Halo sahabat literasi 👋
Di hari jum'at ini, aku mau berbagi secuil ilmu kepada kalian semua. Mari kita sama-sama belajar ya.Di jadwal ayo belajar kali ini, aku akan membahas tentang penggunaan kata 'pun'.
Nah, di bagian ini sering terjadi kesalahan penulisan karena mungkin tidak tahu atau lupa. Itu wajar sih karena aku juga kaya gitu. Seperti misalnya kata apapun dan kemanapun. Kalian juga mungkin bingung kata apapun dan kemanapun itu disambung atau dipisah ya? Di sini aku akan bahas hal itu.Kata pun memiliki banyak arti, seperti: juga, demikian juga, meski, kendati, dsb.
Kata pun memiliki dua fungsi, diantaranya:
1. Sebagai kata yg memiliki arti sendiri
Maksudnya adalah jika kata pun digunakan sebagai kata yg memiliki arti sendiri, artinya penggunaan kata pun harus dipisah ya.
Contoh 1:
- Apapun yang kamu katakan, aku tetap tidak akan mempercayainya. (Ini kalimat yg salah krna kata apapunnya disambung, harusnya dipisah)
- Apa pun yang kamu katakan, saya tetap tidak akan mempercayainya. (Ini kalimat yg benar, krna kata apapun memang seharusnya dipisah jadi apa pun)Contoh 2:
- Kemanapun kamu akan pergi, harusnya minta izin lebih dulu. (Ini kalimat yang salah karena kata kemanapunnya disambung)
- Ke mana pun kamu akan pergi, harusnya minta izin lebih dulu. (Ini kalimat yg benar karena memang seharusnya kata kemanapun dipisah menjadi ke mana pun)2. Sebagai kata paduan
Maksudnya jika kata pun digunakan sebagai kata paduan, maka harus disambung ya.
Ini ada beberapa contoh kata pun yang memang sudah melekat atau biasa disebut klitika.
Contoh:
-adapun
-bagaimanapun
-ataupun
-meskipun
-walaupun
-kendatipun
-maupun
-sungguhpun
-sekalipun
-andaipun.
Dan untuk penggunaan klitika seperti yang telah disebutkan, mungkin kalian sudah mengerti menggunakannya ya.Itulah penjelasan mengenai penggunaan kata pun yang benar. Aku memberi secuil ilmu ini bukan bermaksud ingin menggurui atau ingin terlihat seperti orang yang lebih paham tentang PUEBI dan KBBI. Tapi aku memberi ilmu seperti ini sekaligus mempelajarinya agar dapat meminimalisir kesalahan penulisan yang sering aku lakukan.
Ok, cukup sekian dari aku.
Semoga bermanfaat untuk kita semua ya.Terima kasih.
Salam literasi.Sumber : FB
KAMU SEDANG MEMBACA
Ilmu Sastra
Non-FictionSegalanya tentang sastra Resapi Pelajari Materi diambil dari beberapa sumber