Isabelle Dniester berhenti di tengah langkan lantai dua yang menghadap ke aula utama. Melodi waltz yang dimainkan dalam orkestra kamar membangkitkan suasana malam musim semi. Penonton berkumpul berpasangan dan sambil tertawa dan mengobrol, menari di sekitar aula.
“Pesta pertamamu benar-benar sukses,” dia mengucapkan kata-kata pujian dengan lembut dan hangat.
“Terima kasih Yang Mulia, ini semua berkat bantuan Nyonya Fitz.”
“Aneh, Nyonya Fitz mengatakan bahwa ini semua berkat usaha kerasmu. Aku juga mendengar bahwa kau mengunjungi Duchess Arsene setiap minggu, untuk meyakinkannya agar datang, sebagai hadiah untuk Bjorn.”
“Oh, ah, ya,” kata Erna malu-malu.
“Terima kasih banyak, Erna,” kata Isabelle Dniester sambil berbalik menghadap Erna.
Ia tidak memiliki harapan yang tinggi terhadap menantunya. Ia yakin Bjorn tidak akan pernah menikah lagi, tetapi Erna telah mengubah hatinya. Yang diinginkan Ratu hanyalah agar putranya hidup bahagia dan sejahtera, ia tidak meminta apa pun lagi dari Erna, tetapi ia tidak pernah menyangka anak itu akan menjadi anugerah yang begitu besar.
“Aku berutang banyak padamu,” kata Ratu.
“Tidak, sungguh, saya senang mengunjungi Duchess. Saya merasa seperti mengunjungi Nenek dari pihak ibu saya setiap minggu, di Buford. Nenek Bjorn bersikap baik kepada saya.”
“Sekarang setelah kau menyebutkannya, mengapa kau tidak mengundang Baroness? Akan lebih baik jika kita bersama.”
“Aku ingin, tapi Nenek menolak,” Erna tampak cemberut.
"Lalu mengapa kau tidak pergi ke Baden Street bersama Bjorn?" Isabelle menyarankan, spontan. Ia bisa mengerti, meskipun hanya sedikit, mengapa Baroness menjauh dari kota, agar tidak terlibat dalam rumor yang tidak berdasar juga.
Hati Isabelle terasa berat saat teringat wanita tua baik hati yang mendoakan cucunya dari jauh. Ia bahkan tak percaya bahwa Erna belum pernah mengunjungi Baden Street selama ia berada di kota itu. Sulit untuk memutuskan siapa yang akan lebih mengejutkannya, Bjorn, karena sikapnya yang acuh tak acuh, atau Erna, karena kesabarannya yang tak tergoyahkan.
“Benarkah, bolehkah aku?” kata Erna tak percaya, “Akan menyenangkan untuk berkunjung, tapi festival yayasan akan segera tiba dan musim panas…” Erna terdiam.
"Apakah Anda ingin melepaskan semua kekhawatiran itu? Ketidakhadiran pasangan Grand Ducal tidak akan mengganggu festival, atau musim sosial musim panas," Isabelle tersenyum lembut.
Ia merasa kasihan kepada anak itu, yang lebih mengutamakan tugas kerajaan daripada keinginannya untuk mengunjungi Baden Street. Akan mudah baginya untuk menahan tatapan tajam orang-orang yang ingin mencari kesalahan Grand Duchess. Ia mendesah panjang sambil memikirkan rasa sakit yang dialami Erna, dibandingkan dengan Putri Gladys dalam setiap detail dan menanggung semua kritikan yang diarahkan kepada Bjorn.
“Lupakan semua ini untuk sementara, pergilah dan temui Nenekmu. Anggap saja ini sebagai hadiah dari Raja dan diriku, sebagai balasan atas hadiah yang telah kau berikan kepada kami.”
“Terima kasih, Yang Mulia, terima kasih banyak.”
Erna menunjukkan kegembiraan yang luar biasa. Sesaat, Isabelle tidak bisa mengalihkan pandangannya dari anak di hadapannya. Ia masih merasa kasihan padanya dan senyumnya yang tidak bahagia. Ia harus mengekang anak yang tidak tahu apa-apa itu dengan sangat keras.
Pikiran-pikiran sulit membebani hatinya, tetapi ia beruntung memiliki anak ini di sisi putranya dan ia berharap ia akan terus mencintainya, seperti yang dilakukannya sekarang.
KAMU SEDANG MEMBACA
THE PROBLEMATIC PRINCE
Ficción histórica18+ Novel ini bukan karya saya Novel's not mine SELURUH KREDIT CERITA NOVEL INI MILIK PENGARANG ATAU PENULIS Saya hanya menerjemahkan kembali dari bahasa Inggris kedalam bahasa Indonesia Judul: The Problematic prince Penulis: Solche Chapter: 153 ch...