35- Athala Yang Sulit Untuk Ditebak

14K 1K 291
                                    

Jangan lupa vote dan komen sebelum membaca ya....

Kalo ada typo tolong dikasih tau ya...

Guys... Komen di setiap paragraf dong. Banyakin ya....

Happy reading....

-oOo-


Di jam istirahat hari ini, Athaya memilih untuk tetap berada di dalam kelas. Ia sengaja membawa bekal, setelah menghabiskan bekal tersebut, Athaya lanjut mengeluarkan bukunya. Cewek itu membahas beberapa soal kimia dan fisika, agar semakin hari, rumus-rumus serta materinya terus bertambah.

"Lin, gue kadang kasian deh sama Aya. Dia jadi banyak masalah," tutur Viona sambil menatap Athaya.

Alin ikut melirik, kemudian ia mengangguk. "Tapi.., lo bukannya masih marah sama Aya?"

"Of course, bahkan masih kecewa. Tapi, dia pernah jadi sahabat kita Lin. Gue kasian, bukan berarti gue bisa maafin dan main bareng dia lagi."

"Iya Vi, gue juga kasian."

Setelah itu, keduanya serempak menatap Boby yang masuk ke dalam kelas mereka. Cowok itu terlihat menarik kursi, dan kemudian duduk di depan Athaya.

"Your answer is not correct." Boby menatap Athaya yang tengah menyilang huruf e pada lembar jawabannya.

Athaya langsung mendongak. "Salah gue dimana kak? Bukannya Nomor atom pada atom netral, menandakan jumlah proton sama dengan jumlah neutron?" tanya Athaya.

Boby terkekeh, lalu tersenyum sebentar. "No, lo sedikit keliru Ya. Yang bener itu, Nomor atom pada atom netral, menandakan jumlah proton sama dengan jumlah elektron. Bukan jumlah proton sama dengay neutron."

Athaya terlihat berfikir sejenak, ia menatap dan membaca kembali soal yang tadi dikerjakannya dengan saksama.

Isotop iodin memiliki nomor atom 53 dan nomor massa 131. Di dalam atom iodin netral terdapat ....

a. 53 proton, 131 elektron, 53 neutron

b. 53 elektron, 131 proton, 7 neutron

c. 53 elektron, 53 proton, 78 neutron

d. 53 elektron, 78 proton, 78 neutron

e. 53 proton, 78 elektron, 53 neutron

"Coba jawabannya dicari ulang lagi," kata Boby.

Athaya mengangkat pandangannya, dia terkekeh. "Oo iya, kebalik kak." 

Lalu, cewek yang kini memakai pita biru di rambutnya itu kembali mengulang untuk mencari jawaban paling tepat pada option yang terdapat di lembar soalnya. Beberapa detik, Athaya terlihat menulis di kertas buramnya.

Jumlah proton = nomor atom = 53

Jumlah elektron = jumlah proton = 53

"Selisih antara nomor massa dengan nomor atom, menunjukan jumlah neutron. Jadi, iodin memiliki 53 elektron, 53 proton, dan 78 neutron," ujar Athaya sambil menulis jawaban. "Dan jawaban yang benernya ada di option C."

"Tepat banget, lain kali harus lebih-lebih teliti. Meskipun kita hafal semua rumus, tapi kalo nggak teliti, bakalan zonk dan fatal."

"Poin pentingnya itu, lo harus HPT," lanjut Boby.

"HPT?" Athaya membeo.

"Hafal, Paham, dan Teliti. Hafal rumusnya, paham cara pengerjaannya, dan terakhir, teliti saat mengerjakannya."

ATHALATempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang