BOY MEETS
ADORE ANGER BLIND FOOL GREEDY JEALOUS LOST LUST PURE SACRIFICE SILENT
Sternberg's Triangular Theory of Love
Cinta memiliki tiga dimensi, yakni hasrat, keintiman, dan komitmen.
Dimensi hasrat memfokuskan pada intensnya perasaan dan keterbangkitan yang muncul dari daya tarik fisik dan daya tarik seksual. Mereka yang mengalami jenis cinta ini mengalami ketertarikan fisik yang nyata, selalu memikirkan yang dicintai sepanjang waktu, melakukan kontak mata yang intens bila bertemu, mengalami perasaan indah terlambung ke awan, mengagumi dan terpesona dengan pasangan, detak jantung meningkat bila berjumpa, mengalami perasaan sejahtera, ingin selalu bersama yang dicintai, memiliki energi besar untuk melakukan sesuatu demi pasangan, merasa memiliki kesamaan dalam banyak hal, dan merasa sangat berbahagia.
Dimensi keintiman menekankan pada kedekatan perasaan antara dua orang dan kekuatan yang mengikat mereka untuk bersama. Sebuah hubungan akan mencapai keintiman emosional manakala kedua pihak saling mengerti, terbuka, dan saling mendukung, dan bisa berbicara apapun tanpa merasa takut ditolak. Mereka mampu untuk saling memaafkan dan menerima, khususnya ketika mereka tidak sependapat atau berbuat kesalahan.
Dimensi komitmen diartikan sebagai keputusan untuk tetap bersama seorang pasangan dalam hidupnya. Komitmen berarti pula mencurahkan perhatian, melakukan sesuatu yang menjaga suatu hubungan tetap langgeng, dan melindungi hubungan itu dari bahaya, dan memperbaikinya bila hubungan itu dalam keadaan kritis.
Sternberg (dalam Sternberg dan Barnes, 1988)
BOY MEETS LOVE
Jeon Jungkook
August 2016
3 Seconds aka 0.00003472 Day After
Jungkook menyeka keringat di pelipis yang turun menyusuri pipinya menggunakan lengan baju. Dadanya masih berdegup kencang, mencoba menetralkan napasnya. Disaat ia baru saja mendapatkan hukuman berlari, sebuah hukuman yang diberikan kakak tingkatnya akan kesalahan yang tidak Jungkook lakukan.
Name-tag di dada kirinya hampir lepas. Jungkook tidak membawa cadangan. Bisa-bisa ia akan mendapatkan masalah besar lainnya jika sampai kehilangan.
Ia tengah duduk di sebuah pinggiran pot semen berisi tanaman—pohon-pohon kecil. Setidaknya itulah tempat teduh yang bisa ia dapatkan selama masa istirahat mereka di masa orientasi hari pertama ini.
Sebelum istirahat, kelompok untuk orientasi universitas ditentukan. Mungkin Jungkook akan satu kelompok dengan anak fakultas lainnya—seperti Sastra Inggris, Hukum, dan sebagainya. Tetapi ia belum sempat mencari mereka karena hukuman itu. Membuatnya kehilangan waktu juga untuk beristirahat.
Jungkook berniat untuk mencari orang-orang dalam kelompoknya—bertanya pada orang-orang yang sudah berkumpul—atau entahlah. Yang pasti Jungkook harus bernapas sekarang.
Lalu, secara tiba-tiba, sesuatu muncul di hadapan wajahnya yang tertunduk.
Jungkook terkejut, menyadari bahwa itu adalah tangan yang terulur, lalu diangkatnya wajahnya sendiri.
Satu...
Dua...
Tiga...
Pupil matanya melebar pada detik ketiga disaat ia menangkap sosok itu dalam pengelihatannya.
KAMU SEDANG MEMBACA
[SMUT!] PARTITION (BTSxBLACKPINK)
Fanfiction18+ • MATURE CONTENT • DRAMA Sebelas sekawan; berbeda umur, berbeda karakter, berbeda keinginan, terjebak dalam problematika yang tidak mereka sangka. Berawal dari terkuaknya hubungan tersembunyi Lisa dan Jimin, yang dimana ketika mereka memutuskan...