Terima Kasih, Rese

48 23 25
                                    

Hai teman-teman online-ku di mana pun kalian berada 👋👋

Gimana kabarnya? Semoga selalu sehat dan dalam lindungan Tuhan. Aamiin.

Pada kesempatan kali ini aku mau cerita sedikit tentang proses pembuatan Penghujung Rasa yang menurutku sangat-sangat berkesan.

Ini cerita pertama yang aku buat dalam banyak bab. Puluhan ribu kata. Emosi yang beda-beda. Sebelum ini, aku nulis cuma sekadar cerpen, puisi, quotes. Itu aja masih banyak kurangnya dan nggak pernah terpublish.

Entah apa yang udah menggerakkan diriku buat bikin cerita ini dan publish di wattpad. Aku main wattpad dah dari jaman SMA, kalau nggak salah 2017 atau 2018. Hanya pembaca, karena belum berani jadi author. Wkwk 😅

Proses pembuatan Penghujung Rasa udah dimulai dari bulan Juli. Selama sebulan aku riset, cari nama tokoh, bedah karakter, nulis outline, banyak belajar tentang wattpad sama kepenulisan. Khususnya di kesalahan penulisan.

Tanggal 1 Agustus, dengan dukungan teman dan saudara. Akhirnya publish prolog. Sebelum publish pun aku sempet tanya sana sini dulu gimana prolognya. Terlalu banyak pertimbangan hehe.

Jalan sebulan, akhirnya aku punya kegiatan lain. Kuliah. Semester 3. Online. Tugas numpuk sana-sini. Gmeet/zoom. Udah kayak makanan sehari-hari.

Selain kuliah, juga ada kegiatan di salah satu komunitas literasi. Ada juga kegiatan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa).

Ngatur waktu buat nulis sama kuliah cukup sulit. Apalagi aku komitmen buat nulis seminggu dua kali. Biar bisa memenuhi target selesai.

Capek? Jangan tanya, itu dah pasti.

Pernah mikir buat istirahat dulu, nggak nulis. Fokus sama kampus. Jujur ya, ternyata nggak bisa. Nggak nulis seminggu aja tu bikin pikiranku kaku. Terlalu banyak yang mau dicurahkan. Kalau nggak ya, bingung memulai kalimatnya.

Disitu aku sadar, kemampuan menulis harus diasah terus. Jangan berhenti, nanti tumpul.

Selain itu, aku juga inget kalian. Kasian kalau digantung lama kan? nanti bosen, eh pergi.

Beberapa bulan, pakai sistem feedbck. Aku ngerasa kurang efektif. Apalagi kegiatanku banyak, nggak punya banyak waktu luang untuk ngefeedbck banyak bacaan. Hehe.

Tapi tenang, tiap kalian ajak aku feedbck. Pasti baca benar-benar kok. Krisar pun ada. Iya nggak? Siapa nih korban feedbcknya Kak Fai? 🙋🙋

Dari aku izin karena ada tugas pembuatan buku di kampus sampai sekarang, nggak pernah lagi ngajak feedbck. Dan pembacanya pun turun drastis.

Alhamdulillah masih ada yang baca dan menanti kisah Azura-Rafka dan Rasita-Davi. Pokoknya sayang banget sama kalian. Setiap komenan kalian aku baca. Ningkatin mood banget. 😍 Apalagi kalau udah buntu mau nulis apaan. atau lagi banyak banget tugas kampus.

Makasih ya buat Rese tercintah. 🤗

Ternyata nulis satu karya panjang aja butuh waktu yang nggak sebentar. Kelihatannya cuma ada beberapa bab. Tapi proses dibaliknya panjang banget.

Penghujung Rasa ditulis selama hampir 7 bulan. Udah harus pengajian tujuh bulanan nih. hahaha.. 😂😭

Selama itu juga Kak Fai dan Penghujung Rasa beserta isinya menemani masa gabut kalian di rumah aja. Nggak gabut ya, kan banyak tugas sekolah/kampus.

Semangat kalian💪 Kalau lelah cerita sini sama aku.

Setelah ini masih ada proses revisi. Revisi aku targetin slesai maret akhir. Sekitar sebulan. Setelah itu kalian bisa baca ulang langsung full. Nggak perlu nunggu Kak Fai up. Nggak bakal digantung lama-lama kok.

Nah, itu dia sedikit cerita pembuatan Penghujung Rasa. 👏👏
Um, banyak sih nggak sedikit.

Sebenarnya bisa lebih panjang dari ini. Segini aja dah cukup. Kalau ada yang mau kalian tau lebih lanjut, bisa langsung ditulis di QnA.

Terima kasih sebanyak-banyaknya untuk kalian semua. Baik readers aktif maupun pasif. Tapi kalau bisa ya, sekali-sekali muncul dengan vote dan komen. Biar aku tau keberadaan kalian.

Maaf, belum bisa maksimal memanjakan dengan tulisanku.

Pesan dari Fai, untuk semua author. Selesaikan tulisan kalian. Setelah selesai, barulah bangga. Karena sudah menghasilkan satu karya dengan keringat sendiri.

Harus dari kerja keras kalian ya. Jangan plagiat!!!

Untuk seluruh Rese. Semangat!!! 💪✊
Semangat dalam menggapai harapan. Semangat menuntut ilmu. Semangat membahagiakan orang tua.

Dan semangat merangkai kisah hidup kalian yang penuh makna.

Aku mau minta sesuatu dari kalian boleh? (sangat dibutuhkan untuk keperluan revisi)

1. Tulis kesan dan hal yang kalian suka atau keunikan setelah kalian selesai membaca prolog-epilog Penghujung Rasa. Apalagi yang pernah baca versi lama Penghujung (R)asa. Apa sih bedanya?

2. Kalau ada saran, kritik, atau mungkin mau nunjukin bagian yang kurang ngefeel. Mungkin kalian mau tiap bab ada quotes? Bisa ditulis juga di sini.
Termasuk saran dalam penggunaan bahasa jawanya ya. mungkin kalian terganggu kalau translate indonya ditulis setelah kalimat. Atau gimana?

3. Pesan untuk tokoh-tokoh Penghujung Rasa.

4. Pesan untuk Kak Fai sebagai author

5. Pertanyaan kalian untuk aku jawab di QnA part 3. Pasti udah pada mempersiapkan pertanyaan kan?
Semakin banyak, semakin cepat aku jawab. Tanya apapun boleh. Asal jangan tanya "Kak Fai udah ada pacar?"
plis jangan. Kecuali kalau kalian mau nyariin✌😂
Tanya tentang Udin, Joan, Nadira juga ya..

Terima kasih untuk segala antusiasnya dan udah nemenin hari-hari Kak Fai selama 7 bulan terakhir. 🙏

Pokoknya Fai sayang banget sama kalian ❤💖

Huwe.. kenapa jadi sedih gini. Kayak mau pisah lama. 😭😭😭

Semoga, meskipun udah end. Tali silaturahmi kita nggak putus. Tetap masih bisa komunikasi. Aamiin

O iya, terima kasih juga buat adikku tercinta, Aulia Azka yang udah buatin cover kece Penghujung Rasa. Bagus kan?

Kalau kalian butuh cover kece untuk wp, bisa langsung cek instagramnya. Terus dm. Murah meriah lhoo 😊

Setelah ini akan ada cerita baru dari Fai. Pantengin terus, ya...

Salam sayang,

Fai

Kamu telah mencapai bab terakhir yang dipublikasikan.

⏰ Terakhir diperbarui: Aug 14, 2021 ⏰

Tambahkan cerita ini ke Perpustakaan untuk mendapatkan notifikasi saat ada bab baru!

Penghujung (R)asaTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang