Klepon Cake
Yield: 1 cake Ø 18 cm
Klepon Cake adalah variasi kue yang terinspirasi dari makanan tradisional Indonesia bernama klepon. Kue ini menggabungkan cita rasa dan elemen utama klepon, yaitu ketan dan gula merah, dengan tampilan dan tekstur kue yang lebih modern.
Bahan - Bahan
Cake base
175 g Zeefine Pillow Cake Mix
150 g Putih telur
35 g Telur ayam
50 g Air
4 g L’arome Pandan
10 g Quick 75
25 g Minyak sayur
Kinca caramel sauce:
50 g Gula merah
150 g Private: Ze Sauce Salted Caramel
Cream Filling:
3 g Gelatin bubuk
15 g Air dingin
150 g Biobianca Vanilla
75 g Rap Custard Vanilla
450 g Air dingin
Pandan Glaze:50 g Paletta Decor Neutral (New)
75 g White chocolate compound
65 g Susu kental manis
8 g Gelatin bubuk
40 g Gelatin bubuk
65 g Gula pasir
40 g Air
65 g Glucose
3 g L’arome Pandan
Garnish:
50 g Biobianca Vanilla
125 g Air dingin
20 g Kelapa Kering
20 g Klepon
1 g Daun pandan
Pembuatan:
Cake base
Panaskan oven pada suhu 160°C.
Siapkan loyang bulat dengan diameter 18 cm, poles dengan Carlo dan lapisi dengan kertas roti.
Di dalam mixing bowl, kocok semua bahan kecuali minyak sayur selama ± 3 menit. Kurangi kecepatan mikser, tambahkan minyak sayur dan Aduk rata.
Masukkan adonan ke dalam Loyang dan panggang di dalam oven selama ± 30 menit. Keluarkan dari oven dan dinginkan. Potong kue menjadi 3 lapis.
Kinca caramel sauce
Cairkan gula merah didalam panci (tanpa air), tambahkan Ze Sauce Salted Caramel dan aduk rata, sisihkan.
Cream Filling
Larutkan gelatin dengan air dingin dan lelehkan.
kocok Biobianca, Rap dan air dingin hingga kaku kemudian tambahkan gelatin dan aduk rata. masukkan cream filling kedalam plastik segitiga.
Pandan Glaze
Tempatkan Paletta decor neutral new, White chocolate compound dan susu kental manis di dalam mangkok ukuran sedang.
Larutkan gelatin ke dalam air dingin dan simpan di dalam freezer selama 5 menit.
Hangatkan gula pasir, air dan glukos kemudian aduk-aduk hingga gula larut.
Tuangkan campuran yang dihangatkan ke dalam campuran Paletta Decor Neutral New, tambahkan larutan gelatin dan l’arome pandan dan aduk adonan hingga semua bahan larut dan tercampur rata. simpan adonan glaze di dalam chiller semalaman sebelum digunakan.
Garnish
Kocok biobianca dan air dingin hingga kaku, kemudian masukkan ke dalam plastik segitiga. Sisihkan.
Penyelesaian:
Tempatkan lapisan pertama cake base di atas alas kue. Basahi dengan kinca caramel sauce dan spuitkan cream filling di atasnya (ratakan), kemudian lanjutkan dengan lapisan berikutnya dan lakukan cara yang sama seperti lapisan sebelumnya.
Tutup dengan lapisan cake base yang terakhir. Selimuti seluruh bagian kue dengan cream filling dan rapikan. Bekukan kue di dalam freezer sebelum diselimuti dengan pandan glaze.
Lelehkan Pandan glaze dengan cara bain marie atau dengan menggunakan microwave. Tunggu glaze hingga dingin pada suhu ± 27°C sebelum digunakan.
Keluarkan kue dari freezer, tempatkan di atas rak pendingin atau gelas ukur yang telah dialasi dengan loyang dan plastik wrap.
Selimuti cake dengan pandan glaze dan biarkan sebentar hingga glaze mengeras.
Hiasi kue dengan menggunakan kelapa kering untuk bagian sisi bawahnya. Untuk bagian atas kue hias dengan spuitan whipping cream yang melingkar seperti sarang burung, klepon dan daun pandan.
KAMU SEDANG MEMBACA
Saved recipes
Nonfiksi-Unique recipe -Fusion food Suka makanan unik? Fusion food, manis, legit dan gurih? Nyari ide jualan yang out of the box? Mampir yuk, kapan lagi nemu kumpulan resep sebanyak ini. 50++ njir. Gratis pula, dari pada nyari di web satu satu kan repot...