Serupa Tapi Tak Sama

1.4K 51 0
                                    

MEMBEDAKAN KATA SEJENAK, SEBENTAR, SEKEJAP, SEKILAS, SEJURUS, DAN SEPINTAS

Kamu tentu pernah menggunakan keenam kata tersebut saat menulis cerpen atau novel. Bahkan, sering menuliskan dengan makna yang sama. Keenam kata tersebut memang memiliki makna yang hampir sama yaitu menggambarkan waktu yang amat singkat atau pendek. Namun, jika diamati dengan teliti berbeda dalam pemakaiannya.

Ada 4 cara melihat perbedaannya:
1.Jenis verba( kata kerja) yang mengikutinya
2. Bentuk kalimat ( kalimat berita atau perintah)
3. Makna semantis
4. Mengamati ragam bahasa: tulis atau lisan, resmi atau tak resmi

SEJENAK dan SEBENTAR
Sejenak menggambarkan ketenangan dan ketidaktergesaan
Contoh:
Duduklah sejenak.
Bacalah sejenak kisah ini.
Renungkanlah sejenak.

SEBENTAR
Berarti sesaat; tidak lama
Contoh: Tunggulah sebentar, saya mandi dulu.

SEKEJAP dan SEKILAS
Kedua kata ini cenderung hanya bisa diikuti dengan verba yang berkaitan dengan indra penglihatan seperti memandang, melihat, tampak.
Contoh:
- Pesulap itu menghilang dalam sekejap mata.
- Sekilas tampak bayangan wajahnya.

SEJURUS
Pemakaian kata sejurus terbatas pada jenis verba yang tidak menggunakan gerakan badan dan hanya muncul pada bangun kalimat berita ( deklaratif ).
Contoh: Sejurus kemudian, dia tertidur.

SEPINTAS
Kata sepintas dapat didampingkan dengan verba yang berkaitan dengan indra penglihatan ( memandang ), cerna kesadaran ( merenung ), verba komunikasi ( berbicara ), dan cerna yang berkaitan dengan pendengaran.
Contoh:
-Saya mendengar siaran berita sepintas.
- "Mungkin saja hal itu terjadi," pikirnya sepintas.
- Ia terlibat dalam percakapan sepintas.

Nah, mulai saat ini kita perlu memeriksa kembali  tulisan sebelum dikirim agar sesuai dengan kaidah kebahasaan.

Semoga bermanfaat.

Sumber FB Tea Terina

Ilmu SastraTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang