yasmin menarik kursinya mendekat ke Wulan. “gue ngebebanin Roman banget ya!” Wulan menatap Yasmin, wajahnya sedih. Yasmin menggenggam tangan Wulan. “ya ampun, Lan…pikiran lo tuh negatif mulu yaa!ngga mungkin lah Roman ngerasa kebeban sama lo!” jawab Yasmin menenangkan. “lo kaya ngga kenal Roman aja!gue aja yang bukan pacarnya bisa liat..Roman itu cinta banget sama lo!” lanjutnya. Wulan terdiam. “eh, Lan..lo tunggu bentar ya, gue kebelet banget nih!” “iya sana..awas ngompol!” Wulan tertawa jail. Yasmin buru-buru pergi ke toilet.

Tiba-tiba tiga orang mahasiswi masuk ke dalam kelas. “sori..lo kelas ini?” tanya salah satunya pada Wulan. “mm…gue kelas sebelumnya!” jawab Wulan. “oh..kalo gitu tolong pindah dong!itu kursi gue!” jawab si cewe berambut ikal itu. Wulan tidak menjawab, dia bingung. “heh, lo ngga denger apa kata temen gue?” cewe yang agak tomboy membentak Wulan. “iya, tunggu sebentar ya, temen gue lagi ke toilet dulu!” Wulan berusaha tetap tenang. “tinggal pindah doang harus nunggu temen lo??” si cewe ikal itu menatap Wulan tajam. “emangnya lo ngga bisa jalan sendiri?” lanjutnya sambil tertawa. “ssstt…emang dia lumpuh kali!” cewe paling jangkung ikutan bicara.

Wulan menahan geram dan malu. Matanya mulai berkaca-kaca. “kenapa lo diem aja sih??selain lumpuh…lo juga bisu??” kata si tomboy lagi. Wulan memberanikan diri menatap ketiga cewe itu satu per satu. “iya…gue emang…” “dia mau duduk di situ…dia mau ngga jawab omongan kalian…itu hak dia!” tiba-tiba Roman muncul dan memotong omongan Wulan. Wulan dan ketiga cewe rese itu menoleh. “siapa lo?” tanya si cewe ikal dengan songong. Roman melewatinya. Ia membantu Wulan membereskan barang ke dalam tas, lalu menggendong tas Wulan. Ia menunduk, dan dengan sigap menggendong Wulan.
“ini pacar gue, namanya Wulandari. Kakinya memang lagi lemah, tapi bukan berarti kalian bisa seenaknya sama dia!” ucapan Roman membuat ketiga cewe rese itu tertunduk malu. Roman menatap Wulan dengan hangat. “lo ngga apa-apa kan?” tanyanya memastikan. Wulan mengangguk. Roman tersenyum, ia berjalan meninggalkan kelas. “lain kali, tolong lebih sopan!” kata Alfa yang sedaritadi berdiri dekat pintu. “cewe yang kalian bully tadi, itu kaka kelas kalian!dan…dia juga mahasiswa terbaik di kelas Pak Reno!” katanya sambil berlalu pergi. Ketiga cewe rese itu pun merasa malu.

“Lan…!” Yasmin berlari mendekat. “katanya tadi lo dibully ya?” tanya Yasmin panik. “sori yaa…coba tadi gue ngga ninggalin lo ke toilet…” “gue ngga apa-apa ko!” Wulan tersenyum meyakinkan. “Man…gue cape…kayanya gue mau pulang aja!” Wulan menggenggam tangan Roman memohon. Roman menatap Wulan, lalu mengangguk. “lo serius ngga apa-apa?maafin gue yaa…” Yasmin betul-betul merasa bersalah. “gue ngga apa-apa ko!gue cuma cape aja!” “iya, kayanya Wulan kecapean deh!” Alfa mengiyakan. “gue anter Wulan balik dulu ya!” Roman pamit, lalu menggendong Wulan ke bawah. Yasmin dan Alfa mengantar ke mobil, sambil membantu membawakan kursi roda.

Di mobil Wulan hanya diam. “lo mau mampir makan dulu ngga?” Roman berusaha mencairkan suasana. Wulan tidak menjawab. “Lan…” Roman menggenggam tangan Wulan. “eh…iya?” jawab Wulan kaget. “mau mampir makan dulu?” Roman mengulangi pertanyaannya. “gue pengen cepet rebahan…kita langsung pulang aja ya!” Wulan menatap Roman sambil tersenyum seadanya. “okey!” jawab Roman penuh pengertian. “kasian pacar gue kecapean!” ia mengusap-usap kepala Wulan.

Mereka sudah sampai di rumah Wulan. Roman menggendong Wulan masuk ke dalam rumah. “assalamu alaikum!” Roman memberi salam. “waalaikum salam!” jawab Tiana. “Ma..aku mau langsung ke kamar ya, aku cape banget!” Tiana menghampiri, memegang kening Wulan. “kamu baik-baik aja kan, Sayang?” tanyanya cemas. “Wulan ngga apa-apa ko, Tante..cuma kecapean aja katanya.” Roman menjelaskan. “ya udah, Roman, kamu tolong antar Wulan ke kamar ya!” jawab Tiana. “iya, Tante!” Roman mengantar Wulan ke kamarnya. Lalu mendudukkan Wulan di kasur.

“makasih ya!” Wulan tersenyum pada si pacar. “iya…sama-sama!” Roman membalas tersenyum. “gue langsung balik ya…biar lo bisa istirahat!” Wulan mengangguk. “ati-ati ya!” “iyaa…dadah!” Roman melambaikan tangan lalu berjalan keluar. Tiba-tiba ia berhenti melangkah, dan membalikkan badannya. “kenapa?” tanya Wulan. “mm…besok kan hari minggu...kita jalan-jalan ke taman yuk!” Wulan mengernyit. “pokonya besok gue jemput jam delapan pagi!” Roman mengedipkan sebelah matanya, lalu berjalan keluar kamar. Wulan melongo. “dasar…Roman Picisan!” gumamnya sambil tersenyum.

Jam delapan pagi, Roman sudah sampai di rumah Wulan. “assalamu alaikum, Mbok!” sapa Roman ramah. “waalaikum salam, Den!” jawab si Mbok sambil nyengir. “pasti mau ngajak non Wulan walking-walking ya?” Roman mengangguk. “iya, Mbok, Wulan nya udah siap kan?” “udah dong!monggo Den masuk!” si Mbok mempersilakan Roman ke ruang tamu. Wulan sudah duduk di sofa. “selamat pagi, pacar!” sapa Roman. Wulan tersenyum, “selamat pagi juga, pacar!” jawabnya. “seneng deh liat lo ceria gini!” “apaan sih…gombal banget!” Wulan tersipu.

“selamat pagi, Roman!” Andika dan Tiana menghampiri ke ruang tamu. “selamat pagi, Om, Tante!” Roman mencium tangan Andika dan Tiana bergantian. “mau jalan-jalan ke taman ya?” tanya Tiana. “iya Tante!” “bagus sekali itu, supaya Wulan bisa lebih segar!tapi kamu harus extra hati-hati menjaga Wulan ya!” Andika berpesan. “iya, Om..pasti!” jawab Roman mantap. “aku sama Roman pergi dulu ya, Pa, Ma.” “iya, Sayang..kamu hati-hati ya!” “assalamu alaikum” “waalaikum salam” setelah berpamitan mereka pergi ke taman dekat rumah Wulan.

“cuacanya cerah banget ya!” “iya dong, kan ada lo di sini…jadi langit juga ikutan cerah!” Roman mendorong kursi roda perlahan. Wulan menoleh memandang Roman. “gombal banget sih lo hari ini?” katanya sambil menyipitkan mata. “loh…gue serius…ko gombal sih?!” jawab Roman serius. Wulan celingukan, “tumben..hari minggu sepi banget ni taman!” “iyaa..kan orang-orang tau gue mau jalan-jalan sama bidadari gue di sini!” “Romaaaaaaaaan!” Roman berjalan ke depan Wulan lalu berjongkok. “apa?” mereka saling tatap beberapa saat. “genit!” tiba-tiba Wulan memukul lengan Roman.

“gitu dong…kalo lo selalu ceria kaya gini, gue seneeeeeeeeng banget!” Roman membelai rambut Wulan. Wulan tersenyum. Ia menangkap tangan Roman, lalu menggenggamnya erat. “makasih ya…” ucapnya tulus. “karna lo…gue bisa terus semangat!” Roman tersenyum. “iyaaa…gue seneng kalo bisa bikin lo semangat lagi!” Roman menggenggam balik tangan Wulan. “heh!ternyata lo ada di sini ya!” tiba-tiba empat orang berpakaian hitam dan memakai topeng datang menghampiri mereka. “Man!” jerit Wulan panik. Roman langsung bendiri, menghalangi Wulan dari keempat orang itu.

“lo Roman kan?anak sastra itu?” “iya, gue Roman!kalian siapa?” “ngga usah banyak tanya lo!” salah satu dari mereka menarik Roman menjauh. Mereka berlima terlibat adu jotos. “Roman!” Wulan menjerit-jerit ketakutan. “tolong!toloong!!” ia berusaha mencari bantuan. Tapi tak ada seorang pun yang datang untuk menolong. “Romaaaan!” Wulan mulai menangis melihat Roman beberapa kali kena pukul. Ia mengeluarkan handphone nya, tapi karna panik handphone nya terjatuh. Wulan berusaha mengambil handphone nya, ia menunduk menggapai-gapai. Saat tangannya hampir berhasil menyentuh handphone, salah satu dari penjahat itu mengambil handphone Wulan.

Wulan tersentak. “toloooong!toloooong!!gue mohon tolong!” Wulan terus menjerit sambil menangis. “Romaaaan!” Wulan semakin panik saat melihat Roman mulai tak berdaya. Ia berusaha memutar rodanya untuk mendekat ke posisi Roman, ingin membantu. Tapi roda menabrak sebongkah batu besar, hingga Wulan terjatuh. “Romaaaan!!” tangis Wulan semakin menjadi. “lo harus bangun, Lan!Roman butuh bantuan lo!” katanya pada diri sendiri. Ia berusaha untuk bangun, tapi berkali-kali terjatuh. Dipandanginya Roman yang mulai tergeletak.

Wulan menggapai sebuah ranting di dekatnya. “Lan…” panggil Roman lemah. Wulan langsung menoleh. Roman sudah jatuh telungkup. Matanya yang sayu menatap ke arah Wulan. “gue sayang sama lo, Wulandari!” suara Roman makin lemah. Matanya perlahan menutup. “enggaaaa…!!!” Wulan menjerit sejadinya. Ia mengumpulkan seluruh kekuatannya, dan berhasil berdiri. Ia melangkah ke arah Roman, duduk di tanah dan langsung memangku kepala Roman. Keempat orang itu seketika pergi meninggalkan mereka berdua di sana.

“Maaaaaan!” suara Wulan bergetar. Ia mengelus-elus wajah Roman. “banguun!” pintanya lirih. Dipeluknya kepala Roman sambil terus menangis. “tolooooooong!!!” Wulan masih berusaha meminta bantuan. “gue mohon!siapapun toloooong!!” jeritnya putus asa. “Roman!gue mohon….buka mata lo….gue mohooon!!” Wulan mencium kening Roman dengan sedih. “maafin gue…gue ngga bisa apa-apa…bahkan saat lo butuh bantuan gue!!gue emang ngga berguna!!” Wulan mulai memukuli tubuhnya sendiri.

Tiba-tiba tangan Roman menangkap tangan Wulan. Matanya terbuka. “lo ngga boleh ngomong gitu!” kata Roman. Wulan terisak. “Roman!” Ia memeluk kepala Roman erat. “lo ngga apa-apa kan??” tanyanya memastikan. Roman duduk berhadapan dengan Wulan. Wulan mengernyit. “lo…lo beneran ngga apa-apa ya?” tanyanya heran. “jadi lo mau gue kenapa-kenapa?” jawab Roman protes. “ya bukan gitu…tapi…” Wulan jadi bingung. “tadi kayanya lo ngga berdaya banget sampe pingsan segala!tapi sekarang…” Wulan mengamati Roman dengan seksama.

Roman tersenyum lebar. “iiiih Romaaaaan!!malah senyum-senyum!” Wulan cemberut. “makasih ya!” jawab Roman cepat. Wulan melongo. “makasih??buat??” “buat usaha dan ketulusan lo nolongin gue!” Wulan masih melongo. “gue ngga ngerti!” tegasnya. Roman bangkit berdiri. Lalu menyodorkan tangannya, mengajak Wulan berdiri juga. “ngga lucu!” jawab Wulan sambil menepis tangan Roman. “gue serius!” Roman menatap Wulan sambil senyum meyakinkan. “lo mau ngeledek gue?” kata Wulan marah.

Roman berjongkok di depan Wulan. “lo harus percaya sama diri lo sendiri!” “maksud lo apa sih?” Wulan malah makin kesal. Roman memegang bahu Wulan. “Lan…” mereka berdua saling tatap. “kaki lo udah sembuh!lo bisa datang ke gue, dan meluk kepala gue, minta gue bangun!” Wulan menoleh perlahan. Ia melihat kursi rodanya yang terjungkal ada jauh di sana. Ia mengerjap. “gue…..gue...” matanya berkaca-kaca. Ia menatap Roman lekat. “gue…..jalan…sendiri….” suaranya bergetar. Ia masih tak percaya pada ucapannya sendiri.

Roman berdiri lagi, dan menyodorkan tangannya. Wulan mendongak. Perlahan tangannya menggapai tangan si pacar, lalu ia berdiri. “Man….gue bisa berdiri!” air matanya mengalir lagi. Roman menyeka air mata Wulan. Ditatapnya lekat si pacar.

jangan biarkan masalah buatmu rebah,
jangan ijinkan dunia buatmu pasrah,
jangan pernah ucapkan kata menyerah.
tunjukkan bahwa mereka salah,
buktikan bahwa ternyata
Wulandariku tak mudah kalah!”
Lalu mereka berpelukam erat. Wulan menangis terharu.

“ya ampun, mereka so sweet banget sih!” Sisi menyenderkan kepalanya ke bahu Bobi. Bobi merangkul Sisi malu-malu. Ghina dan Darren saling bergandengan, mereka juga ikut terharu. “tuh kan…gue jadi terharu!” Yasmin menyeka air matanya. Nico langsung merangkul pacarnya itu. “luar biasa emang…sweet nya mereka bisa bikin seorang Sam menitikan air mata!” Karin menyeka air mata Sam. “apaan sih!” Sam merangkul Karin malu. “iya kalian pasangan punya sudah, saya jomblo masih!” Karlo protes.

“selamat yaa, Lan!” mereka kompak keluar dari persembunyian. Wulan melepas pelukannya dari Roman. “kalian…ko ada di sini??” tanya Wulan heran. “jadi…semua ini rencananya Roman!” Sam menjawab cepat. Wulan mengernyit. “iya, Lan…Roman punya ide untuk bantu lo terapi!dan ternyata berhasil kan!” Yasmin sangat senang. Wulan mendelik ke arah Roman. “jadi…semua ini rekayasa lo??” tanyanya galak. Roman mengangguk perlahan. “Romaaaaaaaan!!!” Wulan langsung berteriak tak terima. “jahat banget sih!!” katanya sambil memukuli lengan Roman.

“aduduh…sakit, Lan…” “biarin…abis lo jahat!!” Wulan masih memukuli lengan Roman. “gini nih…abis mesra-mesraan, pukul-pukulan…nanti mesra-mesraan lagi…!!” Sam geleng-geleng. “kalo ngga begitu, bukan Roman Wulan namanya!” Darren ikut komentar. “udah yuk kita tinggalin mereka!” ajak Karin. “iyalah, peran jadi penjahat bertopeng udah selesai, kita cabut aja!” Nico setuju. Mereka semua meninggalkan Roman dan Wulan yang masih berantem manja.

Roman menangkap tangan Wulan. “udah dong…punya pacar itu bukan dipukulin…” “tapi disayang…gitu kan??” “nah itu tau…tapi gue masih aja dipukulin!” Roman protes. “tapi…ko lo bisa segitunya berusaha buat nyamperin gue?” Roman penasaran. Wulan memalingkan wajahnya. Roman memegang pipi Wulan dengan kedua tangannya, lalu menghadapkan ke wajahnya. Mereka saling tatap. Wulan melepaskan tangan Roman dari pipinya. Lalu balik memegang pipi Roman dengan kedua tangannya. “soalnya…lo juga istimewa buat gue!” dan seketika Wulan mendaratkan kecupan manis di bibir Roman. Mereka saling tatap, dan sama-sama tersenyum bahagia.

Roman Picisan season 2 (fanfiction) Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang