Biasakan Vote Sebelum membaca 🍂
🌿🌿🌿
Bincang Menulis KSGK
25 Mai 2020
|•|•|•|Biodata Narasumber
Nama pena, Mawar Malka.
Nama lahir, Wardah.
Lahir pada tanggal 18 Februari di Situbondo.
Sosial media ; FB, IG, WP, semua nama menggunakan Mawar Malka.Untaian kata, Allah sebaik-baik tempat bersandar.
Penulis novel jebolan wattpad, HARAPAN DI ATAS SAJADAH (HADAS)
Mungkin ada yang sudah tidak asing dengan narasumber kita kali ini.
.
.
.Materi
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI),
• Mengembangkan adalah;
🌿 Membuka lebar-lebar, membentangkan.
🌿 Menjadikan besar.
🌿 Menjadikan maju.
• Ide adalah;
🌿 Rancangan yang tersusun di dalam pikiran, gagasan, cita-cita.
🌿 Perasaan yang benar-benar menyelimuti pikiran.
Kalau disatukan, mengembangkan ide adalah membuka lebar-lebar, menjadikan besar, membentangkan, rancangan dan perasaan yang tersusun di dalam pikiran.
Itu berarti, mengembangkan ide tidak serta merta muncul begitu saja, tetapi ada unsur kesengajaan dan bahkan niat sungguh-sungguh dari individu.
Mari kita lanjutkan...
Mengembangkan ide dalam sebuah genre agar lebih terkesan dan berbeda.
Kira-kira pembahasan materi buat sharing kita malam ini begini yaa judulnya.Dan fokus genre kita adalah romansa spiritual.
Hayuk kita selesaikan ini bersama-sama. Saya di sini bukan narasumber, hanya wasit saja Selebihnya teman-teman nanti bisa tambahi setuju?
Mengembangkan ide dalam genre romansa-spiritual agar lebih berkesan dan berbeda
Pertama-tama mungkin yang perlu dilakukan adalah menyusun kerangka karangan. Bahasa kerennya adalah membuat outline.
Seperti membuat Sinopsis (garis besarnya cerita); yang di dalamnya ada plot (alur cerita), klimaks (puncak masalah), lalu ke penyelesaian.
Nah, PR_nya supaya lebih berkesan, mungkin, penulis bisa tambahi masalah yang tak biasa.
Gimana caranya, Kak?
Experience is the best teacher pengalaman adalah guru yang terbaik.
Pengalaman yang dimaksud, bisa dari beberapa point di bawah ini;
● Sering membaca.
Bisa menjadi solusi jitu, menambah pengalaman berpetualang dalam imajinasi.
● Menonton film.
Memperkaya isi otak dalam melanjutkan pengalaman imajinasi.
● Jalan-jalan.
Selain melenturkan syaraf yang tegang, kaku dan halu, dengan jalan-jalan kita juga bisa melihat situasi sekitar yang bisa menjadi buih-buih inspirasi.
KAMU SEDANG MEMBACA
Ilmu Sastra
Non-FictionSegalanya tentang sastra Resapi Pelajari Materi diambil dari beberapa sumber