Musikalisasi Puisi

1K 38 0
                                    

Oleh Pendekap Luka

Seperti namanya (musikal) berarti suatu puisi yang dibacakan dengan iringan musik/lagu. Musikalisasi yg saya mksd, itu seperti musikalisasi modern skrg ya.

Nah, banyak anak muda masa kini yang tertarik untuk membaca puisi lewat musikalisasi. Mengapa?

1. Pembacaannya lebih mudah (seperti bercerita)
2. Intonasinya tidak terlalu sulit
3. Diiringi dengan musik/lagu yang disukai.
4. Merasa bahwa feelnya lebih dapat
5. Tidak berpatokan kepada isi puisi tersebut (mau ia ada diksi ataupun tidak)

Menurut saya sendiri tidak terlalu bnyk tata cara membaca musikalisasi puisi. Hanya kita perlu membacanya dengan intonasi yang unik, seperti bercerita sendiri. Serta, memberikan tekanan pada bagian lirik puisi yang mengisyaratkan kesedihan, kesenangan, dll.

Ada cara tersendiri, klo saya ingin membuat musikalisasi dengan bahan sederhana seperti: (mungkin ada yg mau mencoba)

1. Siapkan lagu dan puisi yg diinginkan (lagu tersebut mudah dihayati, jdi harus sesuai dengan lagu kesukaan kalian)
2. Pahami puisi
3. Siapkan rekaman suara (lewat HP).
4. Nah, saat ingin memulai musikalisasi puisi, hidupkan rekaman suara.
5. Langkah selanjutnya. Jika ingin memulai dengan lagu (maka hidupkan lagu secara bersamaan). Jika tidak, mulai dengan isi puisi lalu hidupkan lagu.
6. Mulailah merekam agar bagus, hindari suasana ramai dan bila perlu pakai lah earphone.

Ini hanya cara sederhana saya dan mungkin ada yg begitu pula. Karena biasanya ada yg tidak bisa download applikasi musikalisasi, dan mungkin blh coba cara ini.

Sumber : lintang monocrom

Ilmu SastraTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang