16. Menurun

1.1K 99 112
                                    

Terima kasih kamu yang sudah membaca sampai sejauh ini❤❤❤

Happy reading

Elektrokardiogram, juga disebut EKG atau ECG, adalah tes sederhana, tanpa rasa sakit, yang merekam aktivitas listrik jantung

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Elektrokardiogram, juga disebut EKG atau ECG, adalah tes sederhana, tanpa rasa sakit, yang merekam aktivitas listrik jantung. Jantung bekerja dipicu oleh hantaran sinyal listrik alami. Sinyal-sinyal inilah yang menyebabkan otot jantung berkontraksi untuk menciptakan detak jantung. Setiap kali jantung berdetak, gelombang (impuls) listrik akan mengalir dalam jantung. Gelombang ini menyebabkan otot-otot jantung meremas, kemudian memompa darah keluar dari jantung.

EKG digunakan untuk mencari tahu seberapa baik laju dan irama detak jantung, serta seberapa fungsi otot jantungnya. Magnus naik ke atas ranjang setelah melepas kemeja dan memberikan benda yang mengganggu perekaman seperti jam tangan, gawai, dan sebagainya pada Al yang mendampinginya.

"Bang, setelah ini gue dapet apa?" tanya Magnus seperti biasanya.

"Tomat aja ya?" tawar Al. Tomat yang mengandung antioksidan likopen itu nyatanya dapat menjaga pembuluh darah tetap terbuka dan menurunkan kadar kelesterol jahal LDL.

Teknisi medis yang mulai memasang kesepuluh elektroda di dada, pergelangan tangan, dan pergelangan kaki Magnus itu mati-matian menahan tawa. Ia pikir Magnus akan diberi barang mewah.

"Hiya, lagi bokek tuh pasti cuma ditransfer goceng sama Papa." Magnus mulai diam saat mesin EKG memulai perekaman.

Jika tidak ada orang lain di sini, sudah pasti Al menjewer keras telinga Magnus. Anak itu bahkan terlihat lebih sehat kini, padahal semalam Al menemukan Magnus sekarat di dapur.

Selesai teknisi medis pria itu menyerahkan kertas hasil EKG, Magnus dan Al beranjak menuju meja Dokter Damar. Masih tidak ada yang menyadari dan menganggap semua baik-baik saja.

"Mag, tadi sebelum ke sini nggak lari atau guling-guling kan?" Dokter Damar melihat ada perbedaan kentara antara hasil baru dan hasil bulan lalu.

"Nggak, Dok. Tapi emang akhir akhir ini ngerasa lebih capek. Aku pikir karena baru pindah sekolah ini aja." Pada akhirnya Magnus juga ingin tahu bagaimana kondisi tubuhnya sendiri.

Al bersyukur pada akhirnya Magnus mau bercerita. Perihal Magnus yang kesakitan semalam benar-benar membuatnya takut. Kondisi Magnus saat drop membuat Al harus menyiapkan diri pada kemungkinan buruk yang terjadi.

"Dek, tunggu. Kunci mobil di mana ya?"

***

Jantung yang semakin lama semakin lelah memompa itu pasti akan terjadi pada Magnus. Gejala yang dialami tubuhnya akhir-akhir ini jelas memberinya peringatan. Bisa saja nanti di masa depan jantungnya benar-benar lelah untuk memompa dan berujung kerusakan. Semua itu lambat laun aka dialami Magnus.

BAOBABTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang