Bagaimana Membangkitkan Kembali Minat Menulis?

271 27 1
                                    

Assalamualaikum, selamat malam semuanya

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.


Assalamualaikum, selamat malam semuanya. Selamat kembali ke rumah, untukku dan untuk semua member. Selamat bergabung untuk yang baru bergabung, semoga betah di sini.

Baiklah, sebenarnya malam ini aku tidak tahu mau ngasih materi seperti apa, bahkan aku baru menuliskan ini 2 jam sebelum kelas dimulai. Jadi, mohon maaf untuk segala kekurangannya, ya.

Setelah kita libur panjang, malam ini kita kembali memulai kegiatan kita di sini. Bismillah.

Untuk itu, maka tema kita pada malam ini adalah "Bagaimana Membangkitkan Kembali Minat Menulis".

Pertama-tama, aku cuma mau bilang, kalau setiap orang memiliki caranya tersendiri untuk mengembalikan minat menulis setelah vakum beberapa waktu.

Sehingga, di sini kita tidak bisa mengatakan bahwa cara yang aku sebutkan nantinya bisa dipakai untuk semua orang. Tetapi aku akan mengambil cara yang umum dan biasa dilakukan oleh banyak orang ketika mood menulis sedang down.

Kedua, aku mau minta maaf kalau nanti materi ini terkesan sudah sangat sering ditemui di tempat lain. Karena sebenarnya, saat ini aku sendiri sedang ada di fase berusaha membangkitkan minat menulis yang sempat hilang karena beragam masalah yang tidak bisa untuk disebutkan.

Oke. Tanpa berlama-lama lagi. Kita langsung masuk ke materi inti saja

.....

Beberapa cara membangkitkan minat menulis versi aku, yaitu:

1. Berlibur

Hem, ini biasanya ampuh sih, untuk yang suka liburan. Berhubung sekarang semua kegiatan dibatasi dan mungkin tempat wisata juga masih banyak yang belum buka, bisa diakali dengan liburan di lingkungan sekitar saja.

Jalan-jalan sore atau pagi misalnya. Siapa tahu di jalan ketemu cowok/cewek, eh ide. Otak juga jadi lebih segar tentunya.

Kalau aku sendiri, karena tidak tahu tempat tujuan harus ke mana dan enggak punya teman. Jadinya kalau lagi suntuk, milih keluar aja, naik motor dan jalan saja ke mana hati senang, bisa ke penjual jajanan atau malah ke penjual sayur.

Biasanya setelah itu, bakal dapat ide, apalagi kalau suasana di luar lagi kondusif, lagi tenang, pemandangan di langit bagus (ini kalau keluar malam hari), ada bulan yang bersinar.

2. Nonton

Nah, cara ini juga banyak dipakai sama orang-orang. Banyak orang yang kalau hilang mood untuk menulis, cara bangkitkan semangatnya dengan menonton.

Setelah menonton film kesukaan atau acara kesukaan, biasanya mood jadi bagus kembali. Semangat juga jkin susahmove on, rasanya jadi pengen nulis cerita yang juga bikin orang jadi susah move on. Eh.

3. Istirahat

Terkadang istirahat juga dibutuhkan untuk membangkitkan kembali semangat yang hilang. Karena apa? Ya, karena bisa saja semangat itu hilang akibat badan capek, butuh istirahat. Jadi, dia ngirim sinyal ke kita, ngasih tahu kalau dia butuh istirahat dengan kita merasa jadi buntu, jadi hilang semangat dan rasanya ingin rebahan saja. Ingin bermalas-malasan untuk beberapa waktu.

Istirahat memang hal yang paling penting dan paling dibutuhkan sama diri kita.

Kalau badan kita capek, otomatis semangat beraktivitas juga hilang. Bukan hanya semangat menulis yang hilang.

Jadi, mari kenali diri, jangan terlalu memaksakan. Beri jeda untuk setiap aktivitas berat yang dilakukan. Jangan paksakan otak untuk terus-terusan bekerja. (Ini aslinya lagi nyentil diri sendiri, sih).

Selain cara-cara yang sudah kusebutkan, sebenarnya masih banyak lagi cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan mood, membangkitkan semangat. Misalnya dengan berkumpul dan bersenda gurau dengan keluarga (bagi perantau a.k.a anak kosan, biasanya hal ini diatasi lewat panggilan telepon), berkumpul dengan teman, diskusi, ngemil makanan kesukaan mungkin, menikmati secangkir minuman hangat atau dingin, dan masih banyak lagi.

Lagi-lagi semuanya dikembalikan kepada diri sendiri. Cara nyaman dan menyenangkan seperti apa yang sekiranya dibutuhkan sama diri sendiri.

Nah, mungkin itu saja yang bisa aku sampaikan malam ini.

Aku bukan orang yang ahli juga untuk mengembalikan mood, karena aku sendiri sering kena mood swing. So, kalau ada kalimat aku yang salah, mohon diluruskan. Kalau ada yang kurang, mohon ditambahkan.

Kalau ada teman-teman yang mau berbagi pengalaman, menceritakan bagaimana cara yang biasanya dilakukan pas lagi down dan lingkungan sedang kurang mendukung, ungkapin di sini yuk. Kita sharing bareng. Anggap kita di sini adalah keluarga yang akan saling menolong ketika ada yang kesusahan dan butuh bantuan.

Terima kasih.

Ilmu SastraTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang