Halo sahabat literasi.
Malam ini, aku akan berbagi secuil ilmu kepada teman-teman. Jadi, mohon disimak ya.Di jadwal ayo belajar kali ini, aku akan bahas tentang endash dan emdash. Tapi untuk sekarang, aku bahas yang endash dulu ya.
Di antara teman-teman, ada yang tahu apa itu endash? Mungkin ada yang merasa baru denger, bingung, bertanya-tanya, atau sebenernya tahu tapi lupa.
Nah, di sini aku akan terangkan sedikit ya.Endash itu adalah pemisah, yang berfungsinya untuk memberikan batas saat menyisipkan kata atau kalimat, yg nantinya akan diberikan penjelasan terkait kalimat sebelumnya, namun jika dihubungkan masih memiliki satu kesatuan yg bisa disatukan.
Kemudian, digunakan juga sebagai batas untuk penjelas yang ada di tengah-tengah kalimat utama.
Istilah endash itu lebih merunut dari aturan luar sih. Karena kalau di Indonesia, bahasanya ya cuma tanda pisah.
Tapi, sebenarnya endash sering kita gunakan di cerita yang kita buat loh.Tanda endash itu sama seperti tanda hubung, yakni berbentuk garis strip (–). Tapi ko itu keliatan sama ya kaya tanda hubung biasa?
Iya memang sama, cuma jika kalian jeli melihatnya, tentu bakal keliatan bedanya.
Bentuk strip tanda hubung lebih pendek dari endash.Tanda hubung => -
Endash => –Nah, bisa diliat kan perbedaannya?
Untuk penggunaan endash biasanya digunakan untuk menyatukan kata yang berhubungan namun berjarak.
Contoh:
1. Pada bulan Agustus–September.
2. Tanggal 5–10 Maret, akan diadakan kerja bakti.Endash juga biasanya digunakan untuk memberi penjelasan lain.
Contoh:
1. Semua murid-murid–yang memakai baju merah–diwajibkan membentuk barisan di sebelah kanan lapangan.
2. Para karyawan–yang memakai seragam warna putih hitam–harus segera berkumpul di kantor pusat.Namun, penggunaan endash dapat berbeda-beda aturannya, karena tiap penerbit bisa berbeda aturan penggunaannya dari penerbit lain.
Ok, cukup sekian penjelasan singkat dari secuil materi yang aku bagikan ke teman-teman.
Jika ada yang ingin ditanyakan, tinggal komen di bawah ini ya.
Semoga bermanfaat dan terima kasih.Salam literasi.
Sumber : FB
KAMU SEDANG MEMBACA
Ilmu Sastra
No FicciónSegalanya tentang sastra Resapi Pelajari Materi diambil dari beberapa sumber